8 Alasan ngopi setiap hari itu sehat

Akhir-akhir ini kata-kata “Ngopi yuk!” sudah jadi ajakan sehari-hari di kalangan mahasiswa atay anak muda. Mulai dari kopi yang secangkir harganya 3000 rupiah, sampai yang harganya ratusan ribu pun dibela-belain. Dari mulai ngopi di emperan pinggir jalan, hingga di pusat perbelanjaan. Buat kamu yang masih belum terbiasa ngopi, atau punya pikiran tentang kebiasaan ngopi, NgeHits bakal kasih alasan kenapa kebiasaan ngopi itu sehat buat kamu.

1. Ngopi ternyata bikin pintar

Kopi bikin pintar via ytimg

Nah, siapa coba yang ga mau tambah pintar? Ternyata, kafein adalah stimulant psikoaktif. Saat kamu minum kopi, kafein akan menuju sistem pencernaanmu, kemudian ke peredaran darah, dan kemudian ke otak. Kafein memblokir salah satu neurotransmitter inhibitori, Adenosine. Ini mengakibatkan meningkatnya neurotransmitter yang lain, yaitu norepinephrine dan dopamine, membuat neuron dalam otakmu bekerja lebih cepat. Neuron dan bahan kimia kemudian bergabung untuk meningkatkan mood, energy, memori, respon, dan fungsi kognitif umum lainnya.

2. Ngopi terbukti bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2

Kopi dan diabetes via superfood

Kebiasaan minum kopi hitam (kopi dengan sedikit atau tanpa gula) bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2. Penelitian membuktikan bahwa penurunan resiko diabetes hingga 22% untuk mereka yang menyeduh kopi hingga 6 cangkir sehari. Penelitian terkini yang dilakukan di Harvard oleh Dr. Frank Hu menunjukkan bahwa resiko diabetes tipe 2 menurun hingga 9% setiap secangkir kopi yang dikonsumsi tiap hari. Menarik bukan?

3. Menurunkan resiko depresi

Kopi bikin seneng via ninefinestuff

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ngopi meningkatkan dopamine pada otak. Dopamine sering disebut sebagai “Pleasure Chemical” atau kimia yang dapat meningkatkan kebahagiaan, maka masuk akal jika kebiasaan minum kopi akan menurunkan depresi. Diperkuat dengan penelitian yang dilakukan selama sepuluh tahun oleh 86.000 perawat wanita menunjukkan penurunan resiko bunuh-diri pada peminum kopi. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Harvard menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 4 cangkir atau lebih memiliki kemungkinan 20% lebih rendah untuk menderita depresi. Jika kamu menemukan temanmu yang dilanda depresi, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.

4. Mengurangi resiko terkena Parkinson

Kopi mencegah Parkinson via womensbrainhealth

Parkinson adal penyakit kelainan pergerakan yang kronis dan progresif, yang berarti bahwa penyakit ini terus memburuk. Gejala utamanya berbeda pada tiap orang, yaitu tremor, lambatnya pergerakan, kekakuan pada sendi, masalah keseimbangan. Belum ada pengobatan dan operasi yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

Ditemukan bahwa ternyata orang dengan penyakit Parkinson ini kebanyakan bukan perokok dan peminum kopi. Penelitian di Swedia menemukan bahwa meminum kopi dapat mengurangi resiko Parkinson meskipun ada peran dari faktor genetik. Lagi-lagi, hal ini disebabkan oleh peningkatan dopamine yang disebabkan oleh kopi, karena dopamine mengurangi resiko berkembangnya Parkinson.

5. Bisa membuat kamu lebih rileks

Ngopi bikin santai via skinnymom

Bahkan hanya dengan menghirup aroma kopi bisa membuatmu lebih tenang. Sebenarnya, cara bekerjanya ialah dengan mengganti komposisi protein dalam otak yang dikaitkan dengan stress, terutama stress sebagai akibat dari kekurangan tidur. Jika kamu sering susah untuk tidur, coba untuk ngopi di pagi hari.

6.Meningkatkan metabolisme hingga 11%

trim-and-fit-diet-coffee-PHPS1541-Product-
Diet dengan kopi via dealdey

Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan cara yang tidak terlalu menyiksa, coba minum kopi. Sebagai salah satu substansi yang dikaitkan dengan penurunan berat badan, kafein juga ditemukan pada hampir semua suplemen pembakar lemak dan penurunan berat badan. Tapi ini bukan berarti bahwa kamu bisa mengganti olah raga dengan hanya duduk-duduk sambal minum kopi. Jika ingin hasil yang maksimal, berolahraga dan minum kopi akan membuatmu lebih sehat, dan juga lebih happy.

7. Menurunkan resiko beberapa penyakit kanker

Kopi adalah anti kanker via livemorehappy

Kopi dapat menurunkan tingkat enzim liver dan menurunkan resiko kanker usus besar. Karena liver dan usus besar adalah penyakit kanker yang menduduki peringkat ke tiga dan ke empat penyebab kematian di dunia, ini sangat beguna. Kopi juga mengurangi resiko kanker kulit, jika kamu wanita, hingga 20%. Peneliti di California menemukan bahwa mengkonsumsi 1-3 cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko kanker liver hingga 29%.

8.Kopi bisa mendukung kegiatan olahragamu.

Kopi dan olahrga via coffeeplanet

New York Times melaporkan bahwa para ahli dan atlet sudah mengetahui bahwa secangkir kopi sebelum olahraga meningkatkan performa mereka, terutama pada olah raga daya tahan seperti lari dan bersepeda. Kafein meningkatkan jumlah asam lemak pada peredaran darah, yang membuat otot para atlet menyerap dan membakar lemak tersebut menjadi bahan bakar. Hal ini berakibat pada penyimpanan karbohidrat, sehingga tidak cepat lemas.

Masih banyak manfaat dari ngopi, seperti mencegah kerusakan retina, asam urat, Alzheimer, mengurangi rasa sakit, dan masih banyak lagi yang lain. Tunggu apa lagi? Ayo ngopi!