Kisah di balik foto-foto paling berpengaruh di dunia ini bisa mengoyak perasaan

Beberapa peristiwa di dunia sangat menarik jika diabadikan melalu fotografi. Seperti peristiwa robohnya gedung WTC di Amerika. Setiap kali kita melihat foto gedung tersebut terbakar dan roboh, pasti ada sedikit perasaan bercampur aduk yang menyelimuti hati kita. Selain foto peristiwa 11 September itu, berikut Ngehits rangkum beberapa foto dari peristiwa di dunia yang akan mengoyak perasaanmu.

Sepasang sepatu baru Werfel

52d8e9f8ce331
Alhamdulillah sepatu baru/Imlee

Foto yang diambil pada 30 Desember 1946 oleh Gerald Waller ini berkisah tentang Werfel, si bocah yatim piatu yang menerima pemberian sepatu dari  Palang Merah Amerika. Bocah ini tinggal di panti asuhan “Am Himmel” di Wina. Ekspresi bersyukurnya ini menyentuh hati banyak orang.

Tunggu aku Ayah

52d9a11285a22
Wait for me, daddy/Imlee

Claude P. Detloff mengambil foto ini saat para tentara berbaris menuju kereta yang akan  mengangkut mereka di British Columbia. Daya tarik dari foto ini adalah Whitey Bernard, bocah 5 tahun yang melepaskan gandengan tangan ibunya dan kemudian berlari untuk menggandeng tangan ayahnya. Perpisahan yang menyedihkan ya Anak Hits.

Berjumpa kembali dengan sang putri

52d8e620960ad
Aku rindu ibu/Imlee

Mayor Terri Gurrola bertugas di Irak selama 7 bulan. Kebahagiaannya tak terbendung ketika ia kembali dan bertemu dengan putrinya, Gaby. Saat ia mendengar teriakan, “Ibu!” Ia langsung berlari dan memeluk Gaby erat sambil menangis. Saat itu semua orang di lokasi tersentuh dan ikut menitikkan air mata.

Berpisah kembali dengan saudara

52d99d0473624
Sampai jumpa lagi/Imlee

Seorang pria dari Korea Utara melambaikan tangan pada saudaranya yang menangis. Keuda saudara ini bertemu kembali pada tahun 2010 setelah terpisah saat perang pada tahun 1950-1953. Bayangkan berapa lama mereka tidak bertemu.

Bebas dari kamp penguburan

52d99d1c51466
Bebas dari eksekusi mati/Imlee

Foto ini diambil oleh Mayor Benjamin saat para tahanan kamp penguburan ini dibebaskan. Ekspresi bahagia tergurat di wajah para tawanan ini. Yang melihatpun seakan ikut lega mereka tak jadi dihabisi.

Berdoa untuk yang meninggal

52d99d000ae48
Semoga arwahnya diterima di sisiNya/Imlee

Seorang biksu mendoakan arwah orang tua yang meninggal mendadak saat menanti kereta di Shanxi Taiyuan, Cina.

Pemakaman anjing labrador di India

52d99cf82985c
R.I.P Zanjeer/Imlee

Pemakaman anjing labrador di India ini juga menarik banyak mata dunia. Zanjeer, seekor anjing yang berhasil mendeteksi lebih dari 3329kg peledak, 600 detonator, 249 granat, dan 6406 amunisi pada saat peristiwa pengeboman berantai di Mumbai ini dimakamkan layaknya pahlawan. Zanjeer meninggal pada tahun 2000 karena kanker tulang.

Bayi ditemukan kembali

52d99d20cbbfe
Suatu mukjizat, bayi ini ditemukan/imlee

Bayi berumur 4 bulan ini ditemukan kembali setelah hilang selama 4 hari setelah tsunami menerjang Jepang. Bayi bernama Iroha Ishikawa ini ditemukan oleh salah seorang tentara Jepang, Koji Chiba. Benar-benar sebuah keajaiban.

Rakyat Perancis berduka

52d9a10a4de48
Sedih melihat negaranya dikuasai/Imlee

Salah satu rakyat Perancis menangis ketika NAZI mulai menduduki Paris selama Perang Dunia ke-2.

Eksekusi mati

52d8eae7b2e8c
YAhudi terakhir dari Vinnitsa/Imlee

Dalam foto ini terlihat seorang yahudi yang berjongkok di pinggir parit tempat mayat para yahudi lainnya yang telah dieksekusi mati. Foto ini ditemukan di sebuah album foto milik tentara Jerman, dan dibelakangnya tertulis judul “Yahudi terakhir Vinnitsa”.

By the way, sudah habis berapa tissue Anak Hits? Kalo kamu punya foto yang lebih cadas, share juga ya. Sementara kamu mencari fotonya, share juga artikel ini agar kamu nggak sedih sendirian.