Lucu! 7 kebiasaan aneh ini malah diterima ditengah masyarakat

Kebiasaan di dunia ini ada bermacam-macam. Ada yang wajar dan ada pula yang aneh. Tapi herannya, ada beberapa kebiasaan aneh yang pada akhirnya diterima oleh masyarakat. Jika kamu melakukan kebiasaan tersebut, nggak bakalan ada orang yang komentar. Salah satu contohnya kebiasaan ngambil foto sebelum makan. Aneh nggak sih? Jaman dulu, orang-orang selalu berdoa sebelum makan. Begitu pula dengan yang selama ini kita pelajari di Sekolah Dasar. Bu Guru selalu menguji kita, ‘Sebelum makan apa yang kita lakukan apa anak-anak?’ Serempak kita jawab, ‘Berdoaaaaaaaaa’. Nampaknya beberapa dari kita sudah lupa dan menganggap kegiatan tersebut sudah wajar.

Seiring perkembangan jaman dan semakin majunya teknologi, banyak pula kebiasaan-kebiasaan yang baru. Namun, kebiasaan baru tersebut belum tentu baik untuk dilakukan. Bahkan bisa masuk dalam kategori aneh. Pengen tahu kebiasaan apa lagi yang terbilang aneh, tapi dianggap wajar oleh masyarakat di seluruh dunia? Simak yuk!

1. Meme yang semakin marak

Sudah kuduga via majalahberita
Sudah kuduga via majalahberita

Nggak ada salahnya bikin lelucon. Untuk menanggapi sesuatu yang berat pun, nggak ada salahnya dikemas dalam bentuk yang lucu. Siapa tahu bisa mencairkan suasana. Tapi jadi nggak lucu jadinya kalau kamu tiba-tiba bikin muka orang buat lelucon. Coba deh bayangin gimana perasaannya orang tersebut kalau tahu mukanya jadi lelucon dimana-mana. Gimana juga kalau seandainya muka kamu yang dijadikan bahan lucu-lucuan?

2. Memuja idola secara berlebihan

Fans KPop via detik
Fans KPop via detik

Merebaknya wabah KPop sepertinya udah susah dibendung. Kemunculan boyband dan girlband asal Korea Selatan itu bikin anak-anak kekinian suka jerit-jerit dan nangis-nangis buat narik perhatian idolanya. Kumpulan penyuka KPop ini biasanya disebut Fandom (Fans Domain). Nggak sedikit fandom yang udah punya official account. Yang bikin parah, mereka kadang saling ejek antar fandom lainnya demi membela idola mereka. Aduh!

3. Posting foto anak kecil

Nggak mau difoto via parent
Nggak mau difoto via parent

Kebiasaan ini seringkali dilakukan sama mahmud-mahmud (mamah muda) kece yang eksis banget di sosial media. Tiap anaknya mengalami kemajuan dikit, posting. Nambah umur, posting. Bisa makan buah, posting. Emang sih itu hak mereka, tapi tahu nggak kalau keseringan posting foto anak kecil di sosial media bisa membawa dampak buruk bagi si anak? Selain melanggar privasi anak itu sendiri, resiko dijadikan target pedofil juga ada. Bisa jadi juga foto anak tersebut dijadikan salah satu gambar produk di akun penjualan anak yang belakangan ini cukup marak terjadi.

4. Tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi

Tepuk tangan via congruence-inc
Tepuk tangan via congruence-inc

Cara mengungkapkan penghargaan banyak sekali, salah satunya tepuk tangan. Setiap kita menyaksikan hal yang mengagumkan, secara otomatis kita akan bertepuk tangan. Beberapa dari kita bahkan sampai melakukan standing ovation, yaitu tepuk tangan sambil berdiri untuk menunjukkan penghargaan yang tinggi. Tapi, kalau dipikir-pikir lagi apa coba hubungan antara tepuk tangan dan memberi penghargaan?

5. Memberikan informasi pribadi dengan mudah

Informasi pribadi via freedomoutpost
Informasi pribadi via freedomoutpost

Di era serba modern ini, privasi seakan-akan nggak berharga lagi. Setiap kita melakukan sesuatu di internet, secara nggak sadar kita kadang memberikan informasi pribadi tentang diri kita. Anehnya kita menganggap hal tersebut adalah hal yang wajar. Padahal bisa saja informasi pribadi kita tersebut diasalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

6. Mengambil foto seseorang dan mengunggahnya ke internet

Cekrek via sheknows
Cekrek via sheknows

Dengan adanya smartphone, kita bisa dengan mudah mengambil foto. Cantik dikit cekrek, ganteng dikit cekrek, ada yang aneh cekrek. Kadang kita kurang sopan dengan mengambil gambar orang lain yang menurut kita cantik, tampan, atau aneh dan kemudian mengunggahnya ke internet disertai dengan caption yang kita karang sendiri. Bayangin deh gimana perasaan orang itu kalau tahu fotonya diunggah tanpa ijin. Kamu sendiri pasti nggak terima kan kalau tiba-tiba foto kamu muncul di sosial media tanpa restu darimu?

7. Penggunaan sosial media yang berlebihan

Sosial media via ocama
Sosial media via ocama

Bisa dikatakan ini adalah akar dari dari beberapa masalah di atas. Sosial media yang seharusnya bisa mendekatkan kita dengan yang jauh malah membawa dampak yang buruk. Kecanduan, antisosial, dan melakukan hal-hal yang melanggar privasi orang lain. Sayang sekali ya, yang seharusnya bisa mendekatkan, karena penggunaan yang salah dan berlebihan malah bikin kita jauh.

Kemajuan teknologi seharusnya bisa membawa kita ke arah yang lebih baik. Kalaau yang terjadi sebaliknya, berarti kita perlu introspeksi diri lagi ya Anak Hits. Apakah kita selama ini sudah memanfaatkan kemajuan teknologi dengan bijak?