Jangan lewatkan 5 minuman tradisional ini sebelum sarapan!

Mengawali hari dengan minum air putih sudah menjadi rekomendasi ahli kesehatan manapun. Sebab dengan meminum air putih, tubuh akan terasa lebih segar dan air putih juga bermanfaat untuk membuang racun zat sisa dari dalam tubuh. Air putih merupakan minuman terbaik yang mampu membersihkan tubuh sekaligus menggantikan cairan tubuh yang hilang. Meminum air putih ketika bangun tidur juga akan mempercepat metabolism tubuh hingga 20% oleh sebab itu para ahli menyarankan kita untuk menenggak setidaknya dua gelas air putih setiap pagi.

Tak hanya air putih, ada beberapa macam minuman berbahan alami yang bisa dibuat sendiri dapat dikonsumsi dan juga bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa minuman tradisional ini juga aman untuk diminum bahkan sebelum kamu menyantap sarapan.

1. Air perasan lemon

lemonade

Air perasan lemon yang disajikan dalam kondisi hangat berguna untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang dari tubuh selama kamu tidur. Setelah mengonsumsi air perasan lemon hangat ini, kamu akan merasa segar dan bugar seketika. Air perasan lemon juga berkhasiat untuk membersihkan usus, meredakan nyeri sendri, dan kram otot.

2. Air bawang putih

garlic_1819-850x565

Mungkin pikiran “rasanya pasti aneh” terlintas di pikiranmu ketika membaca poin kedua ini. Ya, air bawang putih merupakan minuman berbahan alami yang masih asing di telinga sebagian besar orang. Meski tidak seenak air perasan lemon atau teh, air bawang putih dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi liver, dan mendetoksifikasi tubuhmu. Gerus saja satu suing bawang putih dan campurkan ke dalam air matang hangat lalu nikmati manfaat air bawang putih ini.

3. Jus kunyit

kunyitKamu bisa membuat minuman hangat lain dari bumbu dapur yang tersedia, salah satunya adalah kunyit. Minuman dari rimpang berwarna jingga ini kaya antioksidan sehingga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

4. Teh hijau

PC-Matcha-Latte

Teh hijau atau matcha juga memiliki kandungan antioksidan yang begitu banyak. Banyaknya kandungan antioksidan dalam matcha dapat merangsang metabolism, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan menjaga berat badan. Matcha lebih berkhasiat apabila dinikmati tanpa mencampurkan gula ke dalamnya. Dengan demikian, konsumsi matcha secara rutin tiap pagi akan membuat tubuhmu lebih hangat dan tetap berstamina sepanjang hari.

5. Jahe hangat

ginger

Jahe kaya akan vitamin C dan magnesium. Mengkonsumsi jahe hangat secara rutin akan melancarkan peredaran darah dan juga meredakan stress. Secangkir jahe hangat setiap pagi akan membuatmu selalu merasa segar dan tidak mudah mengantuk.

Hidup sehat dapat dimulai dari hal yang paling sederhana bahkan murah. Menjaga kesehatan memang memerlukan kesungguhan dan ketelatenan dalam memulai rutinitas yang sehat pula. Nah Anak Hits, mulai jaga kesehatanmu dengan rutin mengonsumsi salah satu minuman tradisional di atas ya. Jangan lupa bagikan juga artikel ini agar orang-orang tersayangmu juga memulai gaya hidup sehat.