Keberadaan 7 kerajaan hebat ini mulai terlupakan oleh sejarah

Selama ini kamu mungkin hanya mengenal beberapa nama kerajaan hebat, kebanyakan pasti tahu dari catatan sejarah dunia modern. Padahal selain yang ada di catatan sejarah modern, ada banyak kerajaan hebat yang hilang dari pengetahuan publik. Di jamannya dan karena adanya kerajaan-kerajaan inilah, kejadian penting sejarah dunia tercipta.

Ngehits akan membawa kembali beberapa nama kerajaan hebat yang di masanya keberadaannya sangatlah penting, di antaranya :

1. Grand Duchy of Lithuania

Tidak banyak yang tahu bahwa Grand Duchy of Lithuania termasuk salah satu kerajaan paling kuat di benua Eropa. Di bawah kuasa Raja Mindaugas, semua suku di Lithuania sebagai sebuah negara.

King Mindaugas
King Mindaugas via cepelinas.eu

Dalam potongan sejarah disceritakan bahwa Lithuania sangat berpengaruh di seluruh Eropa TImur. Mereka juga pernah menaklukkan wilayah sepanjang Baltik hingga Laut Hitam, termasuk juga beberapa daerah yang kini masuk di negara Ukraina dan Rusia. Lithuania juga pernah beraliansi dengan Polandia, namun akhirnya berdiri sendiri sebagai negara merdeka.

2. Dinasti Merovingian

Bisa dibilang bahwa dinasti Merovingian adalah dinasti yang mencetak raja-raja pertama Perancis yang pernah menduduki sebagian besar wilayah Eropa. Di bawah pemerintahan Merovech, suku Perancis melawan berbagai suku Jerman di Eropa Barat. Dinasti kemudian berubah menjadi kerajaan dari semua kerajaan, di mana tiap kerajaan dipimpin raja sendiri. Tapi ide ini memicu perang saudara berkepanjangan di dalam dinasti Merovingian sendiri.

Dagobert I
Dagobert I via nndb.com & histoire-fr.com

Tahun 613, Raja Chlothar II menyatukan dan membangun dinasti ini menjadi kekuatan terpenting Eropa. Putranya, Dagobert I kemudian sukses membawa dinasi memperluas wilayah kekuasaannya. Sayang, dinasti ini berakhir ketika garis keluarga terhenti karena kekuasaan berpindah ke Pepin the Middle.

3. Kerajaan Mughal

Kalau kamu sempat menonton serial India Jodha Akbar yang tayang di TV swasta, kamu pasti pernah mendengar nama kerajaan ini. Setelah raja Humayun meninggal, kekuasaan jatuh pada Akbar yang masih berusia 13 tahun. Walau begitu, Akbar berhasil mengklaim kembali daerah dan membangun kerajaan ke masa kejayaannya.

kerajaan mughal
Kerajaan Mughal via wikipedia.org

Selama berabad-abad kerajaan Mughal menjadi pemerintahan paling kuat di wilayah India, khususnya untuk kekuatan militer dan perdagangannya.  Tapi kejayaannya mulai runtuh akibat perjanjian dengan British East India Company yang mengakibatkan mereka mengalami masalah finansial dan fanatisme agama di tahun 1700-an.

4. Crimean Khanate

Pada jaman itu, Golden Horde Mongolia adalah salah satu kerajaan terbesar sepanjang masa, tapi beberapa kerajaan mulai melepaskan diri. Dan mereka yang hengkang dari Golden Horde membentuk kerajaan baru bernama Crimean Khanate. Beberapa tahun setelah berdiri, mereka berperang dengan kerajaan Ottoman,walau akhirnya mereka kehilangan sebagian hak kemerdekaannya dan menjadi budak kuasa.

Crimean Khanate
via pinterest.com

Crimean Khanate juga dikenal karena perangnya terhadap Muscovite Russian (Moskow-Rusia), di mana mereka akhirnya mendapatkan kontrol penuh atas wilayah dan perdagangan budak Rusia. Sayang, karena Muscovite Russian merdeka dari Tatar dan semakin kuat, Crimea ditaklukkan dan kehilangan kemerdekaannya.

5. Kerajaan Trebizond

Ketika runtuh, Kerajaan Byzantine juga terbelah menjadi beberapa negara penerus, dan yang terlama tapi terlupakan oleh sejarah adalah kerajaan Trebizond. Padahal selama kerajaan ini berdiri, perdagangan dan lingkungan militer di Black Sea berhasil berkembang.

trebisonde
Trebisonde via wikipedia.org

Saat penakluk muslim mulai tersebar di Timur Tengah, Trebizond bersekutu dengan pemerintah Asia untuk menyerang Ottoman. Ottoman melakukan serangan balasan dan Trebizond kalah telak lalu lumpuh pada 1461.

6. Aragon

Aragon adalah kerajaan kuat sepanjang masa yang pernah mengendalikan hampir seluruh Mediterania. Tidak seperti kerajaan lainnya, Aragon menganut monarki gabungan dimana raja tetap berkuasa tapi bentuk negara yang condong ke serikat atau konfederasi.

Castillo de Loarre
Castillo de Loarre via romanicoaragones.com

Pada tahun 1137, Aradon berubah menjadi serikat antara Catalonia dan dinasti kerajaan Aragon. Singkat kemudian Aragon menguasai Mediterania Spanyol. Sebagian besar wilayah Aragon kini pusat Spanyol modern. Namun di abad 18, perang warisan membuat Spanyol jatuh ke tangan pimpinan pusat dan mengakibatkan Aragon terpuruk pula. Kini Aragon menjadi salah satu wilayah otonomi di Spanyol.

7. Visigoth

Visigoth adalah suku Jerman nomaden yang berkembang di Eropa selama masa Romania. Mereka dikenal memiliki prajurit yang mumpuni dengan pendapat politik yang luar biasa. Suku ini membentuk kerajaan mereka sendiri, Visigoth Kingdom of Toulouse yang tersebar dari selatan Spanyol hingga yang kini dikenal sebagai Perancis.

visigoth
Visigoth via rebelsmarket.com

Di akhir abad 7, raja Visigoth mengalami sengketa warisan, pemberontakan dan masalah kebangsawanan. Hingga di tahun 711, Arab melakukan invasi. Arab membunuh penguasa Visigoth terakhir, Raja Rodrigo, dan tewas pula identitas kerajaan Visigoth.