4 Fakta tentang Navagio, pantai tempat syuting Descendants of the Sun

Setelah menonton drama Korea terbaru Descendants of the Sun, kamu mungkin jadi menambah 2 negara tujuan baru untuk didatangi, Korea Selatan (pastinya) dan Yunani. Yep, dua negara tersebut memang menjadi latar tempat utama untuk serial 16 episode yang ngehits di Korea dan beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia.

Di Yunani sendiri,syuting diadakan di Arachova, Lemnos dan Zakynthos. Nah, dan yang paling ikonik adalah Zakynthos, atau lebih tepatnya di pantai Navagio. Ingat adegan yang manakah itu? Nih Ngehits kasih preview biar kamu ingat.

Sudah ingat? Kalau sudah, yuk kita bahas fakta-fakta menarik tentang pantai Navagio atau pantai kapal karam ini.

1. Kapal karam fenomenal bernama Panayiotis

Banyak yang percaya kalau kapal karam di pantai Navagio ini adalah kapal penyelundup. Pada klaim yang keliru tersebut dikatakan juga bahwa kapal ini dulunya menyelundupkan rokok, wine dan bahkan wanita. Walau begitu, kapten dan pemilik kapal ini, Charalambos Kompothekras, dalam situs Zantewreck.com mengungkap kisah yang sebenarnya.

navagio via allkpop com
Navagio via allkpop.com

Pada 6 September 1980, kapal ini berlayar dari pelabuhan Argostoli, Cephalonia ke pelabuhan Durres, Albania. Namun karena cuaca buruk, kapal mengalami kecelakaan di daerah yang tidak dapat dijangkau. Sembari dilaporkan pada pihak berwenang, kapal kandas di perairan pulau Zakythos tapi kemudian dirampok bahkan diledakkan. Hingga kapal ini ditemukan dengan kondisi seperti sekarang ini.

 2. Pernah jadi lokasi BASE Jumping

BASE Jumping adalah sebuah kegiatan menantang adrenalin di mana seseorang terbang menggunakan parasut atau wingsuit. Di beberapa negara, kegiatan ini terbilang ilegal walau di tempat lain tidak. Dan salah satu lokasi paling terkenal adalah pantai Navagio.

base jumping via redbull com
BASE jumping via redbull.com

Sayang sebuah catatan buruk juga pernah terjadi di sini. Seorang jumper dari Inggris bernama Jake Simkins tewas setelah melakukan jumping pada tahun 2012. parasutnya tersangkut selama 3 jam hingga akhirnya ia jatuh dan tewas.

3. Hanya bisa diakses dengan perahu

Pantai ini letaknya ada di barat laut pesisir Zakynthos, di kotamadya Elation. Area ini khas dengan tebing batu kapur yang terjal, pantai dengan pasir yang putih dan air yang biru jernih. Setiap tahun ribuan wisatawan melakukan tur ke pantai ini lho.

zakynthos via zakynthostravelguide com
Pantai Navagio via zakynthostravelguide.com

Untuk bisa mencapai pantai yang lokasinya terisolasi ini, kamu harus mengambil tur reguler dari Porto Vromi menuju selatan atau dari Agios Nikolaos dan Cape Skinari ke arah timur laut.

4. Jadi pantai paling cantik di dunia

Pada tahun 2013, National Geographic Nederland-België menobatkan pantai Navagio menjadi salah satu pantai paling cantik di dunia. Tidak heran, pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini dan kesenangan ketika berenang pasti jadi faktor utamanya. Psst… Katanya kalau mau berenang di sini harus bersiap dengan air yang super dingin.

navagio via amusingplanet com
Navagio via amusingplanet.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pagi-pagi sekali atau di atas jam 3 sore karena selain waktu itu biasanya akan lebih banyak kapal yang berlabuh. Kalau ingin menikmati pantai ini seperti pantai pribadi, pilihlah waktu yang tidak peak atau saat tidak musim liburan.

Walau episode terakhirnya sudah tayang pada 14 April lalu, demam drama yang dibintangi oleh Song Joong-ki dan Song Hye-kyo ini memang masih berlangsung. Psstt.. Menurut bocoran, 20 hingga 22 April ini akan ada 3 episode spesial lho.

Wah, apakah adanya tambahan episode ini akan membuat kamu jadi tambah penasaran dan tertarik untuk traveling ke Yunani khususnya ke pantai Navagio? Siapa tahu kamu bisa menemukan batu putih milik Kapten Yoo Si Jin dan Kang Mo Yeon!