7 Foto dengan kisah tragis ini akan mengusik rasa kemanusiaanmu

Foto adalah salah satu benda yang bisa membangkitkan memori masa lalu. Kamu bisa tertawa, menangis, kesel, dan emosi lainnya bakal muncul hanya gara-gara selembar foto. Tapi bagaimana jadinya kalau gara-gara selembar foto bisa membuatmu ragu tentang keberadaan rasa kemanusiaan? Coba hayati kisah di balik foto-foto ini.

1. Kuburan massal Bergen-Belsen

kuburan-massal-Bergen-Belsen
Kuburan massal Bergen-Belsen via bergenbelsen

Mulanya kamp ini digunakan untuk tahanan perang. Tapi pada tahun 1943, kamp ini beralih fungsi menjadi kamp konsentrasi yang dikelola oleh Nazi. Dari tahun 1941 hingga tahun 1945 sekitar 20.000 tahanan perang rusia dan 50.000 narapidana meregang nyawa di sini. Pada tanggal 15 April 1945 kamp ini dibebaskan oleh British 11th Armoured Division. Mereka menemukan sekitar 53.000 tahanan dalam kondisi yang mengenaskan. Para tahanan menderita kelaparan dan sakit parah. Sebanyak 13.000 mayat tergeletak di sekitar kamp. Hal ini membuat Belsen terkenal sebagai salah satu simbol kejahatan Nazi.

2. Penggantungan negro di Amerika Serikat

penggantungan-orang-kulit-hitam
Penggantungan orang kulit hitam via theguardian

Foto yang diambil oleh Lawrence Beitler ini menunjukkan dua orang keturunan Afro-Amerika yang digantung di atas sebuah pohon. Mereka adalah Thomas Shipp dan Abram Smith. Penggantungan mereka terjadi pada 7 Agustus 1930 di Marion, Indiana. Mereka dituduh telah melakukan kejahatan berupa perampokan, pembunuhan, dan pemerkosaan. Kedua orang ini sebenarnya telah berada di dalam penjara, tapi kemudian mereka dikeluarkan dan dihakimi  massa lalu digantung di tempat umum. Memang para kriminal layak mendapatkan hukuman, tapi apakah pantas kita menghakimi sendiri?

3. Serangan Terorris 9/11

WTC-9-September.gif
Gedung WTC meledak via weburbanist

Foto yang satu ini pasti nggak asing lagi buat kamu. Ya ini adalah foto menara kembar World Trade Center yang diserang terorris pada 9 September 2011 lalu. Foto ini berhasil diambil secara tidak sengaja oleh Steve Ludlum. Saat itu ia bermaksud memotret asap yang mengepul di udara, tetapi tiba-tiba saat menjepret kamera gedung WTC ini meledak. Foto Steve Ludlum ini sempat menjadi cover majalah terkenal, The Ney York Times.

4. ‘The falling man’

falling-man
Lelaki terjatuh via thedailybeast

Gambar ini masih diambil dari kejadian yang sama saat teroris menabrakkan pesawat ke menara kembar World Trade Center. Foto pria yang sampai sekarng identitasnya masih belum jelas ini berhasil diambil oleh Richard Drew. Diperkirakan sekitar 200 orang melompat dari menara kembar saat kejadian. Mereka terpaksa melompat karena takut akan terbakar dan mengalami sesak napas karena asap. Mayat mereka yang dikenal dengan para ‘jumper’ ini sulit diidentifikasi karena kondisinya yang sudah remuk tak berbentuk.

5. Mayat bayi korban tragedi gas di India

mayat-bayi-korban-gas
Mayat bayi via southasiainstitute.harvard

Foto mayat bayi ini diambil oleh Pablo Bartholomew. Tragedi kebocoran gas yang terjadi di kota Bhopal, India ini menelan korban jiwa sebanyak 2.259 orang. Pemerintah India mencatat sebanyak 558.125 korban luka, termasuk 38.478 luka ringan dan 3.900 menderita luka berat. Kebakaran yang terjadi pada malam tanggal 2-3 Desember 1984 berasal dari pabrik pestisida yang mengalami kebocoran gas. Penyebab kebocoran tersebut mengalami perdebatan. Banyak asumsi yang mengatakan bahwa kebocoran tersebut dikarenakan kurangnya pengawasan dan buruknya manajemen perusahaan.

6. Kebrutalan perang Vietnam

ditodong-senjata
Ditodong senjata via desordre

Peperangan selalu merugikan manusia, baik pihak yang kalah maupun yang menang. Gambar ini diambil oleh Eddie Adams saat terjadi perang Vietnam. Dalam foto tersebut tampak seorang jenderal sedang menodongkan senjata pada seseorang. Jenderal tersebut adalah Nguyen Ngoc Loan yang sedang mengeksekusi tahanan Viet Cong di Saigon. Tahanan tersebut dieksekusi karena telah membunuh 12 orang.

7. Tahanan Irak

tahanan-irak
Penyiksaan tahanan via independent

Foto ini diambil di tahanan Abu Ghraib di Irak. Terlihat jelas seorang tentara menganiaya seorang tahanan dengan mengikatnya seperti hewan peliharaan. Menurut rumor, di penjara ini para tentara menyiksa tahanan dengan cara yang sadis. Para tahanan ditelanjangi, diikat, dipukuli, disodomi, dan bahkan ada yang dibunuh oleh para tentara penjaga.

Ngeri ya Anak Hits? Bagaimana perasaanmu melihat foto tersebut dan membaca kisah yang ada di balik foto itu?