Kamu perlu bersabar untuk tahu ending 8 film berdurasi sangat panjang ini

Pernah nonton Titanic kan? Yang ngaku Anak Hits pasti pernah dong. Film yang berkisah tentang tenggelamnya kapal terbesar di jamannya ini berdurasi sekitar 3 jam. Lama banget kan? Untung aja dikemas dengan menarik sehingga jadi film laris.

Film yang berdurasi lama memang bikin dilema. Pengen tau endingnya, tapi juga nggak betah karena kecapekan duduk dan bosan. Kalau Titanic yang 3 jam aja masih bisa lah ya kita sabar-sabarin nonton sampai habis. Nah kalau film-film berdurasi lebih panjang dari Titanic ini kira-kira kamu kuat nggak nunggu sampai ending? Bahkan ada yang durasinya 30 hari lho!

1. Berlin Alexanderplatz

Franz Biberkopf via youtube
Franz Biberkopf via youtube

Berlin Alexanderplatz merupakan sebuah mini seri yang disutradarai oleh Rainer Werner Fassbinder. Tayang di tahun 1983, Berlin Alexanderplatz merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Di jamannya, mini seri ini termasuk dalam kategori berdurasi panjang. Jika diputar secara maraton akan menghabiskan waktu sekitar 15,5 jam. Film ini menyoroti kehidupan seorang tokohnya yang bernama Franz Biberkopf dan lingkungan sekitar tempat tinggalnya di Alexanderplatz, Berlin.

2. 24 Hour Psycho

Tokoh wanita dalam 24 Hours Psycho via arttattler
Tokoh wanita dalam 24 Hours Psycho via arttattler

Film ini sebenarnya adalah remake dari film sebelumnya yang hanya berdurasi 109 menit. Douglas Gordon me-remake film aslinya dengan memperlambat pergerakan sehingga durasinya menjadi 1440 menit atau 24 jam. Dirilis tahun 1993, selama 24 jam kita akan menyaksikan sebuah cerita mengenai sorang pembunuh psycho yang beraksi di sebuah motel.

3. Four Star

Poster film Four Star via blogspot
Poster film Four Star via blogspot

Andy Warhol membuat film eksperimental ini pada tahun 1967. FIlm berdurasi 25 jam ini terdiri dari adegan seks grafis, gambar putih kosong, dan ledakan musik yang sangat keras. Masuk dalam salah satu dari 10 film terpanjang dalam sejarah, film ini menghabisakn roll sepanjang 366 meter.

4. The Longest Most Meaningless Movie in the World

Seorang wanita menyeret t-rex via mubi
Seorang wanita menyeret t-rex via mubi

Sama seperti judulnya, The Longest Most Meaningless Movie in the World adalah sebuah film tak berarti yang berisi kumpulan iklan, cuplikan berita, dan berita tentang saham. Film berdurasi 2 hari ini disutradarai dan diproduseri oleh Anthony Scott dan dirilis pada tahun 1968.

5. The Cure For Insomnia

Membacakan syair via breaktime
Membacakan syair via breaktime

Kalau kamu punya penyakit insomnia dan pengen sembuh, coba aja deh nonton film dengan durasi sepanjang 87 jam atau 3 hari 15 jam ini. Siapa tahu manjur. Film ini berisi seorang penyair yang membacakan syair sepanjang 4000 halaman. Selama pembacaan diselingi dengan adegan film porno dan lagu-lagu rock n roll. Sutradara filim ini adalah John Henry Timmis IV yang membuatya di tahun 1987.

6. Matrjoschka

Pemutaran film Matrjoschka via loop
Pemutaran film Matrjoschka via loop

Ini adalah sebuah film karya sutradara Jerman, Karin Hoerler. Film yang dirilis tahun 2006 ini berdurasi 95 jam. Film ini hanya menampilkan gambar seorang anak laki-laki bersepeda dengan latar belakang rumah, taman, garasi, langit, dan lain-lain. Gambarnya berganti secara sangat perlahan sehingga tak disadari oleh mata.

7. Cinématon

Para aktor Cinématon via amazing.zone
Para aktor Cinématon via amazing.zone

Film ini ingin menunjukkan pada kita betapa ‘berlebihannya sebuah eksitensi pada percakapan manusia’. Jadi, terdapat 2925 sketsa diam yang berlangsung selama setengah menit sampai 3 menit. Aktor dan aktris di film ini bebas berakting apa saja untuk mengisi durasi yang disediakan oleh sutradara, Gérard Courant. Dirilis pada tahun 2011, film ini menghabiskan waktu 30 tahun untuk poses produksinya dan berdurasi sepanjang 195 jam.

8. Ambience

Salah satu adegan film Ambience via webergprojects
Salah satu adegan film Ambience via webergprojects

Film-film di atas belum ada apa-apanya dengan film yang satu ini. Durasinya 30 hari! Film yang disutradarai oleh sineas asal Swedia,  Anders Weberg ini rencananya bakal dirilis tahun 2020. Saat ini trailernya yang berdurasi 7 jam sudah dirilis dan rencananya akan dirilis lagi tahun depan. Film ini menceritakan pengalaman Anders Weberg sebagai sutradara yang dikemas dalam bentuk surealis. Sehingga menyaksikan film ini akan membuat kita seperti mengarungi ruang dan waktu.

Gimana Anak Hits? Udah siap-siap begadang dan nyiapin cemilan yang banyak belum? Jangan lupa juga siapin kesabaran ekstra tinggi ya!