Waduh, teh hijau ternyata punya 6 efek samping merugikan

Teh Hijau dipercaya mengandung banyak antioksidan, yang bisa membantu mengurangi berat badan dengan cepat. Itu sebabnya, saat ini teh hijau merupakan salah satu minuman yang populer, terutama di kalangan wanita.

Selain itu, Teh Hijau juga dipercaya lebih menyehatkan dan menyegarkan. Namun begitu, bukan berarti kamu bisa terus-terusan mengonsumsi Teh Hijau tanpa merasa khawatir. Pasalnya, minuman satu ini juga bisa membuat tubuhmu mengalami efek samping yang merugikan.

Benarkah? Berikut NgeHits sudah rangkum enam efek negatif yang bisa timbul akibat meminum Teh Hijau terlalu banyak.

1. Masalah perut

Masalah Perut via Wisegeek
Masalah Perut via Wisegeek

Kandungan tanin yang ada di dalam teh hijau bisa meningkatkan derajat keasaman di dalam tubuh dan menyebabkan sakit perut, serta konstipasi. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh Hijau dalam kondisi perut kosong.

2. Kekurangan zat besi dan anemia

Anemia via Make Up and Beauty
Anemia via Make Up and Beauty

Meminum teh hijau dengan dosis tinggi bisa berbahaya, karena tubuh jadi sulit menyerap zat besi dari makanan. Untuk mengindari ini, kamu harus mengimbanginya dengan mengonsumsi buah-buahan seperti lemon atau lainnya, yang kaya akan vitamin C.

3. Pusing

Sakit Kepala via Awss Clinic
Sakit Kepala via Awss Clinic

Menurut penelitian, kafein yang terdapat di dalam teh hijau adalah salah satu penyebab terjadinya sakit kepala kronis. Selain itu penelitian juga sudah menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau amat tidak dianjurkan bagi mereka yang mengalami vertigo atau migrain.

4. Sulit tidur

Sulit Tidur via Cpap Victoria
Sulit Tidur via Cpap Victoria

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, teh hijau mengandung kafein, yang bisa menimbulkan berbagai macam efek seperti sulit tidur dan kegelisahan. Kafein menghalangi tubuh untuk menghasilkan zat yang bisa memancing otak untuk memerintahkan kita tidur dan meningkatkan produksi adrenalin.

5. Jantung berdebar-debar

Jantung Berdebar via Gizmodo
Jantung Berdebar via Gizmodo

Kafein yang ada di dalam teh hijau bisa mengakibatkan detak jantung tak menentu. Hal ini membuat otot jantung bekerja lebih keras, meski tubuh tengah berada dalam kondisi istirahat. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan masalah dalam sistem jantung.

6. Diare

Diare via Prlog
Diare via Prlog

Diare adalah salah satu efek lain mengonsumsi teh hijau secara berlebihan. Kafein memiliki efek yang sama dengan pencahar, dan memicu otot usus untuk terus berkontraksi dan lebih rileks, hingga pada akhirnya memicu tubuh untuk terus mengeluarkan zat-zat sisa dan kotoran. Pada akhirnya, ini bisa memicu terjadinya diare.