Terungkap, inilah 7 bahaya jika tak berkeringat

Keringat seringkali dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu. Selain terasa tak nyaman, keringat juga sering ditemani dengan hadirnya bau badan. Namun jangan salah, keringat ternyata punya peran yang sangat penting untuk tubuh kita.

Penelitian menunjukkan bahwa keringat bisa membantu mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada dari dalam lapisan kulit, dan membuat kulit kita kembali terlihat cerah dan bersinar. Selain ini, masih ada banyak manfaat keringat yang tentunya tidak boleh disepelekan.

Penasaran? Berikut NgeHits sudah rangkum tujuh bahaya yang akan terjadi jika tubuhmu tak berkeringat.

1. Tubuh tidak akan mendingin

Tubuh Berkeringat via Wisegeek
Tubuh Berkeringat via Wisegeek

Tahukah kamu jika kamu akan beresiko terkena serangan udara panas jika tubuhmu tidak berkeringat? Mereka yang tidak bisa berkeringat karena efek samping dari suatu pengobatan atau kelainan, akan mengalami peningkatan suhu tubuh dengan tidak wajar. Keringat adalah salah satu mekanisme yang digunakan tubuh untuk mengontrol suhu.

2. Mudah terserang penyakit

Masalah Kulit via Times Full
Masalah Kulit via Times Full

Tidak banyak orang yang tahu bahwa dengan berkeringat, tingkat kekebalan tubuh otomatis bakal meningkat. Berkeringat akan membantu membersihkan patogen dari dalam tubuh, dan mencegah kita tertular penyakit tertentu.

3. Mudah terkena infeksi kulit

Jerawat via Gazette Review
Jerawat via Gazette Review

Ketika kamu berkeringat, pori-pori tubuh akan terbuka dan racun-racun serta zat berbahaya, yang bisa membahayakan kulit, akan terlepas dengan sendirinya. Nah, jika kamu tidak bisa berkeringat dengan wajar, maka kulitmu akan memiliki resiko lebih besar terkena jerawat atau gangguan lainnya.

4. Batu ginjal

Batu Ginjal via Kidney Stones
Batu Ginjal via Kidney Stones

Berkeringat adalah cara yang efektif bagi tubuh untuk mengeluarkan kelebihan garam. Mereka yang tidak terlalu sering berkeringat akan memiliki kandungan garam dan kalsium yang tinggi di dalam tubuhnya, hingga meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal. Ketika kamu berkeringat, kamu akan meminum air – yang bakal menyeimbangkan kadar garam di dalam tubuh.

5. Depresi

Depresi via Oahu Spine and Rehab
Depresi via Oahu Spine and Rehab

Aktivitas yang memancing terjadinya keringat seperti yoga atau berolahraga di gym akan membantu tubuh mengeluarkan hormon endorfin, yang membuat kamu merasa lebih baik.

6. Linu berlebihan

Kram via Sports and Spinal Physio
Kram via Sports and Spinal Physio

Apakah kamu tahu bahwa kegiatan sederhana seperti berjalan kaki keliling rumah atau mengikuti kelas tari akan melepaskan hormon tertentu di dalam keringat, yang memiliki fungsi meringankan rasa sakit? Ini artinya, kamu mungkin akan lebih banyak mengonsumsi obat penahan nyeri jika tubuhmu tidak sering berkeringat ketika beraktivitas berat.

7. Luka lebih lama sembuh

Luka via Wisegeek
Luka via Wisegeek

Apakah kamu tahu bahwa keringat mengandung sel-sel khusus yang bisa membantu mengobati luka? Jadi keringat amat berguna dalam membantu luka yang kamu alami, agar lebih cepat sembuh.