Fakta kota Urk, sister city Indonesia yang namanya dipakai di Descendants of the Sun

Kalau kamu penggemar berat Song Joong Ki atau Song Hye Kyo, kamu pasti tahu drama terbaru mereka yang sampai sekarang masih dibicarakan. Yep, Descendants of the Sun. Drama 16 episode ini menjadi drama paling populer 2 bulan belakangan. Plot cerita yang tidak sekedar kisah cinta rich man poor woman seperti kebanyakan drama Korea ini menarik perhatian banyak pecinta drama, termasuk di Indonesia. Ditambah lokasi yang digunakan dinilai sangat tepat dan cocok untuk latar ceritanya, yaitu cinta di zona perang.

Salah satu lokasi atau tempat yang disebut dalam drama ini adalah Urk, yang dalam drama ini berada di Yunani. Padahal, aslinya Urk ada di Belanda lho, tepatnya di provinsi Flevoland. Sama seperti Urk fiktif DOTS, Urk di Belanda ini juga merupakan daerah pesisir pantai.

Ingin tahu fakta lainnya tentang Kota Urk? Simak di bawah ini:

1. Sister city-nya Kepulauan Aru

Sister city atau kota kembar pada dasarnya adalah dua kota yang letaknya berbeda tapi memiliki persamaan dalam demografi. Nah, di Indonesia sendiri ada 15 kota yang memiliki sister city dari seluruh dunia. Salah satunya adalah Kepulauan Aru yang didapuk jadi sister city-nya Urk, Belanda.

mercusuar di urk via janopurk nl
via janopurk.nl

Kedua wilayah ini sama-sama merupakan kota pantai dengan sektor perikanan yang kuat. Hasil perikanan dari Aru bahkan dikirimkan ke Urk, secara Urk adalah pusat distribusi ikan terbesar di Eropa.

2. Cerita rakyat yang unik

Setiap daerah pastilah memiliki cerita rakyat atau legenda yang terkenal. Pun begitu dengan Urk, Belanda. Salah satu cerita rakyat yang terkenal di sini adalah tentang apa yang diceritakan oleh para orang tua ketika anak-anaknya bertanya dari mana bayi berasal. Dalam cerita ini dilibatkan sebuah batu sepanjang 30 meter di IJsselmeer bernama Ommelebommeslestien.

bayi bangau via phicenter org
via phicenter.org

Jadi, cerita rakyat yang dipercaya oleh orang Urk adalah ada 2 jenis orang di dunia ini, vreemden (orang asing) dan Urkers (orang dari Urk). Mereka yang disebut orang asing biasanya lahir dari kubis atau bayi-bayi yang dibawa dari Mesir oleh bangau. Sedang orang Urk asli adalah mereka yang lahir dari batu besar tersebut, dulu dikenal sebagai Ommemoerstien atau moer atau mother dalam dialek Urk.

3. Tidak punya stasiun

stasiun kampen via wikiwand com
Stasiun Kampen via wikiwand.com

Yep, di Urk tidak ada stasiun kereta api. Yang terdekat berjarak sekitar 30 km, yaitu stasiun Kampen dan Lelystad. Karena itu, Urk dikenal sebagai salah satu tempat paling terpencil di Belanda.

4. Pilar mata pencahariannya dari hasil laut

Karena merupakkan kota pantai, ekonomi kota Urk bergantung pada hasil lautnya bahkan sejak dulu. Kini karena harga ikan yang meningkat, Urk menjadi desa yang makmur.

urker vrouw via shutterstock com
Urker vrouw via shutterstock.com

Di kota ini terdapat patung terkenal yang dijuluki Urker vrouw. Ini adalah patung wanita yang melihat jauh ke laut, menurut cerita ini adalah wanita yang menunggu suami dan anak-anak laki-lakinya pulang dari melaut. Dulu memang banyak sekali nyawa yang hilang karena badai di Zuiderzee dan Laut Utara.

Wah sepertinya drama Descendants of the Sun jadi tidak kalah menarik kalau benar-benar dilaksanakan di Urk asli di Belanda ini. Walau tidak memiliki pantai seindah Navagio, tapi cerita rakyat legendarisnya pasti bisa jadi nilai plus tuh.

Jadi, kamu mau mengunjungi Urk buatan di Paju, Gyeonggi, Korea Selatan atau Urk di Belanda?