5 Hal yang bikin kamu bangga kalau kuliah sambil kerja

Banyak yang bilang sekarang cari pekerjaan itu susah, terutama karena banyak lowongan yang membutuhkan pengalaman kerja. Sedangkan kalau sudah lulus kuliah pasti dituntut untuk cepat dapat kerja. Karena tuntutan profesi dan zaman itu, makin banyak mahasiswa yang merelakan waktu nongkrong setelah kuliah menjadi jam kerja. Seringkali kita dengar omongan negatif tentang mahasiswa yang kuliah sambil kerja, karena identik dengan lama lulus.

Kalau kamu sekarang adalah mahasiswa yang berani ambil keputusan untuk kuliah sambil kerja, NgeHits punya beberapa fakta yang bikin kamu gak minder lagi dengan omongan negatif itu.

1. Penerapan ilmu

Kuliah dan kerja via jobsdb

Kamu beruntung banget kalau bisa dapet pekerjaan yang ternyata berhubungan erat dengan jurusan yang kamu ambil. Dengan hal ini, kamu jadi bisa memanfaatkan dan menerapkan ilmu yang sudah diperoleh di dalam kelas menjadi hal yang lebih berguna daripada hanya menjadi teori. Selain itu, dengan mempraktikan apa yang sudah diajarkan di kelas, dijamin kamu lebih paham.

Contohnya kalau kamu kuliah di jurusan bahasa dan kamu bekerja sebagai penerjemah, maka ilmu yang kamu peroleh di kelas bisa langsung diterapkan di pekerjaan kamu. Sehingga, hasil kerja kamu pun dijamin lebih baik.

2. Penerapan pengalaman

Pengalaman berharga via art-of-stories

Begitu juga sebaliknya, kamu juga bisa menunjukkan kemampuan kamu di depan dosen dengan pengalaman kerja yang kamu punya. Inilah kesempatan kamu untuk membuktikan bahwa gak selamanya mahasiswa yang kuliah sambil kerja itu cenderung punya nilai yang jelek dan malas kuliah. Jadikan pengalaman di tempat kerja yang tidak dimiliki oleh semua mahasiswa sebagai senjata kamu untuk menaklukan dosen. Sehingga kamu bisa bangga jadi mahasiswa yang kuliah sambil kerja.

3. Badai pasti berlalu

Kerja dan kuliah yang seimbang via hhsrampages

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang mahasiswa yang kuliah sambil kerja merasakan tuntutan dan tekanan yang lebih berat dibandingkan mereka yang kuliah saja. Permasalahan bisa dating dari kampus, juga tempat kerja dalam waktu yang bersamaan; dan hal itu bisa menjadi sebuah beban yang menyiksa kamu. Nah, kalau kamu sedang merasakan permasalahan ini, ingat bahwa peran ganda ini pasti akan segera berakhir dengan kamu menyelesaikan kuliah.

Bayangkan kalau kamu bisa cepat lulus dan kamu tidak perlu lagi susah-susah cari pekerjaan karena kamu sudah punya! Karena itu manfaatkan waktu berharga ini untuk belajar dan bekerja, karena di ujung ada hal manis yang menanti kamu.

4. Semuanya demi dan karena dirimu sendiri

Kesuksesan via abundanttruth

Hal yang membanggakan dari mahasiswa yang kuliah sambil kerja adalah bahwa kamu punya keyakinan dan prinsip yang teguh. Kamu punya mental yang kuat, yakin bahwa semua kerja keras ini memang demi dan karena dirimu sendiri. Ilmu dan penghasilan yang kamu peroleh bisa jadi bekal masa depanmu yang cerah. Karena itu jangan sampai menyerah dengan prinsip yang tertanam dalam benakmu sebagai mahasiswa yang kuliah sambil kerja.

5. Mendapatkan perhatian dosen

Diperhatikan dosen via willamette

Ada satu hal lagi yang mungkin cuma bisa dialami oleh mahasiswa yang kuliah sambil kerja. Beberapa dosen yang mengetahui bahwa kamu menjalani kuliah dengan bekerja akan cenderung lebih pengertian padamu. Mingkin mereka tidak terlalu mempermasalahkan keterlambatan saat datang ke kelas atau terlambat saat mengumpulkan tugas. Tapi tentu saja kamu tidak boleh lengah dan menjadikan perhatian mereka sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Sebaliknya, gunakan dukungan itu sebagai penyemangat untuk memperlancar kuliah dan karirmu secara bersamaan.