Wajib belajar 5 bahasa ini demi kesuksesan karirmu!

Bahasa itu sebenarnya adalah hal yang penting untuk sekolah atau karir, lo. Sayangnya karena kurang dipromosikan, banyak yang sekolah atau kuliahnya ambil jurusan bahasa malah minder karena kalah populer dibandingkan jurusan lain. Disamping menguasai bahasa nasional, penting untuk mempelajari bahasa asing untuk keberhasilan pekerjaan di zaman modern seperti ini.

Berikut ini adalah lima bahasa asing yang wajib kamu pelajari kalau ingin punya karir yang go internasional dan sukses.

1. Mandarin

Huruf Mandarin via quib

Mau tahu jumlah total semua karakter huruf Mandarin? Ternyata jumlahnya adalah 80.000 karakter dalam bentuk kanji! Gila, mana mungkin kita bisa mempelajari dan menghapalkan semua huruf itu? Tapi tenang, para ahli menyatakan bahwa untuk penggunaan bahasa Mandarin umum di sekolah dan tempat kerja, kamu hanya perlu menguasai 1.000 sampai 3.500 karakter.

Menyadari bahwa Cina semakin menguasai pasar dan perdagangan dunia, penting buat kamu untuk mulai belajar bahasa ini demi karir yang cemerlang. Sekarang semakin mudah kok mencari kursus bahasa Mandarin, dan beberapa sekolah mengajarkannya sebagai mata pelajaran bahasa asing.

2. Bahasa Rusia

Bahasa Rusia via flowlanguages

Bahasa Rusia menggunakan aksara Cyrillic yang akan menjadi tantangan besar untuk kamu yang baru saja mulai belajar. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa bahasa ini dianggap sebagai bahasa yang penting untuk dipelajari? Alasannya adalah karena bahasa Rusia digunakan di beberapa negara antara lain Ukraina, Latvia, Belarus, Moldova, Kazakhstan and Uzbekistan. Disamping itu seperti layaknya Cina, negara Tsar ini juga mulai memimpin perdagangan dunia. Kelas atau kursus bahasa Rusia mungkin masih sulit ditemukan, tapi kalau kamu seorang fast learner dan penghapal yang baik, kamu bisa belajar otodidak melalui internet.

3. Bahasa Arab

Bahasa Arab via qantara

Kamu harus buang jauh-jauh anggapan banwa bahasa Arab ini hanya identik dengan agama Islam, karena penggunaannya memang tidak hanya untuk urusan ibadah. Negara-negara dengan bahasa Arab sebagai bahasa nasional mulai menunjukkan geliatnya sebagai negara yang kaya, terutama dengan kekayaan alam berupa minyak dan membuat mereka mulai berjaya di kancah perekonomian dunia. Bahasa ini cukup rumit karena kata ganti yang beragam sesuai dengan jenis kelamin, misalnya ada kamu laki-laki, kamu perempuan, dan dia perempuan atau dia laki-laki. Dijamin kalau kamu memahami bahasa Arab dengan baik, pintu kesuksesan terbuka semakin lebar.

4. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol via pontydygsu

Mungkin kamu tidak pernah menyangka bahwa bahasa yang satu ini termasuk dalam lima bahasa penting yang harus kamu pelajari demi karir yang cemerlang. Bahasa yang menjadi bahasa asli Dora the Explorer ini ternyata merupakan bahasa yang berpengaruh di dunia, terutama Amerika Serikat. Di Amerika, ada 35 juta orang yang menggunakan bahasa Spanyol, dan terhitung ada 425 juta orang di seluruh dunia yang berkomunikasi dengan bahasa ini. Jadi kalau kamu punya cita-cita berkarir di luar negeri, terutama di Amerika, tidak ada salahnya untuk membekali pengetahuan bahasa asing kamu dengan belajar bahasa Spanyol.

5. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris via study

Tidak bisa dipungkiri kalau bahasa Inggris masih menjadi salah satu bahasa yang sangat penting untuk kamu kuasai jika ingin memiliki karir yang sukses. Negara-negara penguasa ekonomi seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia dan beberapa daerah India menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional. Namun karena banyaknya negara yang menggunakan bahasa ini, kamu ditantang untuk mempelajari dialek dan budaya yang beragam agar pemahamanmu semakin baik. Karena banyak sumber yang tersedia saat ini, kamu bisa mempelajari bahasa ini secara otodidak atau mengikuti kursus.