5 Cara menghilangkan kebosanan di tempat kerja

Tidak bisa dipungkiri yang namanya tempat kerja kadang-kadang bisa bikin kamu stress dan bosan. Kerjaan numpuk, ditambah lagi hubungan yang panas sama atasan atau teman kerja. Eh, belum lagi ada masalah sama pacar. Uh, bawaannya senewen terus!

Untungnya NgeHits punya beberapa cara jitu untuk menghilangkan kebosanan di tempat kerja, tapi jangan sampai mengganggu karir kamu ya.

1. Ceriakan suasana hati dengan musik

Mendengarkan musik via venusbuzz

Sudah tidak diragukan lagi, keberadaan musik akan merubah atmosfer secara instan. Musik merupakan sesuatu yang bisa membolak-balikkan mood kita. Seperti musik slow yang bisa membuat hati kita larut dalam pikiran. Dan untuk memberantas kebosanan di kantor, kamu bisa coba mendengarkan musik dengan beat yang cepat.

Dengarkan musik-musik yang bersemangat, bahkan musik yang dapat membuat pundakmu bergoyang. Coba dengarkan musik-musik dari Daft Punk, Fall Out Boy, atau Skrillex. Musik mereka cukup mudah didengarkan dan memberikan nada-nada semangat yang akan memompa kinerja kamu. Tapi ingat, jangan sampai mendengarkan lagu terlalu keras hingga mengganggu teman kamu.

2. Tak ada salahnya sesekali bermain

Main game di kantor via shiva-engine

Seperti pepatah “Work hard, play hard”, tidak ada salahnya jika kamu melupakan pekerjaan sejenak dan bermain. Bermain games-games ringan di Internet bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati kebosanan di kantor. Game berbasis web seperti Agar.io bisa menumbuhkan keseruan yang bisa membantu kamu menemukan semangatmu kembali. Atau mungkin dengan berkunjung ke YouTube dan melihat video lucu yang membuat kamu sesekali tertawa.

Berkunjung ke laman-laman yang memberikan kita tentang informasi baru dan unik juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya kita akan menjadi lebih bersemangat untuk kembali bekerja, tapi kamu punya informasi unik yang kemudian bisa kamu ceritakan kepada teman-temanmu

3. Ciptakan suasana humor

Tertawa via thetrentonline

Seperti yang dilansir oleh majalah Forbes, humor merupakan salah satu kunci sukses saat bekerja. Dwight D. Eisenhower mengatakan bahwa humor merupakan bagian dari seni kepemimpinan, begaul dengan sesama, menyelesaikan sesuatu. Jangan terlalu terpaku pada merampungkan tugas sebelum deadline.

Ada baiknya sesekali berbincang kepada teman sekantor kamu dan bercandalah, bicarakan tentang topik-topik yang menarik, atau mungkin hal-hal terbaru yang terjadi di kantormu. Menjernihkan pikiran penat akan deadline-deadline kantor dengan humor adalah salah satu trik yang tepat.

4. Selalu belajar akan hal baru

Belajar terus via krazysavers

“It’s never too late to learn” adalah salah satu pepatah yang bisa menjadikan penhilang rasa bosan saat kamu di kantor. Rasa bosan datang karena kamu melakukan sesuatu hal yang berulang-ulang. Jadi kamu perlu melakukan hal-hal yang baru untuk mengakalinya. Belajar akan sesuatu hal yang baru bisa meningkatkan semangat kita. Sembari mengerjakan pekerjaanmu, kamu bisa mendengarkan podcast, atau mungkin belajar bahasa baru dengan cara mengganti bahasa pada laman web kesukaanmu, bisa juga dengan memulai project kecil.

5. Resign

Keluar dari pekerjaan via unison

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bosan adalah hal yang terus datang. Tidak hanya pada saat kamu bekerja, bahkan kamu juga bisa bosan ketika bermain games. Mungkin, ini berarti bahwa kamu memang tidak cocok pada pekerjaanmu sekarang. Coba konsultasikan dengan teman atau bahkan bos kamu (jika bosmu adalah orang yang enak diajak ngobrol). Jika sudah bulat untuk resign, beri tahu bos kamu, dan keluarlah dengan baik-baik. Kemudian kamu bisa kembali mencari karir yang kamu benar-benar suka, bye-bye, bosan!