7 Jurus ini bakal selamatkan hubunganmu dari kehancuran

Menjalin dan mempertahankan sebuah hubungan memang susah-susah gampang. Pasalnya, pasti ada pasang surut yang terjadi ketika kita menjalin kisah asmara dengan lawan jenis.

Kadang, hubungan kita dengan si doi bisa jadi tengah memasuki fase yang sulit, sampai-sampai kita gak tahu musti gimana biar kondisi bisa kembali kayak dulu. Kalo udah gini, rasanya yang ada di kepala kita cuma biar gimana kalian berdua cepet putus.

Namun jangan khawatir. Berikut NgeHits punya tujuh jurus yang bisa kamu gunain untuk nyelametin hubungan kalian. Jika disimak satu-persatu dan dipraktekkan dengan cermat, bisa jadi kalian bakal lebih langgeng di masa depan. Gak percaya? Coba simak satu-satu:

1. Cari tahu masalah

Pasangan bertengkar via Guardian
Pasangan bertengkar via Guardian

Jika kamu terus-terusan bertengkar dan ngeluarin argumen yang itu-itu aja, maka ini waktu yang pas buat kamu nyari apa masalah sebenarnya. Menemukan akar masalah bisa menyelesaikan situasi sulit dengan cepat, ketimbang terus mengungkit-ungkit masa lalu.

2. Terus Positif

Pasangan bertengkar di sofa via Glamour
Pasangan bertengkar di sofa via Glamour

Selagi kalian bertengkar, jangan sekali-kali ngungkit tentang masa lalu atau manggil nama pasangan dengan cara gak sopan. Tindakan ini bakal ngebuat hubungan kalian tambah runyam. Sebaliknya, coba perhatiin tutur kata sebelum ngungkapin kekesalan terhadap pasangan.

3. Konfrontasi

Pasangan bertengkar di atas kasur via Intimate Solution
Pasangan bertengkar di atas kasur via Intimate Solution

Cara terbaik buat nyelesein rumitnya sebuah hubungan adalah dengan saling bicara dan mencari tahu apa aja hal-hal yang dirasa mengganggu bagi kalian berdua. Cobalah saling berkonfrontasi dan berdiskusi tentang masalah tersebut dan faktor lain yang menghambat di dalam hubungan kalian.

4. Respek

Wanita dan pria saling adu argumen via Cabrera Insight
Wanita dan pria saling adu argumen via Cabrera Insight

Fakfor ini penting banget dalam sebuah hubungan. Kalo pasangan kamu aja udah gak hormat sama kamu, maka itu berarti sudah waktunya buat kamu untuk bikin mereka ngerti bahwa kamu gak hepi dengan kondisi ini dan waktunya menuntut perubahan.

5. Pembicaraan membangun

Sebuah pasangan coba saling bicara via Jade African
Sebuah pasangan coba saling bicara via Jade African

Jangan memperlebar topik ketika kamu coba nyelesein masalah. Fokus pada satu hal. Coba tenang dan hadapi situasi yang ada dengan konsentrasi tinggi. Usahakan tiap dialog yang kalian lakuin bersifat membangun, alih-alih cuma mencari kekurangan satu sama lain. Pastikan juga proses ini bakal ngehasilin solusi yang sama-sama kalian butuhkan.

6. Keputusan bersama

Pasangan paruh baya via Decision
Pasangan paruh baya via Decision

Hubungan adalah tentang kebersamaan dan ngelakuin banyak hal bersama. Sebuah keputusan gak bisa diambil hanya oleh satu orang, mengingat keputusan ini nantinya bakal mempengaruhi kedua belah pihak yang terlibat di dalam hubungan tersebut.

7. Konseling

Pasangan lakukan konseling via Happy Relationships
Pasangan lakukan konseling via Happy Relationships

Jika emang dibutuhin, kamu bisa coba konsultasi dengan pihak ketiga untuk membicarakan masalah yang ada dalam hubunganmu. Lebih bagus lagi kalo kamu juga bawa pasanganmu, sehingga kalian bisa saling cerita dan ngungkapin keluh kesah masing-masing di depan pihak yang dianggap netral.