Di China telur ayam direbus dengan air seni, katanya lebih bergizi

Jika mencari hal unik, negara China adalah sumbernya. Di sebuah daerah bernama Dongyang, provinsi Zhejiang, ada sebuah menu makanan yang tidak biasa. Telur rebus. Tapi bukan telur rebus biasa, melainkan telur yang direbus dengan air seni.

Kamu gak salah baca, karena di atas memang ditulis air seni yang dipakai untuk merebus telur.  Air seni yang dipakai juga bukan sembarangan, melainkan dari bocah laki-laki saja. Karena itu juga telur rebus ini dapat julukan virgin eggs atau telur rebus perjaka. Masyarakat lokal menyebut menu yang muncul di musim semi ini sebagai tong zi dan atau boy egg.

Untuk mendapatkan citarasa yang khas, telur pertama direndam di dalam kuali berisi air seni kemudian dipanaskan.

Sumber Gambar : http://www.ministryoftofu.com

Sumber gambar

Setelah beberapa saat, telur dikupas dan direbus kembali dengan air seni yang baru. Proses perebusan bisa makan waktu seharian lho.

Sumber Gambar : http://www.whatsonxiamen.com

Menurut mereka yang sudah sering makan telur rebus perjaka ini, rasa telur sangatlah lezat. Bahkan, seorang pelanggan bernama Liu mengaku bisa makan 10 telur rebus perjaka dalam satu hari!

Sumber Gambar : http://www.ministryoftofu.com

Lalu darimana air seni didapatkan?

Sumber Gambar : http://www.ministryoftofu.com

Di SD daerah tersebut sudah tersedia ember-ember untuk menampung air seni yang nantinya akan diambil oleh restoran lokal. Dan demi menjaga pasokan air seni, para guru sering mengingatkan murid-murid khususnya murid pria untuk kencing di ember yang ada di lorong depan kelas.

Katanya sih, telur rebus ini punya rasa yang enak. Masyarakat Dongyang juga mengklaim kalau tong zi dan lebih bergizi dan bagus untuk kesehatan daripada telur rebus biasa. Namun dokter modern meragukan klaim tersebut.