20 Bahasa tubuh ini simpan pesan rahasia yang menarik

Di luar bahasa lisan atau bahasa verbal, manusia juga bisa menyiratkan pesan tertentu lewat bahasa tubuh. Karena sulit untuk ditangkap dengan jelas, bahasa tubuh biasanya bersifat lebih jujur ketimbang bahasa lisan. Dengan memperhatikan gerak-gerik atau mimik seseorang, kamu bisa tahu kapan dia merasa tak nyaman atau tengah gelisah.

Berikut ini NgeHits sudah rangkum 20 pesan rahasia yang tersimpan dalam berbagai bahasa tubuh, agar kamu bisa tahu bagaimana respon seseorang terhadap dirimu dalam kehidupan sehari-hari.

1. Cara duduk

Cara Duduk via Brightside
Cara Duduk via Brightside

Perempuan yang duduk dengan menyilangkan satu kaki di depan kaki lainnya menandakan bahwa ia adalah sosok yang amat percaya diri. Namun jika ia justru menutupi kaki satu dengan kaki lainnya, bisa jadi dia adalah orang yang pemalu dan pendiam.

2. Tangan di belakang

Tangan di Belakang Leher via Brightside
Tangan di Belakang Leher via Brightside

Perhatian baik-baik, jika ada orang di dekatmua yang menaruh tangannya di belakang leher, itu tandanya ia tengah merasa bosan, kesal, atau bisa-bisa malah sedang berbohong.

3. Raut wajah

Cara Berpikir via Brightside
Cara Berpikir via Brightside

Raut wajah juga bisa menggambarkan pesan yang berbeda-beda. Jika mata seseorang seperti melirik ke arah kiri, itu artinya ia sedang mengingat suara. Jika ke arah sebaliknya, ia tengah mengingat sebuah perasaan. Sementara mereka yang mengingat gambar seringkali akan mengarahkan matanya miring ke kanan. Terakhir, pandangan mata ke bawah biasanya menandakan seseorang sedang berpikir.

4. Arah pandangan

Pandangan Mata via Brightside
Pandangan Mata via Brightside

Arah pandangan jauh ke bawah menandakan sesuatu yang bersifat sensual. Sementara pandangan ke atas dikaitkan dengan kontrol situasi. Namun jika ada seseorang yang memandang kamu tidak terlalu ke bawah, maka itu artinya ia cukup bersahabat.

5. Respon

Respon via Brightside
Respon via Brightside

Seseorang yang mencoba menutupi kedua tangannya ketika sedang berbicara berarti ia tengah bersikap tertutup. Sementara jika yang terjadi sebaliknya, berarti ia sudah amat percaya dan terbuka dengan lawan bicara.

6. Mendengar orang bicara

Mendengar Orang Bicara via Brightside
Mendengar Orang Bicara via Brightside

Pernah melihat seseorang menopang wajahnya dengan telapak tangan ketika kamu bicara? Itu artinya ia merasa bosan. Namun jika cuma telunjuknya yang terangkat, itu berarti dia sangat tertarik dengan apa yang kamu ceritakan.

7. Lawan bicara

Arah Kaki via Brightside
Arah Kaki via Brightside

Arah kaki seseorang bisa menunjukkan siapa yang ingin ia ajak bicara atau bagaimana keterlibatan seseorang dalam sebuah pembicaraan.

8. Berpelukan

Berpelukan via Brightside
Berpelukan via Brightside

Jika seseorang memeluk kamu dan segera melepaskan tangan mereka dari pundakmu, itu artinya mereka tengah kebingungan dan ingin segera lepas dari situasi tersebut.

9. Wajah

Memikirkan Sesuatu via Brightside
Memikirkan Sesuatu via Brightside

Raut wajah seperti ini bisa diartikan sebagai bahasa untuk mengevaluasi menimbang sesuatu. Namun tak jarang orang yang sedang bosan juga melakukan hal serupa.

10. Tangan

Sembunyikan Tangan via Brightside
Sembunyikan Tangan via Brightside

Perhatikan baik-baik jika ada orang yang menyimpan tangannya di belakang. Jika satu tangannya berada di pergelangan tangan lain, maka itu artinya ia tengah tenang dan amat percaya diri. Namun jika posisi tangan satunya lebih tinggi dan memegang siku, berarti dia mungkin tengah kesal namun tak ingin mengungkapkannya.

11. Tangan di saku

Tangan di Saku
Tangan di Saku

Pernah melihat seseorang berjalan atau bicara dengan memasukkan kedua tangannya di dalam saku? Ini menandakan dia sangat percaya diri dan yakin punya aura kepemimpinan yang luar biasa.

12. Memegang ujung kemeja

Memegang Ujung Kemeja via Brightside
Memegang Ujung Kemeja via Brightside

Seseorang yang kerap memegang ujung kemejanya ketika sedang bicara atau berada dalam sikap diam bisa jadi tengah coba meredakan kecemasan yang ada dalam dirinya.

13. Menyilangkan kaki

Duduk Dengan Menyilangkan Kaki via Brightside
Duduk Dengan Menyilangkan Kaki via Brightside

Berapa kali kamu melihat ada orang yang duduk dengan menyilangkan kaki dan menahannya dengan kedua tangannya, di sebuah rapat atau pertemuan? Ini artinya orang tersebut akan terus bersikeras dengan pendapatnya, dan tidak akan menghormati opini yang diberikan oleh orang lain.

14. Cara duduk

Cara Duduk via Brightside
Cara Duduk via Brightside

Sering memegang kedua sisi kursi ketika sedang duduk menandakan seseorang ingin segera menutup pembicaraan dengan seseorang. Namun jika kamu lihat ada orang yang duduk dengan menyilangkan kaki dan menempatkan dua tangan di belakang leher, itu tandanya mereka tengah percaya diri dan merasa tahu banyak hal.

15. Menyembunyikan tangan

Sembunyikan Tangan via Brightside
Sembunyikan Tangan via Brightside

Seseorang yang kamu ajak bicara bisa jadi sedang menyembunyikan sesuatu atau ingin menyendiri, jika ia menyilangkan kedua tangannya dan menempatkannya di bawah ketiak.

16. Kucek mata

Kucek Mata via Brightside
Kucek Mata via Brightside

Mengucek mata tidak selalu berarti seseorang berusaha menghilangkan debu atau merasa gatal. Gestur ini juga bisa diartikan sebagai perasaan tidak tertarik dengan sesuatu atau tengah berbohong.

17. Cara duduk

Cara Duduk via Wondersbook
Cara Duduk via Wondersbook

Lagi-lagi cara duduk bisa menentukan sikap seseorang. Mereka yang memilih duduk dengan punggung kursi menghadap ke depan berarti tengah berusaha menunjukkan bahwa ia adalah orang yang dominan. Sementara mereka yang duduk dengan mengangkat satu kakinya di atas kursi cenderung tak acuh atau peduli dengan orang lain.

18. Menyentuh hidung

Sentuh Hidung via Wondersbook
Sentuh Hidung via Wondersbook

Seseorang yang menyentuh area di atas hidung, tepat di antara kedua mata, bisa jadi tengah merasa dingin atau justru menceritakan sebuah kebohongan.

19. Mencubit bibir

Cubit Bibir via Wondersbook
Cubit Bibir via Wondersbook

Pernah melihat seseorang mencubit bibir bagian bawahnya ketika ia sedang diam atau bicara? Ini tandanya dia tengah merasa stress dan membutuhkan istirahat sejenak.

20. Senyum

Senyum via Wondersbook
Senyum via Wondersbook

Seseorang yang sedang tersenyum belum tentu merasa bahagia. Jika kamu menemui orang yang tersenyum lebar namun kedua tangannya terkepal, seperti sedang berdoa, ini berarti dia tengah merasa gelisah namun memilih untuk menyembunyikannya.