Ini alasan ‘jangan lupa oleh-oleh’ adalah kalimat yang tak boleh sembarangan disebut

Hampir semua orang pasti pernah merasakan senangnya dibawain oleh-oleh. Berasa dapet kejutan yang nggak pernah kita bayangkan sebelumnya, apalagi kalo oleh-olehnya dari daerah atau negara lain.

Nah, pernah nggak kalian memang sengaja minta dibawain oleh-oleh? Terutama nih, buat yang tau kalo famili atau temannya mau pergi ke luar negeri. Padahal etisnya, kita nggak bisa sembarangan bilang, ‘jangan lupa oleh-olehnya’ pada mereka. LHO KENAPA? Nih, Ngehits kasih tau alasannya.

1. DUIT

minta oleh-oleh

Kita nggak tau dia bawa uang berapa. Mindset kita seringnya kalo mereka traveling atau ke luar negeri, maka duitnya banyak. Sayangnya nggak semua seberuntung itu. Kita nggak tau kalo mungkin mereka akan pusing dengan biaya hidup di sana. Apalagi mikir buat belikan oleh-oleh. Kecuali kamu sudah ada kesepakatan tertentu atau belinya pakai uang kalian juga. Urusannya berubah dari ‘bawain oleh-oleh’ jadi ‘nitip oleh-oleh’.

2. PRIORITAS

prioritas

Nggak semua orang ke luar negeri atau ke luar daerah dalam rangka traveling. Mereka mungkin sedang mengadu nasib, belajar, bisnis dan melakukan urusan-urusan yang lebih penting dari sekedar foto di tempat tertentu lalu dipajang di Instagram. Sisakan space empati kita buat yang satu ini. Kita nggak tau apa arti perjalanan ini buat mereka. Bisa nakutin, menyedihkan, or else.

3. OLEH-OLEHMU MUNGKIN BUKAN PRIORITASNYA

titipan oleh-oleh

Kalo dia adalah famili jauh atau temanmu, jangankan kamu, pasti keluarganya sudah nitip oleh-oleh yang panjang daftarnya bisa sepanjang tisu gulung toilet. Sekecil apapun oleh-oleh yang kamu minta, itu pasti membutuhkan efforts atau usaha.

4. BIAYA BAGASI

biaya bagasi

Buat mereka yang traveling naik pesawat, sudah legendaris banget yang namanya kena charge ini dan itu. Mulai dari tax airport, sampai charge bagasi yang nggak murah tapi spacenya juga terbatas. Percayalah, ngurus beginian itu bisa ribet banget karena peraturan naik pesawat itu juga ketat seketat legging ibu-ibu senam. Belum lagi kalo kena petugas yang galak. Duh!

5. DAN MENDING KAMU LAKUKAN INI

lakukan ini

Kalo masih ada hubungan yang dekat, lebih baik kita ikut bantu mereka menyiapkan keperluan sebelum berangkat, nganter mereka ke terminal, stasiun atau bandara, dan jangan lupa.. Kasih support dan doakan urusan serta perjalanannya lancar. Ini biasanya jauh lebih dibutuhkan buat mereka yang mau bepergian ke tempat baru, apalagi sendirian.

Oleh-oleh mah datangnya biar kayak jodoh aja. Nggak usah diharap-harap, nanti juga dateng sendiri.