Ini dia 10 pekerjaan cocok buat kamu yang doyan travelling!

Siapa sih yang tidak suka travelling? Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menjelajah nusantara atau bahkan dunia hanya saja kadar keinginannya berbeda-beda. Ada yang lebih suka piknik setahun sekali atau sebulan sekali, ada pula yang wajib bepergian minimal satu minggu sekali. Kalau kamu mengakui bahwa dirimu adalah seorang traveler maka 10 pekerjaan ini akan sangat cocok bagi kamu yang ingin jalan-jalan baik di dalam maupun luar negeri. Sambil menyelam minum air, sambil bekerja plesiran juga bisa dong.

1. Duta Besar

australia-embassy

Sudah tentu menjadi seorang duta besar kamu akan berkesempatan untuk ditempatkan di kantor kedutaan besar luar negeri. Oleh sebab itu untuk mendapatkan pekerjaan ini kamu harus masuk ke jurusan Hubungan Internasional. Untuk menjadi seorang duta juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu harus cerdas baik di bidang akademik maupun non-akademik terutama cerdas membangun hubungan dengan orang lain karena sebagai duta besar kamu juga harus berkemampuan diplomatis.

2. Awak kabin (flight attendant)

flight attendant

Menjadi seorang awak kabin merupakan pekerjaan yang paling menyenangkan. Kamu bisa berjalan-jalan ke luar negeri sesuai tujuan penerbangan, gratis lagi, dibayar lagi. Meski terlihat mudah dan menyenangkan, menjadi awak kabin juga menanggung risiko tersendiri. Jadi kamu harus menyiapkan mental dan fisik untuk dapat menikmati perjalan jauh lewat udara ini.

3. Pengusaha bisnis ekspor-impor

import-export

Kamu yang berjiwa pengusaha, mulailah bisnis unik yang berpotensi untuk dipasarkan di luar negeri. Kebanyakan usaha kecil yang melebarkan sayap secara global adalah usaha yang berhubungan dengan nilai tradisional atau local wisdom suatu daerah. Angkat sesuatu yang berbeda dari daerahmu dan inovasikan menjadi produk kreatif dan tepat guna. Ketika kamu berhasil memasarkan produkmu di luar negeri, tentu kamu akan berkesempatan mengunjungi negara-negara yang ingin kamu kunjungi dalam rangka ekpansi bisnis. Untung didapat, kesenangan juga didapat.

4. Kru kapal pesiar

our-crew_10

Keliling dunia naik kapal pesiar merupakan keinginan sebagian besar orang tapi hanya orang-orang dengan kocek tebal yang mampu bepergian dengan kapal pesiar. Kamu juga berkesempatan naik kapal pesiar dan mengelilingi dunia lo. Caranya yaitu dengan menjadi staff di kapal pesiar tersebut. Ada bermacam pekerjaan staff kapal pesiar, antara lain: koki, bartender, teknisi, artis, dan pengelola hotel. Meski tak mudah menjadi salah satu kru kapal pesiar, kamu akan mendapatkan pengalaman tak ternilai ketika melakukan perjalanan dengan kapal pesiar.

5. Au Pair

au-pair-piggy-back-396x278

Kamu masih berusia 18-20 tahun? Uji kemampuan bahasa dan survival kamu dengan menjadi Au Pair. Au Pair singkatnya adalah teman bermain bagi anak-anak di luar negeri. Kamu berkewajiban untuk menemani anak-anak yang ditinggal orang tua mereka bekerja dengan upah tertentu.

Berbeda dari babysitter, Au Pair tak harus bekerja seharian penuh dan melakukan berbagai macam pekerjaan rumah. Negara-negara Uni Eropa biasanya membutuhkan banyak Au Pair dari negara sesama Uni Eropa atau negara lain. Sudah dapat uang saku, bisa jalan-jalan di luar negeri, mendapatkan pengalaman menimang anak kecil, dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pula.

6. Agen travel

travelagentweddingplanner_0

Lagi-lagi kamu yang memiliki jiwa wirausaha, cobalah membuka agen perjalananmu sendiri. Tawarkan diskon dan produk menarik bagi konsumen sesuai pangsa pasarmu dan jalin kerjasama dengan agen perjalanan lain baik di luar maupun dalam negeri. Jangan lupa untuk mengembangkan usahamu dalam bentuk aplikasi atau web. Dengan menjadi pemilik agen perjalanan kamu juga bisa mengasistensi konsumenmu ketika mereka membutuhkan tour guide atau pendamping jalan-jalan mereka. Wah, asyik kan kalau menjalani hobi yang dibayar?

7. Web designer

Web-Designer

Semakin berkembangnya teknologi maka kesempatanmu yang jago IT juga terbuka seluas mungkin, apalagi di era pasar bebas seperti ini. Kemampuan coding, designing, dan SEO mu akan begitu dihargai oleh perusahaan IT luar negeri. Perbanyak portofoliomu, kembangkan kemampuanmu maka kamu bisa menawarkan jasa web designmu pada klien-klienmu di luar negeri. Bonusnya? Kamu mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dan berkesempatan menginjakkan kaki di negeri yang asing.

8. Fotografer

silhouette-photographerJika kamu berdedikasi, professional, dan total melakoni hobimu memotret sebuah objek maka kamu juga akan memiliki kesempatan untuk plesiran ke seluruh dunia. Awali dengan memotret momen dan tempat-tempat yang memiliki nilai jual lalu tawarkan hasil jepretanmu ke website travelling. Pekerjaan untuk menjadi seorang fotografer travel semakin dicari demi menawarkan jujugan wisata baru atau meningkatkan imej suatu negara. Ayo tunggu apalagi, jangan sia-siakan kemampuanmu mengabadikan momen dan jadikan hal itu sebagai batu loncatanmu untuk dapat mengelilingi bumi yang indah ini.

9. Arkeolog

Arkeolog

Apabila sejak kecil hobimu berkunjung ke museum dan membaca buku sejarah maka kesempatanmu untuk menjadi arkeolog begitu besar. Menjadi arkeolog tentu memiliki keuntungan tersendiri, yakni datang langsung ke situs-situ bersejarah. Nah! Situs bersejarah tak hanya berada di Indonesia lo, di luar negeri juga terdapat banyak sekali situs yang masih perlu diteliti dan ditemukan.

10. Jurnalis

journalist-social-media-644x250

Kalau kamu hobi menulis, menjadi jurnalis adalah pilihan yang tepat. Mungkin awalnya kamu akan merasa tertekan karena deadline yang ketat dan menumpuknya pekerjaan. Bahkan pekerjaan menjadi jurnalis seolah tak kenal waktu, bisa saja kamu bekerja 24 jam penuh selama satu minggu. Di balik penderitaan deadline dan jam kerja, kamu juga berkesempatan untuk melakukan liputan ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri lo. Bayangkan betapa hepinya kamu apabila mendapatkan tugas meliput di New York naik pesawat business class gratis!

Sudah mulai ngiler ya Anak Hits? Oleh sebab itu tekuni saja passion dan hobimu karena pekerjaan yang dilakukan berdasarkan hobi itu enjoyable dan akan selalu membuatmu bahagia. Seperti quotes, “Do what you love, love what you do.” Kamu bisa┬ámembagikan pekerjaan impianmu untuk jalan-jalan di luar negeri di kolom komentar Anak Hits.