10 temuan di tahun 1800an yang sangat berguna untuk kehidupan

Adalah Ratu Victoria yang memimpin Inggris pada tahun 1837-1901 yang memberikan nama atas era Victoria. Periode ini dikenal dengan masa Revolusi Industri yang ditandai dengan berbagai penemuan teknologi. Saking banyaknya temuan yang ada, beberapa memang terlupakan oleh waktu dan tidak lagi digunakan. Tapi ternyata banyak temuan di tahun 1800an yang sangat berguna untuk kehidupan bahkan sampai zaman modern sekarang ini.

NgeHits bakal kasih tahu beberapa benda yang kamu gak pernah kira kalau ditemukan di tahun 1800an.

1. Telur paskah

Telur paskah Fry via bytesdaily

Sebenarnya tradisi melukis telur Paskah sudah dilakukan selama ribuan tahun lamanya dan diturunkan dari generasi ke generasi. Tapi di zaman Victoria inilah mulai dikenal telur Paskah yang terbuat dari coklat. Telur paskah coklat pertama kali dibuat oleh seorang seniman coklat berkewarganergaraan Inggris bernama Joseph Storrs Fry pada tahun 1873. Pada saat itu tentu saja Fry tidak mengira bahwa hasil buatannya itu akan menjadi sebuah temuan yang digunakan sampai sekarang untuk merayakan Paskah di berbagai belahan dunia.

2. Toilet duduk

Toilet via melbourneblogger

Walaupun terlihat sepele, tapi kamu tidak bisa begitu saja melupakan jasa penemu toilet duduk yang ternyata ditemukan pada tahun 1800an. Pada era tersebut, orang-orang mulai berpikir bagaimana menciptakan teknologi yang dapat mendukung gaya hidup yang lebih bersih dan sehat. Maka setelah berbagai eksperimen, dihasilkanlah toilet duduk yang bisa menyiram kotoran langsung dari pompa air. Dan mulai saat itulah toilet duduk dengan teknologi penyiraman langsung dipasang di rumah-rumah dan digunakan sampai sekarang.

3. Radio

Radio via themost10

Sekarang kamu bisa saja menganggap kalau radio itu tidak terlalu penting, karena sekarang sudah ada smartphone dan personal computer. Tapi di abad sebelumnya, radio masih menjadi alat komunikasi utama yang sangat penting walaupun hanya satu arah. Di awal penemuannya, walaupun gelombang elektromagnetik sudah dikenal sebelumnya, tapi radio baru ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada akhir 1800an. Penemu itu berhasil mencari cara untuk berkirim pesan melalui gelombang tersebut, dan akhirnya berkembang sebagai media komunikasi yang sangat penting pada zaman itu.

4. Sinar X

Sinar X via artfire

William Röntgen dikenal sebagai penemu sinar X pada tahun 1895, sehingga kita sering mendengar kata ‘rongsen’. Pada awal penemuan ia tidak mengira penemuannya akan berguna untuk dunia kesehatan. Percobaan pertama dilakukan oleh Röntgen untuk memeriksa tangan istrinya, dan saat itulah ia baru sadar bahwa temuannya dapat membantu proses pemeriksaan pasien. Bayangkan kalau tidak ditemukan teknologi ini, pasti sampai sekarang kita masih kesusahan untuk mengobati penyakit dalam!

5. Kereta api

Kereta api via telegraph

Walaupun sudah banyak mode transportasi lain seperti mobil atau pesawat untuk perjalanan jauh, kereta masih menjadi pilihan oleh beberapa orang karena berbagai alasan. Sebenarnya kereta uap sudah ditemukan sebelum era ratu Victoria, namun baru pada tahun 1825 kereta diperkenalkan untuk keperluan komersial oleh George Stephenson. Dan di akhir zaman Victoria pula ditemukan kereta listrik yang menjadi awal perkembangan mode transporasi kereta sampai saat ini.

6. Perangko

Perangko zaman Victoria via stampsofvictoria

Mungkin beberapa dari kamu masih merasakan ribetnya untuk bertukar kabar dengan orang yang tinggal di luar kota, yakni dengan surat. Berbeda dengan surat elektronik atau email yang tidak berbayar alias gratis untuk pengirimannya, dulu kalau ingin mengirim surat diperlukan perangko sebagai ganti ongkos pengiriman. Dan ternyata perangko pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1840. Perangko pertama dikenal dengan ‘penny black’ yang bergambar ratu Victoria dengan tinta hitam dan bernilai satu penny.

7. Vacuum cleaner

Vacuum cleaner via pinterest

Kamu salah besar kalau mengira vacuum cleaner adalah teknologi yang diciptakan pada abad 20an, karena alat pembersih ini ternyata ditemukan pada pertengahan abad 19. Hubert Cecil Booth dikenal sebagai penemu motor vacuum cleaner, dan sejak saat itulah alat ini menjadi incaran para ibu rumah tangga di Inggris. Perkembangannya sampai sekarang membuat kamu semakin mudah membersihkan rumah dengan alat elektronik satu ini.

8. Telepon

Penemuan telpon via bbc

Teknologi yang satu ini memang tidak bisa dilupakan begitu saja karena sampai saat ini kita tidak bisa lepas dari media komunikasi yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell ini. Pada tahun 1876 Bell menetapkan hak paten telepon sebagai temuannya, dan pada tahun yang sama komunikasi melalui telepon yang pertama pun dilakukan. Pada saat itu, ia menelepon asistennya dan berkata “Tuan Watson, kemarilah, aku membutuhkanmu.” Dan sekarang telpon tidak hanya ada di kantor atau rumah, tapi juga kantongmu!

9. Lampu pijar

Lampu pijar via wikipedia

Sebenarnya banyak peneliti yang berpartisipasi dalam penemuan lampu pijar di abad ke 19, tapi desain yang diperkenalkan oleh Thomas Alfa Edison merupakan yang paling ergonomis dan diterima oleh masyarakat, sehingga namanya mampu mengungguli para peneliti lain. Sebagai hasil dari percobaan yang memakan waktu dan energi, akhirnya di akhir tahun 1800 lampu pijar mulai diproduksi secara komersial. Tanpa temuan ini, bayangkan apa yang terjadi di kehidupan kita!

1o. Kamera

Kamera via bbc

Buat kamu yang hobi selfie, kamu harus berterimakasih pada Frenchman Joseph Niépce yang pertama kali memperkenalkan cara menangkap gambar dengan kamera. Teknologi yang benar-benar merevolusi gaya hidup manusia ini ditemukan pada tahun 1826. Dan pada percobaan pertama, proses yang dibutuhkan untuk memotret satu gambar adalah 8 jam! Wah, bandingkan dengan sekarang yang toleh kanan cekrek! toleh kiri cekrek!