Awas, Bawa HP ke toilet ternyata bisa undang bahaya

Smartphone atau tablet tampaknya sudah jadi gadget yang tidak bisa lepas dari kegiatan kita sehari-hari. Hampir di tiap kesempatan, kapan pun dan dimanapun, kita akan berusaha keras agar tidak sampai lepas dari gadget kesayangan. Disadari atau tidak, kita bahkan juga gak ragu membawa smartphone saat sedang berada di toilet. Umumnya sih, hanya untuk sekedar mengusir rasa bosan dengan browsing atau mendengarkan musik.

Tapi jangan salah. Meski terlihat sepele, kebiasaan seperti ini ternyata bisa mengundang bahaya yang tidak terduga. Menurut penelitian para ahli di Universitas Arizona, 9 dari 10 smartphone bisa berfungsi sebagai media penularan virus dan juga penyakit yang disebabkan oleh mikroba. Sebagaimana dilansir oleh Pupltastic, bakteri-bakteri yang dikhawatirkan hingga di smartphone ternyata bisa memancing terjadinya penyakit mematikan, seperti novo, salmonella, shigella, hepatitis A, hingga e-coli.

Young woman checking social media on the toilet
Young woman checking social media on the toilet

Jika kamu masih bingung bagaimana sebuah smartphone bisa menyebarkan penyakit, bayangkan saja kamu baru selesai buang air kecil atau besar. Tak lama kemudian, kamu mencuci tangan dan memegang hp yang kamu bawa. Namun tahukah kamu bahwa sebelumnya hp-mu sudah terpapar berbagai macam kotoran, sebelum kamu membersihkan tangan dengan sabun?

Bahkan saking parahnya kemungkinan penyebaran kuman dan bakteri via smartphone, para peneliti sampai mengambil kesimpulan ekstrim dengan mengatakan, kotoran saat ini tidak lagi berakhir di toilet, namun di mulut kita sendiri. Hmm, cukup menjijikkan jika dibayangkan ya?

Nah, karena kamu sudah tahu bahayanya membawa smartphone ke tolet, jangan ulangi lagi kebiasaan ini di masa depan. Jangan lupa share pula artikel ini ke orang-orang yang kamu sayangi, agar mereka bisa senantiasa menjaga kesehatan dan kondisi tubuh.