Dua jempol buat orang jepang, 5000 orang bisa antri dengan teratur

Jepang dikenal luas sebagai negara dengan tingkat disiplin yang tinggi. Saking disiplin dan teraturnya, dalam video yang disajikan berikut ini terlihat betapa rapi dan indahnya barisan para warga Jepang. Video ini diunggah pada 2012 lalu namun menjadi viral belakangan ini. Video berdurasi 1 menit 50 detik ini telah dilihat sebanyak 382.296 kali.

Video tersebut merekam antrian peserta acara Comiket. Peserta sejumlah 5.000 orang dapat memasuki venue dengan teratur dan sesuai urutan. Acara Comiket sendiri merupakan even pameran komik terbesar di Tokyo yang diadakan dua kali dalam setahun.

Tak heran banyak pujian mengalir pada orang Jepang yang memiliki jiwa taat peraturan yang tinggi ini. Tak hanya dalam video ini, budaya berbaris tertib juga dilakukan orang Jepang dalam acara-acara lain misalnya: berbaris mengantre untuk mendapatkan suplai makanan ketika mereka terkena bencana tsunami dan lain sebagainya.

Bisa dibayangkan kan bagaimana aman dan tentramnya apabila semua orang bersedia sabar mengantre? Kalau sistem antre seperti video tersebut diterapkan di Indonesia mungkin tak akan ada korban terinjak ketika mengantre nonton konser atau mendapatkan BLT bukan?