Mantap, 10 Makanan Ini Ampuh Bunuh Sel-sel Kanker

Selain berguna untuk memenuhi nutrisi dan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh, makanan juga bisa berfungsi mencegah kita terkena penyakit berbahaya. Sayur-sayuran tertentu, jika dikonsumsi dengan benar dan rutin, bisa mencegah tubuh terjangkit sel-sel kanker.

Kanker sendiri merupakan salah satu pembunuh yang paling berbahaya di zaman modern seperti ini. Oleh karena itu lebih baik kita mencoba menghindarinya dengan memakan banyak makanan bersifat anti-kanker mulai sekarang, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Berikut NgeHits rangkum 10 jenis makanan yang bisa membantumu mencegah berkembangnya sel kanker:

1. Tomat

Tomat via Total Produce
Tomat via Total Produce

Lycopene adalah anti-oksidan yang bisa mencegah terjadinya kanker paru-paru, payudara, dan prostat. Salah satu sayuran yang paling banyak mengandung lycopene adalah tomat.

2. Jahe

Jahe via Jambeverageco
Jahe via Jambeverageco

Dalam jahe terdapat kandungan zat anti-inflamasi dan juga zat anti-kanker. Kamu bisa mengonsumsinya secara reguler untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Bagi para wanita, jahe amat bagus untuk mencegah timbulnya kanker ovarium.

3. Wortel

Wortel via Edible dan Scape
Wortel via Edible dan Scape

Beta-karoten yang terkandung di dalam wortel adalah zat anti-oksidan yang mampu memperlambat perkembangan sel-sel kanker. Wortel juga bisa membantu mencegah sel-sel lain yang ada di dalam tubuh mengalami kerusakan.

4. Bawang

Bawang via Wikimedia
Bawang via Wikimedia

Sudah jadi rahasia umum bahwa bawang merupakan salah satu bahan makanan yang paling efektif untuk menangkal kanker. Sulfur yang ada dalam bawang putih bisa melawan sel kanker dan juga memperlambat perkembangannya. Jika dikonsumsi secara rutin, bawang putih bisa mencegah tubuh terkena kanker paru-paru, payudara, dan prostat.

5. Pomegranate

Pomegranate via Total Health and Fitness
Pomegranate via Total Health and Fitness

Buah pomegranate mungkin masih cukup jarang dijumpai di Indonesia, namun buah satu ini mengandung zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Jika tertarik untuk memakannya, sebaiknya jangan lupa telan pula biji yang terkandung di dalamnya. Hindari membuatnya menjadi jus, untuk menghindari kandungan gula berlebih.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan via Efdreams
Kacang-kacangan via Efdreams

Zat-zat yang terkandung di dalam kacang-kacangan juga bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Nutrisi yang terdapat dalam sayuran jenis ini bagus untuk mencegah timbulnya kanker pankreas.

7. Anggur

Anggur via Secretly Healthy
Anggur via Secretly Healthy

Resveratrol yang ada di dalam anggur dan beri bisa menghancurkan sel kanker dan juga meminimalisir terjadinya inflamasi di dalam tubuh.

8. Strawberi

Strawberri via Wellsgreen
Strawberri via Wellsgreen

Strawberi mengandung asam ellagic dan vitamin C, yang amat bagus untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Beri-berian juga diyakini mampu mencegah terjadinya kanker mematikan seperti kanker perut, esophagus, paru-paru, dan kanker mulut.

9. Teh Hijau

Teh Hijau via Listaka
Teh Hijau via Listaka

Catechins yang terkandung di dalam teh hijau bisa mencegah kanker. Selain itu, komponen khusus yang terkandung di dalam teh hijau juga akan membantu tubuh kita untuk membersihkan liver dari zat-zat beracun atau senyawa lain yang tidak dibutuhkan.

10. Bayam

Bayam via Wolvesfitness
Bayam via Wolvesfitness

Bayam bisa mencegah terjadinya kanker esophagus. Senyawa tertentu yang ada di dalam sayuran jenis ini, seperti lutein dan zeaxanthin, bisa membantu membersihkan tubuh dan mencegah terjadinya beberapa tipe kanker yang berbahaya.