7 Mitos tentang bra yang harus kamu ketahui kebenarannya

Mungkin selama ini udah banyak banget mitos-mitos tentang kesehatan yang kamu dengar dari orang tua, dan ternyata terbukti salah. Dan gak cuma itu, terkadang sebagai cewek banyak juga mitos tentang hal-hal yang hubungannya dengan kewanitaan, salah satunya pemakaian bra.

Tapi NgeHits gak akan biarkan kamu percaya sama mitos yang ternyata gak benar. Ini beberapa mitos tentang penggunaan bra yang harus kamu ketahui kebenarannya.

1. Tidur menggunakan bra mengakibatkan kanker dan menghambat pertumbuhan payudara

Tidur pakai bra via examiner

Mungkin kamu salah satu cewek yang memutuskan untuk tidak memakai bra waktu tidur. Karena dengar-dengar kalau tidur dengan memakai bra adalah suatu hal yang berbahaya dan dapat menyebabkan kanker. Tapi ternyata hal ini salah besar, girls! Dr. Amber Guth yang bekerja di Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship menyatakan bahwa yaitu tidak ada bukti yang dapat membutikan pemakaian bra saat tidur adalah suatu hal yang buruk.

2. Tidur menggunakan bra dapat mengencangkan payudara

Bra dan payudara kencang via gadogadohealth

Adalah suatu persepsi yang salah jika kamu percaya dengan mitos yang bilang bahwa menggunakan bra saat tidur bias membuat payudara kamu kencang. Sayangnya, ternyata tidur menggunakan bra tidak akan memutasi sel, atau mengatasi payudara mengendur di suatu hari. Dr. Dan Miils, wakil presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery menyatakan bahwa bra akan menampang payudara untuk memberikan bentuk dan tampilan yang diinginkan, tetapi tidak bisa mencegah pengenduran yang diakibatkan oleh pertambahan usia dan gravitasi. Jadi, terima kenyataan dengan lapang dada ya, girls.

3. Kamu bisa mengencangkan payudaramu dengan olahraga yang teratur

Olahraga via zando

Meskipun kamu melakukan beratus-ratus kali push-up atau pull-up dan juga mengangkat beban berpuluh-puluh kilogram, penampilan payudara akan tetap seperti itu. Hal itu disebabkan karena payudara terbuat dari lemak, dan kamu tidak bisa membentuk lemak. Eits bukan berarti tidak ada gunanya berolahraga! Yang dapat kamu lakukan adalah dengan memfokuskan olah ragamu pada bagian dada. Menurut Anne Taylor, MD, seorang asisten profesor opererasi plastik di Universitas Negeri Ohio, beberapa gerakan olahraga bisa membantu mempercantik penampilan daerah dada dengan mengencangkan ligament di sekitarnya.

4. Jangan terlalu sering mencuci bra

Mencuci bra via gurl

Pernahkah kamu bingung seberapa sering kamu harus mencuci bra mu? Apakah setiap hari? Atau seminggu sekali? Atau kamu tidak ambil pusing dan akhirnya membeli banyak bra sebagai persediaan.

Menurut seorang “ahli” pakaian dalam eBay, masalah seberapa sering kamu harus mencuci bra tergantung pada gaya hidup dan kebersihan . Pada umumnya bra dapat dipakai beberapa kali sebelum dicuci. Namun, beberapa perempuan mengeluarkan keringat yang lebih, maka perlu untuk mencuci branya lebih sering. Tetapi juga bukan berarti kamu harus mencuci bra yang kamu pakai setiap hari.

Salah seorang produk analisis di Good Housekeeping, Lexie Sachs, berpendapat bahwa mencuci bra normalnya pada setelah tiga sampai empat kali pemakaian. Tetapi jangan menunggu sampai menjadi bau. Dengan mencuci bra, minyak dan kuman yang terakumulasi akan terbilas bersih. Jadi, semakin banyak kamu memproduksi minyak (atau juga berkeringat) semakin sering kamu harus mencuci bra.

6. Bra akan rusak jika dicuci menggunakan mesin cuci

Mencuci dengan mesin cuci via home

Memang yang terbaik adalah mencuci bra kamu dengan tanganmu sendiri dan kemudian jemur hingga benar benar kering. Tetapi tidak ada salahnya mencuci menggunakan mesin cuci. Menurut Cosmopolitan.com, selama kamu berhati-hati dan menggunakan perlengkapan yang tepat, seperti deterjen yang lembut misalnya, dan menjemur bra hingga kering, kamu tidak akan merusak pakaian dalammu. Karena jika tidak, kamu akan merusak kain dan juga pengkaitnya. Jangan lupa untuk melihat label yanga ada, karena beberapa bra memerlukan perlakuan khusus saat mencucinya.