6 Jurusan di Perguruan Tinggi ini punya masa depan cerah

Menentukan jurusan saat melakukan pendaftaran SNMPTN/SBMPTN bukanlah perkara yang mudah. Kamu pasti bingung kan saat ditanya mau nerusin ke jurusan apa selanjutnya? Sebenarnya memilih sebuah jurusan nggak sulit kok. Asal kamu tau minatmu di bidang apa dan apakah nilaimu mencukupi untuk mendaftarkan diri di jurusan itu.

Sejatinya, pemilihan jurusan ini sudah harus kamu tentukan sejak kamu masuk SMA. Dan kalau bisa sih konsisten sampai kamu naik ke kelas tiga atau berada di semester akhir. Nah karena pendaftaran SNMPTN udah dibuka dan sebentar lagi menyusul SBMPTN, tim Ngehits sempet meluangkan waktu jalan-jalan ke berbagai sumber dan bakalan kasih tau kamu jurusan apa sih yang paling banyak diminati.

Jurusan yang banyak diminati ini berdasarkan passing grade yang tinggi. Passing grade yang tinggi ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut mempunyai peminat yang banyak. Selain dari passing grade, prospek kerja yang luas juga bisa membuat suatu jurusan banyak diminati. Berikut hasil jalan-jalan tim Ngehits, nomer nggak menunjukkan peringkat ya.

1. Pendidikan Dokter

Dokter via simedhealth.com
Dokter via simedhealth

Sepertinya masih banyak yang bercita-cita menjadi dokter. Terbukti di beberapa perguruan tinggi, jurusan ini mempunyai passing grade yang paling tinggi diantara jurusan bidang IPA lainnya. Prospek kerja yang ditawarkan lulusan pendidikan dokter juga menggiurkan. Kamu bisa bekerja sebagai dokter praktek layanan primer yang bisa buka praktek secara pribadi atau di instansi, tenaga pendidik (dosen), tenaga peneliti, bekerja di industri farmasi, LSM kesehatan nasional maupun internasional, dan asuransi kesehatan.

2. Teknik Elektro

Listrik via metromas
Listrik via metromas

Dengan prospek kerja yang lumayan banget, teknik elektro masih jadi favorit pendaftar SNMPTN/SBMPTN. Karena listrik merupakan kebutuhan manusia yang juga penting, jadi banyak yang memerlukan lulusan dari jurusan ini. Buat kamu yang tergiur ingin masuk jurusan ini, persiapkan nilai pelajaran MIPA yang bagus. Kalau nilai MIPA kamu kurang bagus, mending kamu mulai pertimbangkan jurusan lain.

3. Farmasi

Kalau denger kata farmasi, otomatis yang terlintas di benak kamu adalah obat-obatan. Selain obat-obatan, farmasi juga mempelajari hal-hal lainnya yang masih dekat dengan obat-obatan kok, seperti kimia, biologi, kesehatan masyarakat, sampai ke manajemen dan pemasaran.

Obat-obatan via sinarharapan
Obat-obatan via sinarharapan

Tahun 2014 lalu, DIKTI sempat menyebutkan bahwa farmasi adalah jurusan dengan peminat paling banyak nomor lima. Prospek kerja farmasi ini juga luas karena masih berhubungan dengan kesehatan. Kamu bisa bekerja sebagai tenaga pendidik atau peneliti farmasi, BPOM, apoteker, dan di perusahaan swasta yang bergerak di bidang makanan dan obat-obatan.

4. Akuntansi

Perhitungan via kliksiska
Perhitungan via kliksiska

Jurusan yang bergelut dengan perhitungan uang ini juga bakalan bikin penghasilan kamu setinggi langit nantinya. Banyak perusahaan yang mencari akunting handal untuk me-manage finansial perusahaannya. Selain belajar akuntansi, dengan kuliah di jurusan ini kamu bakal dapat pengetahuan di bidang lain seperti ekonomi, manajemen, dan teknologi informasi.

5. Ilmu hubungan internasional

Hubungan internasional via penulis
Hubungan internasional via penulis

Kalau kamu pengen sering jalan-jalan keluar negeri, jurusan ini layak kamu pertimbangkan. Jurusan ini terkenal sebagai penghasil diplomat-diplomat yang handal. Selain jadi diplomat, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di berbagai macam bidang seperti public relation officer, penerjemah, penyunting naskah, presenter, dan event organizer.

6. Ilmu komunikasi

Komunikasi via shujinkouron
Komunikasi via shujinkouron

Belakangan ini media komunikasi mengalami pelonjakan yang signifikan. Terutama media online. Nah, jurusan ilmu komunikasi ini membekali kamu untuk siap bekerja di bidang media komunikasi. Setelah lulus dari jurusan ini kamu siap bekerja di bidang advertising, jurnalistik, dan broadcasting.

Ada baiknya pemilihan jurusan melalui pertimbangan yang matang dan tidak gegabah. Jangan sampai kamu menyesal karena salah pilih dan kepikiran untuk pindah jurusan. Banyak mahasiswa yang memutuskan pindah jurusan dengan alasan setelah dijalani ternyata jurusan yang ia pilih nggak cocok dengan minat dan kemampuanya. Sayang biaya dan waktu kalau kamu sampai pindah jurusan.