7 Simbol yang berubah makna di jaman modern

Berasal dari kata Symballo yang berarti melempar bersama-sama, simbol dapat didefinisikan sebagai sebuah ide atau obyek yang mewakili sebuah konsep. Yang paling kita kenal misalnya, simbol tangan berbentuk V. Simbol ini biasa dikaitkan dengan victory alias kemenangan dan peace alias perdamaian. Padahal jika meruntut pada sejarah aslinya, simbol tersebut adalah ejekan dari pemanah Inggris pada pasukan Perancis pada Hundred Years’ War. Pasukan Perancis biasanya memotong dua jari pemanah Inggris agar mereka tidak bisa menyerang.

Selain itu, masih banyak simbol yang sudah ada sejak jaman dulu tapi di masa modern mengalami pergeseran makna. Seperti yang akan Ngehits rangkumkan di bawah ini.

1. Jempol keatas

via likesup com
via likesup.com

Mengacungkan jempol ke atas banyak diartikan sebagai tanda sesuatu yang positif, seperti tombol like yang ada di Facebook. Padahal pada Perang Dunia ke-2, simbol ini digunakan pilot untuk berkomunikasi dengan tim di daratan sebelum lepas landas.

2. Jari tengah

midfing via pinterest com
via pinterest.com

Di masa modern, mengacungkan jari tengah mengartikan kemarahan, rasa kesal dan juga protes. Jika kembali di jaman Yunani kuno, simbol ini ternyata berkaitan dengan hubungan intim dan kesuburan. Jari tengah diyakini mewakili phallus atau obyek sakral yang menyerupai alat kelamin pria.

3. Swastika

swastika elephant via ufo-contact com
via ufo-contact com

Di sebagian besar negara Barat, swastika dianggap sama dengan nazisme, fasisme dan rasisme. Padahal ini adalah simbol suci dalam tradisi umat Hindu. Swastika sendiri adalah simbol untuk Swastyastu atau semoga dalam keadaan baik.

4. Bentuk hati

hati via pinterest com
via pinterest com

Simbol ini sering dikaitkan dengan perasaan, hubungan dan perayaan cinta. Padahal di Yunani kuno simbol ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan cinta atau romansa. Simbol bentuk hati ini merupakan simbol untuk silphium, sejenis adas yang pernah tumbuh di pesisir Afrika Utara dekat perkampungan Mesik, Cyrene. Silphium sendiri digunakan sebagai perasa makanan dan obat, tapi lebih sering digunakan untuk alat pengontrol kehamilan atau kontrasepsi.

5. Tangan heavy metal

devil horn via rockremembers com
Tangan metal via rockremembers.com

Penggemar musik rock atau heavy metal pasti akrab dengan simbol ini. Simbol ini seperti menjadi identitas mereka yang menjadi pemusik, pendengar dan pengagum jenis musik keras tersebut. Simbol yang di masa modern dipopulerkan oleh Ronnie James Dio ini ternyata bernama asli Karana Mudra. Penemunya, Sidharta Gautama menggunakan simbol ini untuk menangkal hal-hal jahat.

6. Tangan mengepal

USA: Demonstrators March In National Day Of Action On Immigrant Rights
via huffingtonpost.com

Sering diartikan sebagai tanda semangat, dukungan dan solidaritas, simbol ini juga kadang berarti kekuatan, kesatuan dan perlawanan. Hingga secara internasional, simbol ini diambil dan dikaitkan dengan konsep sekelompok orang yang merasa ditekan. Awalnya, simbol hormat ini adalah simbol perlawanan untuk kekerasan di Asiria kuno.

7. Mata satu

all seeing eyes via wakingtimes com
via wakingtimes.com

Iluminasi, freemason, konspirasi penaklukkan dunia selalu jadi hal yang dikaitkan dengan all seeing eye atau mata ilahi. Padahal, simbol yang biasanya berbentuk segitiga dan dikelilingi cahaya ini adalah simbol untuk ‘mata Tuhan’ yang mengawasi dan melindungi manusia.

Dengan alasan dan keadaan tertentu bahkan sebuah simbol bisa mengalami pergeseran makna. Ada yang masih berkaitan, ada juga yang tidak berkaitan sama sekali. Di antara 7 simbol yang ada di atas, mana yang menurutmu masih eksis dan digunakan di jaman modern?