7 Jurus jitu hindari mabuk selama perjalanan

Stress dan lelah karena pekerjaan? Maka itu tandanya kamu harus segera pergi liburan. Ajak teman-temanmu dalam perjalanan menyenangkan ke tempat wisata favorit. Eh tapi gimana jadinya ya, kalo dalam perjalanan nanti kamu malah mabuk dan mual?

Ya, memang ada beberapa orang yang gampang kena mabuk darat setiap melakukan perjalanan jauh. Tanda-tandanya antara lain mual dan juga sakit kepala. Jika udah gak tahan, rasa-rasanya pingin muntah dan ini yang biasanya dikeluhkan oleh teman seperjalanan lainnya.

Tapi jangan khawatir, berikut NgeHits sudah rangkum tujuh jurus jitu menghindari mabuk di perjalanan, khusus buat kamu.

1. Makan secukupnya

Makan Secukupnya via Popsugar
Makan Secukupnya via Popsugar

Sebelum perjalanan, usahakan kamu makan terlebih dahulu untuk mengisi tenaga. Namun jangan sampai berlebihan. Perut yang baru diisi makanan akan terus bekerja mencerna zat-zat yang masuk, dan selama perjalanan lambung akan terus tergoncang-goncang. Inilah yang membuat kamu merasa mual.

2. Tidur secukupnya

Tidur Secukupnya via Magxphealth
Tidur Secukupnya via Magxphealth

Salah satu cara efektif dalam menghindari mabuk perjalanan adalah tidur. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan. Sebab jika kamu terlalu lama terlelap, kamu bakal merasakan seolah tubuhmu berontak. Bukannya menghilangkan mual dan pusing, kamu nantinya bakal merasa makin tak nyaman sepanjang perjalanan.

3. Obat Anti mabuk

Minum Obat via Huffpost
Minum Obat via Huffpost

Belilah obat anti mabuk yang kini banyak tersedia di warung-warung atau mini market. Umumnya obat semacam ini mengandung obat tidur, yang akan memastikan kamu mendapat waktu istirahat cukup selama perjalanan.

4. Posisi

Duduk di Pinggir Bus via Wisegeek
Duduk di Pinggir Bus via Wisegeek

Posisi tempat duduk juga akan menentukan apakah kamu bakal mabuk atau tidak sepanjang perjalanan. Usahakan untuk duduk di tengah, dekat jendela. Ketika merasa mual nanti, kamu bisa mengalihkan perhatian dengan melihat pemandangan yang ada di luar. Namun ingat, jangan pernah duduk dekat roda atau di depan, karena di sinilah guncangan kendaraan akan paling terasa.

5. Pemandangan

Pemandangan via Travel News Namibia
Pemandangan via Travel News Namibia

Melihat pemandangan juga amat efektif dalam mengalihkan pikiran, ketika kita sedang merasa pusing atau mual. Tapi bagi kamu yang sedang bepergian lewat jalur udara, melakukan ini seringkali justru akan membuat mual, karena tidak semua orang nyaman berada di ketinggian.

6. Jangan menunduk

Tidur di Dalam Mobil via Randy Gingeleski
Tidur di Dalam Mobil via Randy Gingeleski

Ketika sedang melakukan perjalanan, amat tidak disarankan untuk tidur dalam posisi menunduk. Konon hal ini bisa membuat tubuhmu lebih cepat merasa mual dan pusing. Akan lebih baik jika kamu tidur sembari menyandarkan kepala ke kursi, sekaligus menikmati pemandangan di luar atau mungkin menonton TV.

7. Aroma

Menghirup Aroma via Mini Beauty Life
Menghirup Aroma via Mini Beauty Life

Bau-bauan yang menyengat amat mudah memicu perut mual. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu menghindari hal-hal semacam ini di dalam perjalanan. Selain itu, pastikan kamu mendapat sirkulasi udara yang cukup, buka jendela jika perlu, dan jangan lupa gunakan wewangian yang punya efek aroma terapi.