Bahaya jus lemon yang mungkin belum kamu tahu

Meminum jus amat disarankan bagi kamu yang ingin menjaga asupan vitamin untuk tubuh. Salah satu jus yang bagus untuk kesehatan adalah jus lemon, yang dipercaya bisa membersihkan sistem pencernaan dari zat-zat berbahaya atau senyawa yang tidak dibutuhkan.

Namun tahukah kamu bahwa meminum jus lemon secara berlebihan justru bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya? Jus lemon memiliki kandungan asam yang bisa memberikan dampak kurang mengenakkan bagi orang-orang yang tak terlalu tahan dengan rasa asam.

Berikut NgeHits rangkum enam efek berbahaya jus lemon, yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya:

1. Masalah ginjal

Masalah Ginjal via Imgur
Masalah Ginjal via Imgur

Potongan lemon mengadung oksalat. Ketika di dalam tubuh terdapat banyak konsentrasi oksalat, zat ini lambat laun akan mengkristal dan mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya batu ginjal dan infeksi ginjal. Oksalat juga mengganggu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh.

2. Sering buang air kecil

Sering Buang Air Kecil via Incontinence
Sering Buang Air Kecil via Incontinence

Lemon dikenal mengandung zat yang bisa memperlancar pengeluaran urin, dengan mempercepat produksi urin oleh ginjal. Hal ini akan membantu tuibuh mengeluarkan kelebihan sodium dan racun dengan cepat. Namun demikian, jika dikonsumsi terlalu banyak, jus lemon justru membuat kamu terlalu sering buang air kecil.

3. Sakit perut

Sakit Perut via The Healthology
Sakit Perut via The Healthology

Tingginya level asam dalam segelas jus lemon bisa membuat perut terasa sakit hingga just tersebut benar-benar selesai dicerna tubuh. Hal ini bahkan bisa mengakibatkan perut terasa perih. Namun kamu bisa meringankannya dengan banyak-banyak minum air putih.

4. Mulas

Mulas via YouTube
Mulas via YouTube

Meminum jus lemon terlalu banyak bisa jadi akan mengakibatkan perut terasa mulas. Mulas pada akhirnya akan bisa mengakibatkan nyeri pada hati. Cegah gejala ini terjadi dengan menghindari makanan atau minuman yang banyak mengandung asam, terutama jika kamu merasa tubuhmu tidak terlalu kuat dengan makanan seperti itu.

5. Maag

Maag via YouTube
Maag via YouTube

Kandungan asam yang ada di dalam jus lemon bisa mengakibatkan iritasi pada lapisan esofageus. Meningkatnya kadar keasaman bisa menimbulkan efek yang sama pada laposan perut dan membuat maag tidak bisa hilang secara sempurna.

6. Pengikisan gigi

Sakit Gigi via 4Bp
Sakit Gigi via 4Bp

Mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang mengandung asam, seperti jus lemon, bisa mengakibatkan gigi terlalu sering terpapar asam. Hal ini akan mengikis lapisan email yang ada di permukaan gigi dan membuat gigi kamu jauh lebih sensitif terhadap makanan panas atau dingin.