Beberapa manfaat luar biasa pasta gigi yang belum kamu ketahui

Pasta gigi, atau yang lebih dikenal dengan nama kerennya “Odol”, adalah pasta atau gel yang digunakan bersama sikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi. Tetapi, ternyata kegunaan pasta gigi ini nggak cuma berenti sampai gigi aja nih. Kamu mungkin pernah menggunakan pasta gigi untuk mengobati luka bakar. Nah, untuk mengetahui apa aja sih manfaat lain dari pasta gigi ini, yuk disimak tulisan dari NgeHits berikut.

Membersihkan kaca lampu mobil

perbedaan sesudah dan sebelum dibersihkan via instructables
perbedaan sesudah dan sebelum dibersihkan via instructables

Kaca lampu mobil yang baru, lambat lahun pasti akan kotor yang disebabkan oleh sinar UV. Nah, dari pada mahal-mahal memberi kaca lamu mobil yang baru lagi, buang-buang uang, bukan? Ternyata pasta gigi sudah terkenal keampuhannya untuk membersihkan kaca lampu mobil yang sudah membuat nyala sinar lampu mobil ini redup.

Cukup tuang pasta gigi secukupnya pada kain halus, kemudian setelah itu gosok pada bagian kaca lampu mobil yang kotor, pastikan semua bagian tergosok, kemudian bilas dan kemudian lap sampai kering.

Memperbaiki goresan pada CD atau DVD

Kaset PS 1 via psxplanet
Kaset PS 1 via psxplanet

Mungkin CD atau DVD bukan lagi barang yang digunakan sehari-hari. Tetapi, buat kamu yang masih menggunakan kaset CD atau DVD, seperti bermain PlayStation, mendengarkan musik, menonton film, pasti kamu akan berhadapan yang namanya “kaset macet” atau kasetnya tidak bisa terbaca oleh mesin pemutar. Solusinya ada di kamar mandi kamu! Kamu bisa membuatnya terbaca kembali dengan membersihkannya menggunakan pasta gigi.

Caranya hampir sama dengan yang sebelumnya, cukup tuangkan pasta gigi pada kain halus, kemudian bersihkan bagian bawah CD atau DVD kamu. Dan kasetmu pun dapat kamu nikmati kembali. Ini berguna banget bagi para hardcore gamers, yang udah tua masih main PS dirumah. Karena mencari kaset PS sudah mulai langka.

Menghilangkan noda

noda kopi via birchbox
noda kopi via birchbox

Hampir semua pasta gigi mengandung bubuk titanium dioksida dan baking soda untuk pemutih gigi, yang sangat baik untuk menghapus noda kopi dan rumput. Untuk menghilangkan noda dari baju atau karpet, gunakan sikat gigi yang kaku dan pasta gigi yang bukan gel (pastikan tidak menganduk hydrogen peroxide, karena bisa melunturkan kain) dan juga air kemudian tuangkan pasta gigi pada noda, kemudian sikat sampai bersih, kemudian bilas.

Memoles perak dan perhiasan lainnya

Perhiasan perak
Perhiasan perak via mynahstree

Untuk menginclongkan perak atau perhiasan lainnya, bersihkan dengan sikat gigi yang lembut dan juga dengan pasta gigi putih. Sikat dengan menggunakan kain lembut untuk mengembalikan kilauan dari perhiasanmu.

Penghilang bau di tangan

membersihkan tangan dengan pasta gigi via tellpk
membersihkan tangan dengan pasta gigi via tellpk

Benci dengan bekas bau yang menempel di tanganmu? Bau bawang, ikan, daging, atau bahkan oli motor bagi kamu yang suka otomotif. Tahukah kamu bahwa kamu bisa menghilangkan bau-bau yang kurang sedap tersebut dengan pasta gigi? Cukup basuh tanganmu dengan air, kemudian gunakan pasta gigi sebagai pengganti sabun tanganmu. Memang terdengar aneh, tapi tunggu sampai kamu mencobanya sendiri. Bau-bau tidak sedap tadi akan seketika hilang setelah kamu mencuci tanganmu dengan pasta gigi. Kamu juga bisa mencoba hal ini untuk membersihkan termos atau botol bayi.

Membersihkan bercak air pada furnitur yang terbuat dari kayu

bercak cincin via womensfreesamples
bercak cincin via womensfreesamples

Ini adalah suatu hal yang tidak dapat dipungkiri. Karena sebagian besar meja terbuat dari kayu, dan akan meninggalkan bercak yang terlihat seperti cincin ketika terkena gelas yang berisi air. Charles dan Hudson, ahli perbaikan rumah telah mencoba beberapa cara untuk membersihkan ‘bercak cincin’ ini. mulai dari menggunakan baking soda, mayonnaise, dan pasta gigi. Dan ternyata yang paling ampuh adalah dengan menggunakan pasta gigi.

Mengobati luka bakar dan gigitan serangga

mengobati luka bakar via wikihow
mengobati luka bakar via wikihow

Ini mungkin yang sudah sering kalian lakukan. Kegunaan pasta gigi jika tidak untuk gosok gigi, ya untuk mengobati luka bakar. Hal ini ternyata disebabkan oleh bahan anti-peradangan yang dimiliki oleh pasta gigi, seperti menthol dan baking soda yang memberikan kulitmu sensasi dingin.