10 Negara paling bahagia di dunia tahun 2016, Indonesia masuk nggak ya?

Salah satu hal yang paling dicari dalam hidup adalah kebahagiaan, bisa dari cinta, pekerjaan , tempat tinggal dan juga aspek kehidupan lainnya. Apakah kamu sudah cukup merasa bahagia?

Kalau belum, mungkin kamu boleh berpikir untuk pindah atau mengunjungi 10 negara ini. Mengapa? Sebab 10 negara ini sudah ditetapkan sebagai negara pling bahagia menurut PBB melalui World Happineess Report tahun 2016. Mau tahu negara mana saja yang jadi negara terbahagia? Apakah ada Indonesia di dalamnya? Mari kita simak dari yang terbawah.

10. Swedia

Tahun lalu, Swedia menjadi negara nomor 8 paling bahagia di dunia yang artinya tahun ini Swedia turun 2 peringkat. Tapi tak apa, salah satu negara di Eropa ini tetap ada di 10 besar negara terbahagia di dunia.

swedia
Swedia via techcrunch.com

Banyak yang ditawarkan di Swedia dari segi wisata  mulai dari berbagai museum, geraja dengan arsitek bersejarah hingga gedung opera.

9. Australia

Kalau Swedia turun 2 peringkat, Australia malah naik 2 peringkat. Benua yang paling dekat dengan Indonesia ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Dan berdasar aspek yang diperhitungkan, Australia menjadi nomor 9 tahun ini.

australia
Opera Australia via traveltheworldfans.com

Jika berkunjung ke negara asal kangguru ini, kamu yang berselancar bisa datang ke Sydney, Perth, Queensland atau Surfer Paradise. Atau ke Pulau Kangaroo untuk melihat kangguru secara langsung.

8. New Zealand

Pemandangan yang luar biasa, coffee culture yang mengagumkan dan makanan yang lezat rupanya sudah cukup menjadi alasan untuk kita mengunjungi Selandia Baru ini.

new zealand
New Zealand via ccbi.ac.nz

Jika mencari spot alam liar yang menawan, Wellington, ibukota negara ini adalah tempat yang tepat.

7. Belanda

Sejenak mari kita lupakan sejarah bahwa Belanda pernah menduduki Indonesia selama ratusan tahun. Tapi jelas tidak dipungkiri kalau Belanda punya pemandangan yang keren. Yang khas? Tulip dan kincir angin!

belanda
Belanda via nationalgeographic.com

Tahun ini Belanda menempati ranking 7 untuk negara terbahagia di dunia setelah tahun lalu ada di ranking 4. Mungkin karena pesona tulipnya juga. Eh Keukenhof Garden yang berisi tulip-tulip indah masih akan buka hingga bulan Mei lho.

6. Kanada

Dengan standar hidup dan pendapatan yang rata-rata, Kanada tahun ini menempati posisi keenam. Sebelumnya, Kanada berada di posisi 5.

kanada
Kanada via livescribe.com

Negara asal penyanyi Justin Bieber ini memiliki banyak tempat menarik seperti air terjun Niagara.

5. Finlandia

Sekolah hanya 5 jam, tidak pernah ada PR dan tidak memberlakukan ujian nasional mungkin jadi salah satu faktor kenapa Finlandia pantas menduduki posisi kelima.

finlandia
Finlandia via dailyburps.com

Selain itu, Finlandia juga termasuk negara dengan kualitas hidup tertinggi dibandingkan dengan negara-negara di Eropa lainnya menurut Prosperity Index Legatum Institute.

4. Norwegia

Masih ingat dengan artikel Ngehits tentang Norwegia? Mungkin itu satu dari banyak alasan kenapa Norwegia pantas ada di peringkat 4 sebagai negara terbahagia di dunia.

norwegia
Norwegia via visitnorway.com

Banyakcara untuk bersenang-senang di Norwegia, salah satunya mungkin adalah berselancar di antara es-es pada bulan Maret di Flakstad, Lofoten.

3. Islandia

Blue Lagoon, Islandia adalah daya tarik utama dari negara ini. Di sini kamu bisa mandi dengan air yang dipanaskan langsung oleh bumi karena letaknya yang ada di ladang lava.

blue lagoon
Blue Lagoon via travelchannel.com

Selain itu, di Islandia juga kamu bisa menikmati fenomena alam yang langka yaitu pemandangan aurora.

2. Swiss

Tahun ini Swiss harus bersedih karena turun menjadi peringkat kedua untuk negara paling bahagia di dunia. Tapi tak apa, Swiss tetap memiliki pesonanya yang menawan, dingin dan cantik.

swiss

Swiss via earthporm.com

Tidak lengkap ke Swiss kalau tidak menikmati Fondue atau berski di pegunungan bersalju.

1. Denmark

Yay! Di peringkat pertama ada Denmark. Setelah sempat terjun ke peringkat ketiga, tahun ini Denmark menduduki peringkat pertama untuk negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia.

denmark
Denmark via nationalgeographic.com

Denmark memiliki tingkap harapan hidup yang di atas rata-rata yaitu 80 tahun,sedang secara global biasanya hanya 71 tahun.

Lalu di peringkat berapakah Indonesia? Tahun 2016 ini, Indonesia masih beruntung karena masuk di lingkup 100 besar negara terbahagia, tepatnya ni urutan ke-79. Walau Indonesia masih kalah dengan Malaysia yang ada di peringkat 49, Thailand di peringkat 33 dan Singapura di peringkat 22.

Penentuan urutan World Happiness Report terbaru ini dilakukan dalam rangka merayakan World Happiness Day dari PBB tanggal 20 Maret lalu. Dan beberapa faktor yang dipakai sebagai patokan penilaian adalah pendapatan, social support, kehidupan yang sehat, social freedom hingga tingkat korupsi.

Di tahun 2016 ini ada 157 negara yang diikutsertakan dan dinilai lho. Dan Burundi-lah, negara tak ber laut di Afrika yang menempati posisi terakhir.