Merhatiin nggak? 8 Hal ini pasti ada di sinetron Indonesia

Sinetron Indonesia kini makin marak aja ya. Pagi, siang, sore, malem kalau kamu mantengin TV terus pasti bakalan ketemu sama acara satu ini. Nggak cuma jam tayangnya aja yang udah kayak obat, frekuensi tayangnya pun nggak kalah sering. Hampir tiap hari ada sinetron seliweran di layar kaca. Padahal kalau diamati baik-baik, sinetron kita punya stereotype yang sama antara satu dengan yang lainnya. Contohnya soal cewek. Lihat deh di sinetron-sinetron, cewek yang baik adalah cewek yang kalem dan penurut. Udah kayak malaikat gitu deh sikapnya. Aslinya, cewek yang urakan pun juga ada yang baik kok. Don’t judge a book by its cover deh! Sadar nggak kamu kalau tiap sinetron punya cewek baik-baik dengan ciri yang sama? Sadar juga nggak sama beberapa hal seragam ini?

1. Cewek Desa mukanya nggak kalah kinclong sama cewek di kota

Ceweknya cakep via dewikadjar
Ceweknya cakep via dewikadjar

Tau kan kehidupan di desa kayak apa? Kebanyakan cewek yang hidup di desa kerjaannya nggak jauh dari pasar, sawah, dan kebon. Otomatis muka mereka jarang banget ada yang kinclong mengkilap kayak habis perawatan dari salon. Nah, anehnya di sinetron cewek yang dari desa-desa ini kinclongnya kebangeten.

2. Orang yang punya tato pasti kriminal

Ada kok orang bertato yang suka disuapin via nanamon99.blogspot
Ada kok orang bertato yang suka disuapin via nanamon99.blogspot

Kalau kamu lihat di sinetron-sinetron, orang yang tatoan selalu tempatnya di pasar, jadi preman. Ada juga orang tatoan yang hidupnya mewah, tapi tetep aja kerjaannya masih berhubungan dengan kriminalitas. Padahal, nggak semua orang bertato itu ada hubungannya sama tindak kriminal. Bisa juga cuma karena mereka senang sama gambar-gambar yang menempel di kulit mereka.

3. Kejedot dikit bisa bikin amnesia

Amnesia via keepo
Amnesia via keepo

Di sinetron kejedot sedikit aja bisa ngeluarin darah banyak banget kayak datang bulan pas lagi lancar-lancarnya. Bisa juga tokohnya jadi amnesia cuman gara-gara kejedot ringan. Bener-bener nggak masuk akal.

4. Sehabis kecelakaan terbitlah cinta

Kecelakaan via tvguide
Kecelakaan via tvguide

Di sinetron tuh gampang banget dapat jodoh, bahkan pas kecelakaan pun tokohnya bisa langsung dapat jodoh. Kalau itu juga beneran kejadian di dunia nyata, pasti nggak bakalan ada deh yang namanya tabrak lari.

5. Pembantu cakep bikin jatuh cinta majikan

Pelayan cantik via kapanlagi
Pelayan cantik via kapanlagi

Mungkin cikal bakal pembantu cakep di sinetron ini dari film Inem Si Pelayan Seksi. Nggak jarang sinetron yang punya pembantu seksi. Nggak heran kalau majikannya sampai klepek-klepek sama pembantunya.

6. Cinta terhalang perbedaan status atau harta

Kaya dan miskin via mabiringbregint.indonesiaz
Kaya dan miskin via mabiringbregint.indonesiaz

Miris banget dah kisah ini. Sehabis kecelakaan, saling suka, eh ternyata salah satunya miskin. Gagal deh adegan cinta-cintaannya. Tapi, nggak perlu khawatir, mereka pasti bersatu kok.

7. Peran antagonis dandanan menor dan protagonis natural

Dandanan menor via showbiz.liputan6
Dandanan menor via showbiz.liputan6

Ingat Lely Sagita, ratu antagonis sinetron jaman dulu? Coba kamu inget-inget dandanannya gimana? Menor banget kan? Entah apa tujuannya tokoh antagonis selalu dandan menor dan yang protagonis dandan minimalis.

8. Anak SMA pakai seragam, tapi jarang kelihatan belajar di sekolah

GGS via iberita
GGS via iberita

Sinetron dengan cerita anak SMA ini punya keanehan tersendiri. Di sinetron dengan genre ini, anak-anak SMA sering ditunjukkan pakai seragam lengkap dengan atribut-atributnya, tapi mereka jarang banget adegan belajar di kelasnya. Yang ada malah main gadget, cinta-cintaan, ngerumpi, bahkan saling olok-olokan antar geng. Aduh!

Gimana? Sempet merhatiin nggak kalau di setiap sinetron Indonesia selalu ada salah satu dari 8 hal di atas? Atau saking kamu terkesima sama sinetron, jadi nggak merhatiin?