Hati-hati! Pembohong biasanya punya 5 ciri-ciri seperti ini

Hidup mungkin saja bisa jadi lebih mudah dan damai jika semua orang bisa mengatakan apa yang mereka inginkan dan rasakan. Namun ya kita tahu bahwa tidak semua orang bisa bersikap frontal. Sebagian melakukan kebohongan demi alasan dan tujuan tertentu, seperti memuaskan pendengar misalnya. Walau begitu, kebiasaan berbohong jelas bukan kebiasaan yang baik.

Berbohong tentu saja merugikan diri sendiri maupun orang lain. Makin dibiasakan, makin pula berbohong jadi rutinitas. Mereka yang biasa berbohong bisa jadi hidup dalam imajinasi kebohongan yang mereka ciptakan. Karena itu, kamu harus tahu seperti apa ciri mereka yang berbohong agar tahu bagaimana mengatasinya.

1. Selalu gugup

nervous via riffsy com
Keringetan via riffsy.com

Mereka selalu waspada jika seseorang tahu kebenaran dari bualan yang mereka ciptakan. Ketakukan dan sikap waspada itu yang membuat mereka selalu terlihat gugup, mungkin juga sampai keringetan.

2. Ceritanya berubah-ubah

cerewet via howhyshere com
via howhyshere com

Ingatan seorang pembohong biasanya tidak konsisten, sering berganti. Mereka umumnya hanya ingat poin-poin tertentu saja. Karena itu tidak heran jika cerita mereka sering berubah-ubah sebab imajinasi yang berkembang pula. Tanya saja secara detail, mereka pasti kelabakan membuat kebohongan baru atau mengulang kebohongan yang sudah diceritakan.

3. Suka mengoceh

blair waldorf via popkey co
Blair Waldorf via popkey.co

Mengoceh dijadikan senjata oleh si tukang bohong agar pendengar mereka teralihkan perhatiannya dan tidak mengulik-ulik tentang detail ceritanya.

4. Cepat mengganti topik

next gif via buzzfeed com
via buzzfeed.com

Ketika pembicaraan mulai tidak jelas dan pembohong mulai kesulitan bercerita, mereka biasanya akan dengan cepat mengganti topik agar kamu tidak tahu kebohongan yang baru saja terjadi. Topik-topik tertentu akan dihindari, mereka hanya akan banyak bicara di obrolan yang mereka kuasai.

5. Menghindari kontak mata

eye contact via shemazing net
via shemazing.net

Saat berbicara bahkan berdua, pembohong akan sangat menghindari kontak mata sebab ia memiliki rasa bersalah dan waspada karena sudah berbohong. Kalau ia sering menunduk, melihat ke arah lain atau pura-pura pakai gadget saat membicarakan topik tertentu bisa saja ia tidak berkata atau menjawab jujur.

Apakah kamu pernah melakukan atau mengetahui 5 ciri di atas? Hayo.. Jangan keringetan gitu dong!