Bukan fans berat K-Drama kalau belum tahu 10 fakta unik Korea Selatan ini

Drama Korea saat ini menjadi tontotan favorit di Indonesia. Ngaku aja deh, kamu pasti nyimpen banyak judul drama Korea di laptop kamu. Selain ceritanya yang lumayan bagus, bintang filmnya juga bikin kamu kesengsem. Nggak heran deh kalau kamu getol download drama Korea tiap ada yang lagi tayang.

Ngomongin tentang drama Korea, tentunya nggak bisa lepas dari negara asalnya Korea Selatan dong ya. Di dalam drama-dramanya pasti ada gaya hidup dan budaya yang bisa kita tahu. Seperti misalnya gaya foto ‘saranghae’ yang pasti ada di setiap adegan foto. Gaya khas ini akhirnya juga kadang kita tiru kalau lagi selfie. Selain itu, cowok Korea Selatan juga terkenal akan ‘kecantikannya’ lho. Nggak heran deh, karena di Korea Selatan sana cowok tergila-gila dengan kosmetik. Mereka rela menghabiskan banyak uang untuk membeli make up guna memper-‘cantik’ penampilan mereka.

Faktanya, cowok di Korea Utara adalah konsumen terbesar produk kecantikan kulit di dunia dengan pembelian 4 kali lipat lebih banyak dari runner up-nya yaitu Denmark. WOW! Mau tahu apa lagi fakta unik Korea Selatan? Simak yuk beberapa fakta unik dari Korea Selatan yang NgeHits rangkum dari berbagai sumber ini.

1. Tingkat operasi plastik tertinggi di dunia

Operasi plastik via pinterest
Operasi plastik via pinterest

Selain tentang make up, Korea Selatan juga terkenal akan operasi plastiknya. Pasti nggak asing lagi buat kamu yang suka nonton drama Korea atau penggila KPop. banyak artis Korea yang nggak ragu memermak wajah mereka agar semakin sedap dipandang. Tingkat operasi plastik di Korea Selatan adalah yang tertinggi di dunia, dibandingkan dengan Amerika Serikat yang berada di posisi keempat setelah Brasil dan Thailand.

2. Tempat traveling indah Pulau Jeju

Salah satu pemandangan di Pulau Jeju via natcoholidays
Salah satu pemandangan di Pulau Jeju via natcoholidays

Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan penduduk padat di dunia, tapi juga terkenal akan keindahan alamnya. Seput saja Pulau Jeju yang sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia. Pulau Jeju terkenal dengan formasi bebatuannya yang mengagumkan dan bermacam-macam tumbuhan yang indah

3. Hampir semua warganya melek internet

Bekerja dengan komputer via gizmodo
Bekerja dengan komputer via gizmodo

Korea Selatan mempunyai koneksi internet di seluruh dunia. 92,4% penduduknya sudah melek internet. Nggak ada lagi deh yang namanya nunggu buffering sampai ketiduran.

4. MV Psy yang mengalahkan Justin Bieber

Psy via kpopstarz
Psy via kpopstarz

Video klip lagu Gangnam Style yang dipopulerkan oleh Psy menjadi video pertama yang meraih 1 milyar penonton di YouTube. Saat ini sudah mencapai 2,54 milyar penonton, yang menjadikan video ini sebagai video paling banyak ditonton di YouTube sejak November 2012 melebihi video klip ‘Baby’ milik Justin Bieber. Gangnam Style terinspirasi dari distrik Gangnam di Seoul yang terkenal akan kehidupan mewahnya.

6. Kipas angin menyebabkan kematian

Kipas angin via tandapagar
Kipas angin via tandapagar

Kematian yang disebabkan kipas angin menjadi keoercayaan masyarakat Korea Selatan. Mayoritas penduduk Korea Selatan percaya, orang bisa meninggal karena tidur di bawah kipas angin yang menyala semalaman. Kepercayaan tersebut sudah ada sejak kipas angin digunakan di Korea Selatan pada tahun 1920.

7. Tingkat bunuh diri yang tinggi

Mau loncat via sovhealth
Mau loncat via sovhealth

Standar kehidupan yang tinggi di sana mempengaruhi tingkat stress masyarakatnya. Nggak jarang banyak masyarakat yang mengakhiri nyawanya sendiri. Menurut WHO, tingkat bunuh diri masyarakat Korea Selatan menduduki peringkat kedua di seluruh dunia.

8.  Salah satu negara teraman di dunia

Salah satu lingkungan di Korea Selatan via nationalgeographic
Salah satu lingkungan di Korea Selatan via nationalgeographic

Walaupun bersebelahan dengan Korea Utara, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang paling aman dan nyaman di dunia. Negara ini memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah dan ijin kepemilikan senjata yang amat ketat.

9. Phobia pada angka 4

Penunjuk lantai pada lift via todayifoundout
Penunjuk lantai pada lift via todayifoundout

Berbeda dengan penduduk dunia pada umumnya, penduduk Korea Selatan banyak yang menderita tetraphobia, yaitu takut pada angka 4. Hampir di setiap rumah sakit dan gedung-gedung tidak terdapat tulisan ‘lantai 4’. Sebagai gantinya, di beberapa gedung ditulis huruf ‘F’ sebagai pengganti angka 4. Nomor 4 yang muncul berulang , seperti misalnya kamar apartement nomor 404 juga dihindari.

10.  Samsung menguasai pasar Korea Selatan

Tank samsung via globalsecurity
Tank samsung via globalsecurity

Samsung adalah merk dagang paling berpengaruh di Korea Selatan. Merk ini turut menyumbang 20% dari 1,1 trilyun dolar ekonomi Korea Selatan. Di kancah internasional, Samsung terkenal dengan produk elektroniknya. Namun, ternyata di Korea Selatan sendiri samsung juga memproduksi tank, tangki minyak, alat-alat rumah tangga, kunci pintu, peralatan medis, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu pecinta drama Korea, pasti udah akrab sama fakta-fakta di atas. Kalau belum, wah kayaknya kamu belum jadi fans berat deh. Coba share ke temenmu yang lain biar mereka juga ikutan melek fakta unik di Korea Selatan ini.