Awas, jangan konsumsi 7 makanan ini jika sedang tak fit

Walaupun makanan banyak yang mengandung zat dan vitamin menyehatkan tubuh, ada beberapa yang harus kamu hindari – terutama jika tidak sedang berada dalam kondisi fit. Pasalnya, ada banyak makanan yang tidak diproses dengan terlalu baik, hingga akhirnya justru bisa mendatangkan penyakit.

Contohnya adalah makanan-makanan atau jajan yang dijual di pinggir jalan maupun warung yang belum tentu terjamin kebersihannya. Meski bahannya berkualitas, belum tentu proses pemasakannya dilakukan dengan benar. Salah-salah, kamu nantinya bisa terserang diare, demam, atau bahkan tipus.

Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya kamu menghindari makanan tertentu ketika kondisi tubuh tidak sedang terlalu fit. Berikut NgeHits rangkum berbagai makanan yang harus kamu waspadai:

1. Kerang

Kerang via Narooma oyster festival
Kerang via Narooma oyster festival

Ada beberapa saran medis yang mengatakan bahwa kerang harus sebisa mungkin dihindari, karena makanan yang satu ini memiliki potensi untuk mengandung banyak bakteri dan mikroba.

2. Kecambah

Kecambah via Puregoodness
Kecambah via Puregoodness

Meski kecambah adalah bahan makanan yang sehat, mereka punya potensi besar menjadi pembawa masuk bakteri ke dalam tubuh – terutama jika tidak dibersihkan dengan baik. Jika kamu memang sedang ingin memakan kecambah, lebih disarankan memasaknya sendiri – terutama jika sedang tidak terlalu fit.

3. Sayuran

Sayuran via Longosblog
Sayuran via Longosblog

Berapa banyak di antara kamu yang gemar membeli sayuran kemasan di supermarket? Mulai sekarang, lebih baik kamu menghentikan kebiasaan itu dan mulai beralih ke sayuran segar, karena bahan makanan kemasan punya resiko lebih besar terjangkit bakteri.

4. Susu segar

Susu Segar via Activist post
Susu Segar via Activist post

Susu yang sudah direbus atau di pasteurisasi lebih bagus untuk tubuh. Meminum susu segar bagi beberapa orang mungkin terasa nikmat dan menyehatkan, namun juga terdapat kandungan parasit, bakteri, atau bahkan virus.

5. Telur mentah

Telur Mentah via Wisegeek
Telur Mentah via Wisegeek

Telur mentah bisa jadi mengandung salmonella, yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan tertentu. Meski tidak semua telur mengandung zat ini, lebih baik kamu menghindari dari resiko semacam itu bukan?

6. Daging

Daging mentah via Wisegeek
Daging mentah via Wisegeek

Jika kamu tak yakin dengan proses memasak sebuah masakan berbahan daging, maka lebih baik kamu tidak membelinya – ketimbang terkena resiko memakan makanan yang tidak diproses dengan baik.

7. Jus kemasan

Jus Segar via Grounded nutrition
Jus Segar via Grounded nutrition

Meski sudah berada dalam kemasan yang rapat dan mendapat sertifikasi dari berbagai pihak, dalam kasus tertentu jus kemasan juga bisa mengandung bakteri yang berbahaya. Akan jauh lebih baik untuk kesehatan jika kamu memilih meminum jus segar.

Ketika kondisi badan sedang tidak fit ada baiknya kita memang menjaga asupan makanan. Jangan lupa juga untuk perbanyak istirahat untuk mendapatkan kebugaran kita kembali. Kalau kamu punya pengalaman tentang makanan di atas, share dengan kita di kolom komentar yuk.