10 Paspor paling ‘sakti’ ini bisa bikin pemiliknya bebas keliling dunia, Indonesia?

Adalah impian semua orang untuk bisa berkeliling dunia, mencapai ke tempat-tempat yang awalnya hanya bisa dilihat di TV atau juga internet. Untuk mencapainya pasti dibutuhkan kerja keras dan keberuntungan. Apakah di antara kamu ada yang ingin keliling dunia? Cek dulu deh apakah paspor Indonesia juga memegang hak istimewa bebas visa seperti negera-negara yang ada Ngehits sebutkan di bawah ini.

Dari Henley & Partners di VisaIndex.com, telah dianalisa peraturan visa dari berbagai negara di seluruh dunia, dan seperti tahun-tahun sebelumnya juga dikeluarkan indeks tahunan pembatasan visa. Di dalam indeks ini kamu akan tahu negara mana yang memiliki keistimewaan terbanyak mengunjungi negara lain tanpa visa. Indonesia bagaimana ya? Mending simak dulu daftar 10 deretan negara dengan paspor paling sakti di bawah ini :

10. Hungaria, Ceko dan Islandia

paspor hungaria via dailynewshungary com
Paspor Hungaria via dailynewshungary.com

Untuk pemegang paspor Hungaria, Republik Ceko dan Islandia per tahun ini bisa mengunjungi 167 negara tanpa harus menggunakan visa.

9. Malta

Passport
Passport Malta via gov.mt

Tahun ini, Malta menduduki peringkat tertinggi dari semua anggota baru dari Uni Eropa. Pemegang paspor Malta bisa masuk ke 168 negara tanpa menggunakan visa atau menggunakan visa on arrival.

8. Australia

australia via pas org
Australia via community.pas.org

Jika kamu pemegang paspor Australia, kamu bisa mengunjungi 169 negara dan wilayah tanpa menggunakan visa atau dengan visa on arrival. Karena itu Australia menduduki peringkat ke-8.

7. Yunani dan New Zealand

yunani via greekreporter com
Yunani via greece.greekreporter.com

Per tahun 2016, pemegang paspor Yunani dan New Zealand akan bebas masuk ke 171 negara.

6. Kanada, Irlandia, Korea, Luxembourg, Norwegia, Portugal dan Swiss

korea selatan hanbok via cbc ca
Hanbok Korea Selatan via cbc.ca

7 Negara ini bisa mengunjungi 172 negara dan wilayah tanpa harus membuat visa terlebih dahulu. Selain itu, pemegang visa Korea Selatan (dan Chili) juga merupakan paspor biasa yang menyediakan akses bebas visa ke seluruh negara G8( Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Rusia, Inggris, Amerika) lho.

5. Austria, Jepang dan Singapura

paspor jepang
Passport Jepang via hopefm.org

Bersama dengan Austria dan Singapura, Jepang menduduki peringkat ke-5 untuk negara dengan kebebasan bepergian karena bisa bebas visa untuk 173 negara. Pemegang paspor Jepang ternyata bisa masuk ke Indonesia tanpa visa untuk durasi waktu 30 hari lho!

4. Belgia, Denmark, Belanda, Amerika Serikat

belgia via planetdepos com
Belgia via planetdepos.com

Di peringkat 4 ada Belgia, Denmark, Belanda dan Amerika Serikat yang bisa masuk ke 174 negara tanpa visa.

3. Finladia, Perancis, Italia, Spanyol, Inggris

paspor AS Perancis via planettravel xyz
Ilustrasi via planettravel.xyz

Di posisi ketiga ada Finlandia, Perancis, Italia, Spanyol dan Inggris yang paspornya bebas masuk ke 175 negara atau wilayah.

2. Swedia

poandpo com
via poandpo.com

Mendekati peringkat pertama, di nomor 2 ada paspor Swedia yang bisa bebas masuk ke 176 negara atau wilayah.

1. Jerman

reisepass via young-germany de
reisepass via young-germany.de

Yihuy! Di peringkat pertama ada negara Jerman yang bisa bebas visa ke 177 negara atau wilayah.

Lalu bagaimana dengan Indonesia ya? Dari sumber yang sama yaitu VisaIndex.com, ternyata Indonesia menduduki peringkat ke-79, sama dengan negara Kyrgyzstan. Di posisi ini Indonesia mendapatkan akses visa ke 58 negara, lho. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 56 negara atau peringkat 72. Ingin tahu apa saja 58 negara tersebut? Kamu bisa klik ini.

Nah, pilih saja satu dari 58 negara itu lalu kemasi barang-barangmu dan bersiaplah traveling keliling dunia tanpa visa!