Ngeri, inilah 10 hewan dengan racun paling mematikan sedunia

Ada begitu banyak jenis hewan di dunia ini yang dibekali dengan bisa mematikan. Perlu kamu pahami, bahwa ada beberapa hewan yang bisa mengakhiri hidup manusia hanya dengan sekali gigit – karena mereka bisa mengalirkan racun yang sangat berbahaya.

Kita tidak akan pernah tahu kapan tragedi bakal terjadi, jadi tidak ada salahnya mengenal hewan-hewan berbisa ini agar kamu bisa menghindar dari mereka – atau mengerti cara menanganinya jika nantinya memang tergigit.

Berikut NgeHits sajikan daftar sepuluh hewan dengan bisa atau racun paling berbahaya di seluruh dunia.

1. Laba-laba Brasil

Laba-laba Brasil via Independent
Laba-laba Brasil via Independent

Laba-laba ini juga dikenal dengan nama Laba-laba pisang, mengingat sangat sering ditemukan di daun pohon pisang. Laba-laba ini sangat beracun dan berbahaya bagi manusia, serta dianggap sebagai salah satu spesies yang paling berbahaya.

2. Ikan Candiru

Ikan Candiru
Ikan Candiru

Ikan ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia lewat saluran genital, hingga mencapai sel darah tubuh kita. Ini adalah salah satu cara paling mematikan yang dimiliki seekor ikan untuk menyerang tubuh manusia. Dan akan amat sulit untuk menghilangkan ikan ini, tanpa melalui prosedur operasi.

3. Kalajengking Arizona

Kalajengking Arizona via amnh.org
Kalajengking Arizona via amnh.org

Ini adalah kalajengking paling beracun yang bisa kamu temui di Amerika Utara. Bisa dari hewan satu ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan bisa menyebabkan bengkak di bagian mulut serta kekakuan otot.

4. Ular Derik

Ular Derik via roadsendnaturalist
Ular Derik via roadsendnaturalist

Gigitan ular derik dikenal sebagai salah satu yang paling mematikan dan menyakitkan di dunia. Jika kamu kebetulan digigit ular ini, kamu patut waspada karena racunnya bisa membunuh seorang manusia dalam waktu singkat.

5. Stonefish

Stone Fish via thingsthatstingme
Stone Fish via thingsthatstingme

Stonefish adalah ikan paling beracun di dunia. Satu gigitan yang menyakitkan dari ikan ini bisa dengan mudah menghabisi nyawamu. Jadi, pastikan kamu berhati-hati ketika sedang menyelam atau berjalan-jalan di pantai.

6. Black Widow

Black Widow
Black Widow

Laba-laba Black Widow adalah salah satu yang paling berbahaya. Secara umum gigitannya memang tidak terlalu berbahaya, namun lain cerita jika kamu bertemu dengan jenis yang memiliki ukuran cukup besar. Ketika menggigit, kamu bakal merasakan kontraksi otot yang amat menyakitkan, yang terasa seperti tidak akan pernah berakhir.

7. Sweat Bee

Sweat Bee via Bugphoto
Sweat Bee via Bugphoto

Ini adalah lebah berukuran besar yang biasanya berwarna hitam sedikit metalik. Lebah jenis ini amat umum ditemukan di seluruh dunia. Mereka bakal menggigit jika kamu coba menyingkirkan mereka dari kulitmu.

8. Semut Bullhorn Acacia

Semut Bullhorn Acasia via Mirror
Semut Bullhorn Acacia via Mirror

Semut jenis ini dikenal agresif dan biasanya juga menyerang serangga yang lain, namun ketika semut-semut ini terlibat kontak dengan manusia, hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang amat berbahaya.

9. Lebah madu

Lebah Madu via thinglink
Lebah Madu via thinglink

Tahukah kamu bahwa lebah madu akan langsung kehilangan nyawanya begitu selesai menyengat? Meski kebanyakan manusia dewasa bisa menahan rasa sakit dari gigitan lebah, ada juga beberapa kasus di mana sengatan lebah bisa menyebabkan kematian – karena korban memiliki kondisi jantung yang lemah.

10. Kelabang Raksasa Amazon

kelabang-amazon

Tahukah kamu bahwa kelabang karnivora ini bisa tumbuh hingga satu meter lebih dan bisa membunuh hewan yang ukurannya lebih besar, seperti tikus dan kelelawar? Jika kamu sedang sial, tergigit kelabang jenis ini bisa menyebabkan kesakitan hingga 12 jam!

Inilah sepuluh jenis hewan dengan gigitan paling mematikan dan beracun dari seluruh dunia. Pastikan kamu berhati-hati dan menghindar dari mereka, jika tidak ingin celaka di kemudian hari.