7 Jurusan kuliah yang bakal bikin kamu jadi menantu idaman

Setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya mendapatkan pasangan dengan bibit, bobot dan bebet yang baik. Tidak heran kalau setiap kamu bawa si pacar ke rumah apalagi jika mau menjadikannya pasangan hidup, orang tua bakal tanya-tanya banyak hal, seperti latar belakang keluarga sampai apa pendidikan terakhir.

Nah, beruntunglah kamu kalau kamu lulusan dari 7 jurusan kuliah yang bakalan Ngehits bahas ini. Karena denger-denger, calon mertua mana saja bakal cepat mengiyakan calon menantu dari jurusan-jurusan kuliah ini.

1. Kedokteran

Orang tua mana sih yang nggak mau punya menantu dokter? Selain bisa diandalkan karena memiliki skill untuk menyembuhkan dan merawat, lulusan jurusan Kedokteran dinilai nantinya akan memiliki profesi yang mapan untuk jangka panjang.

dokter
Dokter via alodokter.com

Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa lulusan jurusan Kedokteran memiliki peluang 99,4 persen untuk langsung dapat pekerjaan. Jadi kalau kamu sekarang kuliah jurusan Kedokteran, rajin-rajin kuliah, koas dan jadi menantu idaman, eh dokter.

2. Pendidikan

Segala jurusan yang mengandung kata ‘Pendidikan’ biasanya punya peluang lebih besar untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Yang artinya, gaji terjamin tiap bulan dan ada dana tua saat pensiun.

meme guru
Meme guru via janurkuning.com

Yah namanya juga orang tua. Ketika kita sibuk ingin menikah karena cinta, merekalah yang akan menyeleksi calon menantu secara logis demi masa depan anaknya yang jangan sampai terbengkalai.

3. Farmasi

Tidak berbeda dengan jurusan Kedokteran, jurusan Farmasi juga dikenal punya masa depan yang cerah. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai PNS, mulai dari Badan POM, Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, rumah sakit, apotik dan laboratorium klinik.

lulusan farmasi
Mahasiswa Farmasi via sarjana.co.id

Atau masuk ke sektor swasta juga terbuka lebar pintu perusahaan obat-obatan, makanan hingga kosmetik.

5. Tata Boga

Khususnya untuk menantu wanita ya? Ibu mertua terutama sering rewel kalau tahu calon menantunya tidak bisa masak. Nah, kalau kamu dari jurusan Tata Boga, kamu sudah lolos salah satu syarat jadi mantu idaman ; bisa masak.

memasak
Memasak bersama via topcount.co

“Kamu lulusan apa?”, lalu kamu jawab “Tata boga, tante.” Dan calon mertua kamu bakal bilang “Wah, berarti masakannya pasti enak  dong ya? Oke, kamu cocok jadi menantu kita. Fix.” Ya walaupun mungkin dialognya nggak gitu juga sih. Tapi yang jelas calon ibu mertua sudah bahagia banget karena anaknya bakal punya pasangan yang jago masak.

4. Matematika

Apa yang kamu pelajari di masa kuliah dulu bakal sangat berguna lho waktu berumah tangga nanti. Yang simple saja seperti menghitung uang belanja, memilah uang mana untuk kebutuhan apa sampai mengajari anak pelajaran matematika. Mereka yang lulusan jurusan Matematika punya nilai plus sendiri deh di mata calon mertua.

matematika
Rumus matematika via sayangi.com

Selain itu, peluang kerja untuk mereka yang lulusan Matematika juga terbilang luas. Mulai dari bendahara hingga tenaga pengajar.

5. Ilmu Komunikasi

Walau sering banyak orang salah kira jurusan ini sebagai jurusan ‘tukang ngomong’, ilmu komunikasi ternyata mengajarkan lebih dari itu. Mereka yang lulusan Ilmu Komunikasi umumnya memiliki kepribadian yang menyenangkan dan kemampuan cepat nyambung saat ngobrol.

bicara
Ngobrol via oprah.com

Saat menua, entah itu orang tua atau pasangan kamu nanti, hal yang paling bisa dilakukan adalah ngobrol. Jadi bayangkan betapa bahagianya mertua dan pasangan kamu.

6. Psikologi

Lulusan Psikologi bisa apa? Ya selain jadi psikolog, banyak juga kok peluang kerja yang bisa diambil jika kamu lulusan psikologi. Termasuk juga mengambil peluang untuk mendapatkan hati mertua.

cinta laura
Cinta Laura via voaindonesia.com

Mereka yang lulusan psikologi biasanya memiliki pembawaan yang tenang ketika menghadapi masalah atau situasi. Mereka juga punya skill mampu menjadi penengah masalah dan menjadi pendengar yang baik. Calon mertua mana yang bisa menolak?

7. Bahasa atau sastra

Pendidikan atau sastra, jurusan Bahasa banyak diminati dan jadi salah satu penyumbang calon menantu idaman lho. Alasannya? Beberapa orang tua sangat senang dengan anak muda yang punya kemampuan di bidang bahasa, apalagi bahasa asing. Ditambah lagi lapangan pekerjaan untuk bidang ini juga termasuk luas. Nggak takut menantunya nganggur deh.

menantu-idaman-adalah-anak-sastra-1
Anak sastra via hipwee.com

Hanya karena jurusan kuliah kamu tidak ada di 7 daftar yang kamu tuliskan di atas, bukan berarti kamu tidak cocok jadi menantu idaman ya. Ini hanya sedikit perhitungan (dan perkiraan) yang Ngehits lakukan dan bukan satu-satunya syarat supaya bisa jadi menantu idaman.

Yang paling penting, ketika kamu ingin jadi menantu idaman adalah kamu punya calon mertua…. dan pasangan. Kalau kamu belum punya pasangan, mana bisa jadi calon menantu?