Inilah 10 dampak mematikan rokok terhadap tubuhmu

Ada banyak alasan mengapa orang mulai merokok. Namun salah satu yang palung umum adalah agar terlihat keren. Well, itu memang benar adanya, namun pertimbangkan juga apa yang terjadi pada tubuhmu.

Selain dampak yang terbilang minimal, seperti bibir menghitam, gigi menguning, dan kerut di wajah, rokok juga memiliki dampak mematikan yang bisa membuat kamu menderita penyakit berat seperti kanker, liver, bronkitis, dan masih banyak lagi.

Tak jarang para perokok harus rela membayar kesenangan mereka dengan kehilangan nyawa di kemudian hari. So, agar kamu terhindar dari bahaya seperti ini, berikut NgeHits rangkum 13 dampak memastikan dari kebiasaan merokok:

1. Kanker paru, Bronkitis, dan Asma

Wanita menderita asma via Livestrong
Wanita menderita asma via Livestrong

Merokok membuat paru-parumu bekerja dengan lebih tidak efisien, terutama dalam menyaring zat-zat kimia berbahaya. Perlahan, racun-racun yang berasal dari rokok dan udara menumpuk di paru-paru dan mengakibatkan kantung udara yang ada di paru-paru menjadi rusak atau dikenal dengan emphysema.

Mereka yang merokok cukup sering akan memiliki resiko besar terkena kanker paru-paru dan bronkitis. Sementara perokok pasif justru rentan terkena asma.

2. Kanker di bagian tubuh lainnya

Bagian dada seorang wanita via YouTube
Bagian dada seorang wanita via YouTube

Merokok tidak hanya memperbesar kans terkena kanker paru-paru, tapi juga kanker di bagian tubuh lainnnya. Kanker mulut, kanker pankreas, kanker ginjal, dan leukemia hanyalah sebagian dari banyak penyakit kanker yang punya resiko besar menjangkiti seorang perokok.

3. Mempercepat penuaan

Proses penuaan seorang wanita via MSN
Proses penuaan seorang wanita via MSN

Merokok membuat proses penuaan tubuh berjalan kian cepat. Kamu juga bakal menyadari bahwa wajahmu mulai berkeriput, terlihat kusam, dan tidak menarik.

4. Diabetes

Cek gula darah via Emaze
Cek gula darah via Emaze

Para perokok lebih beresiko terkena diabetes ketimbang mereka yang tidak merokok. Menghirup asap rokok akan meningkatkan resitansi insuli di dalam darah, hingga membuat tubuh beresiko terkena diabetes tipe 2.

5. Penglihatan buruk

Kacamata vis Specsavers
Kacamata vis Specsavers

Perokok reguler biasanya sering mengeluh pandangan mata mereka semakin buruk. Selain itu, rokok juga bisa mengakibatkan penyakit lain yang berhubungan dengan mata, seperti katarak dan penurunan fungsi makula.

6. Penyakit jantung

Pria mengalami serangan jantung via Huffington
Pria mengalami serangan jantung via Huffington

Merokok akan mengakibatkan semakin berkurangnya level kolesterol baik dan menambah jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh, hingga berakibat naiknya tekanan darah. Nikotin menyebabkan penyempitan pembuluh darah, hingga darah tidak bisa didistribusikan dengan lancar, hingga meningkatn resiko terkena penyakit jantung.

7. Penggumpalan darah

Penggumpalan darah via Boldsky
Penggumpalan darah via Boldsky

Merokok bisa mempertebal lapisan darah dan meningkatkan resiko terjadinya banyak gumpalan dalam darah. Hal tersebut akan melemahkan pembuluh darah dan pada gilirannya nanti juga akan meningkatkan resiko terkena stroke pada perokok.

8. Gigi kuning

Gigi menguning via Steth
Gigi menguning via Steth

Merokok bisa membuat kamu mengalami berbagai masalah yang berhubungan dengan mulut, seperti gigi berlubang, nafas berbau tak sedap, gangguan gusi, dan masih banyak lagi. Meroko secara teratur juga akan membuat gigi kamu terlihat kuning dan tak cerah.

9. Kesuburan

Wanita mengandung di atas kasur via Huffington
Wanita mengandung di atas kasur via Huffington

Wanita yang gemar merokok tidak hanya meningkatkan resiko terkena penyakit namun juga membahayakan kemampuan mereka berketurunan, karena juga mempengaruhi tingkat kesuburuan.

Wanita perokok diklaim akan memiliki resiko lebih besar dalam menjalani masa kelahiran. Selain itu juga ada kemungkinan yang lebih besar bagi bayi yang mereka kandung untuk lahir prematur.

10. Menopause lebih cepat

Seorang wanita tua via Nrcc
Seorang wanita tua via Nrcc

Dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok, wanit yang gemar menghisap rokok akan mengalami menopause lebih cepat. Merokok secara berlebihan juga membuat wanita memiliki resiko tinggi terkena kanker serviks.

Jadi buat kamu yang merokok, apa sudah tahu bahaya mematikan rokok di atas? Buruan berhenti deh, share juga dengan teman kamu biar juga tahu bahaya merokok.