Ikut bangga, desainer ruang pesta Oscar ternyata dari Indonesia

Gelaran Oscar sudah berakhir, tapi tahu nggak Anak Hits, kemegahan Governors Ball 2016 untuk perayaan Oscar kemarin adalah hasil karya desainer asal Indonesia. Irma Hardjakusumah namanya, desainer asal Indonesia yang merancang ruangan pesta Oscar untuk kedua kalinya di tahun ini.

Ruangan hasil desain Irma akan digunakan sebagai tempat pesta Oscar yang diisi 1500 tamu terdiri dari pemenang tahun ini, peraih nominasi, pembawa acara dan para artis yang akan tampil di panggung Oscar. Pesta megah ini baru digelar setelah malam penghargaan Oscar berakhir.

Konsep desain ruang pesta kali ini, Irma ditantang untuk bisa memasukkan unsur seni karikatur ke dalam desain ruangannya, seperti dikutip Ngehits dari VOA Indonesia. Konsep ini berbeda dengan tahun lalu, ketika Irma diminta mendesain ruang pesta dengan menampilkan imej Hollywood tempo dulu.

Ruang pesta Oscar hasil rancangan Irma via bizbash
Untuk konsep tahun ini datang dari Ide awal ini datang dari ketua penyelenggara pesta Governors Ball, Jeffrey Kurland. Menurut Irma, Kurland terinspirasi dari restoran terkenal di Hollywood.

“Dia ingin menghadirkan suasana yang serupa dengan restoran Sardi‚Äôs atau Brown Derby (di Hollywood) yang banyak memajang karikatur bintang-bintang film, tentang film atau movie culture secara keseluruhan,” ucap Irma kepada VOA.

Ruang pesta oscar Irma via Jakartapost
Ruang pesta oscar Irma via Jakartapost

Tantangan berlanjut bagi Irma untuk bisa meramu beragam keinginan yang datang dari para anggota tim penyelenggara pesta. Demi mencari inspirasi, Irma pun banyak menggali pengetahuan pop culture dipadukan dengan desain interior khas Hollywood, proses ini sudah dimulai sejak Oktober tahun lalu.

Sejak Oktober, proses perancangan ruang pesta dimulai dari pembahasan ide hingga menjadi sebuah sketsa. Akhirnya pembangunan ruangan bisa dimulai pada Desember 2015.

irma-oscar-suara
Irma Hardjaksumah via Suara.com

Tak hanya mengurusi desain interior saja, Irma bersama dengan timnya juga ikut bertanggung jawab di keamanan ruangan. Di setiap pojok ruangan tak lepas dari pengawasan untuk menghindari adanya pemicu kebakaran.

Sedangkan untuk menu makanan di pesta Oscar ini, tak terlewatkan menu ikonik berupa ikan Salmon mentah berbentuk Piala Oscar dihiasi kaviar. Koki beken Wolfgang Puck juga masih menjadi koki di acara ini, sama seperti 22 tahun terakhir bersama dengan 350 karyawannya yang menampilkan lebih dari 50 menu.