8 Resep menyembuhkan mata bintitan

Untuk beberapa orang, penyakit mata bintitan memang bukan hal yang asing lagi. Penyakit yang satu ini selalu bikin gak nyaman walaupun memang tidak terlalu sakit. Rasanya gak pede kalau mau keluar dengan keadaan kelopak mata yang bengkak dan kemerahan. Sebab dari bintitan adalah bisa dikarenakan stress, atau minyak yang bercampur dengan bakteri dan menumpuk.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan kalau terkena mata bintitan, sering-seringlah membersihkan muka dan jangan menggunakan make up terutama di daerah mata. Dan berikutnya, kamu bisa ikuti salah satu tips dari NgeHits untuk menyembuhkan mata bintitan.

1. Kantong teh

Kantung teh via crafthubs

Kamu bisa pakai kantung teh hijau atau hitam untuk menyembuhkan bintitan sekaligus menambahkan antioksidan lo. Caranya, panaskan air sampai mendidih, kemudian dinginkan sampai suhu yang bisa berterima dengan kulitmu. Kemudian celupkan kantung teh ke dalam air, dan tempelkan pada mata yang sakit selama 10 menit. Ulangi 5 kali dalam sehari.

2. Cuka apel

Cuka apel via healtheatingfood

Kamu bisa gunakan berbagai merek cuka apel yang tersedia di pasaran, tapi lebih baik gunakan cuka apel organik. Untuk menyembuhkan penyakit mata bintitan, campurkan 1 bagian cuka apel dengan air matang yang sudah didinginkan, kemudian simpan larutan dalam lemari pendingin selama 3 jam. Setelah itu gunakan kain bersih untuk mengkompres mata yang sakit dengan cairan tersebut. Ulangi 5 kali dalam sehari.

3. Garam

Garam via ozgarcia

Garam memiliki sifat yang dapat menyembuhkan secara cepat, dan juga mampu menghilangkan nanah sehingga bisa meredakan bengkak pada mata. Gunakan bahan dapur ini sebagai obat dengan cara melarutkan satu sendok teh garam dalam 250 ml air sulingan. Gunakan kain bersih untuk mengompres dan ulangi selama beberapa jam.

4. Daun chamomile

Daun chamomile via recipegreat

Untuk mendapatkan bahan ini, kamu bisa peroleh di supermarket besar dalam bentuk teh yang sudah dimasukkan dalam kantung. Masukkan satu kantong teh chamomile ke dalam air panas seperti layaknya menyeduh teh. Kemudian gunakan kain bersih untuk mengompres mata dengan larutan teh daun chamomile tersebut.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa via prosourcecoconut

Wah minyak kelapa ini memang sangat berkhasiat ya, tidak hanya bisa dipakai sebagai produk perawatan kulit dan wajah, ternyata juga bisa bermanfaat untuk mengobati mata bintitan. Pertama, bersihkan muka dan tanganmu sampai bersih. Kemudian, oleskan minyak kelapa pada bengkak, dan biarkan sampai minyak meresap dalam kulit. Ini bisa diulangi berkali-kali, tapi selalu pastikan minyak sudah meresap dan baru oleskan minyak lagi.

6. Tea tree oil

Tea tree oil via stylecraze

Tea tree oil merupakan bahan yang dikenal sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Dan ternyata juga bisa kamu pakai untuk mengobati mata bintitan. Caranya, campurkan 1 sendok makan cairan tea tree oil pada 2 sendok makan air matang yang sudah didinginkan. Simpan dalam lemari pendingin selama 2 sampai 3 jam. Gunakan kain bersih sebagai kompres, dan ulangi 2-3 kali sehari.

7. Lidah buaya

Lidah buaya via besthealthmag

Jangan pernah meragukan khasiat dari tanaman yang satu ini. Ternyata selain baik untuk rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan mata bintitan. Kandungan anti bacterial nya bisa meredakan kemerahan dan pembengkakan pada mata. Untuk memanfaatkannya sebagai obat kamu harus cari tanaman lidah buaya, kemudian potong dan keluarkan gel yang ada di tengahnya. Kemudian oleskan gel tersebut pada bintit dan ulangi 4 kali dalam sehari.

8. Kompres air hangat

Kompres air hangat via findhomeremedy

Jika kamu kesulitan untuk mencari bahan atau meluangkan waktu membuat resep di atas, kamu bisa gunakan cara terakhir yang paling sederhana ini. Paling tidak dibutuhkan waktu 4 hari untuk menyembuhkan mata bintitan dengan mengompresnya. Caranya panaskan air sampai hangat, kemudian celupkan kain dan peras sampai cukup lembab. Gunakan sebagai kompres selama beberapa kali.