Koneksi Wi-Fi di terminal 3 bandara Soetta menjadi yang tercepat di dunia

Indonesia boleh bangga, kecepatan koneksi Wi-Fi di bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) diklaim sebagai yang tercepat di dunia. Ini terjadi setelah pihak pengelola bandara, PT. Angkasa Pura (AP) II, mempercepat koneksi Wi-Fi di Terminal 3 hingga mencapai 50 Mbps.

Kecepatan koneksi di terminal 3 tersebut diklaim mengalahkan Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand. Padahal pada bulan Desember 2015 menurut survei RottenWi-Fi, bandara Don Mueang diklaim sebagai bandara yang punya koneksi tercepat dengan kecepatan rata-rata 44,22 Mbps untuk download dan 42,28 Mbps untuk upload.

“Saat ini kecepatan koneksi WiFi di seluruh bandara AP II rata-rata 20 Mbps yang ke depannya juga akan ditambah menjadi 50 Mbps,” ucap Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddindi seperti dilansir Ngehits dari Suara.com.

“Peningkatan kecepatan koneksi WiFi juga merupakan salah satu langkah awal kami dalam mengembangkan aspek teknologi informasi dan komunikasi di bandara-bandara AP II dalam program Airport Go Digital,” lanjut dia.

Rencananya akan dibangun 100 access point dengan bandwith mencapai 50 Mbps. Selain peningkatan kecepatan akses Wi-Fi, pihak pengelola bandara juga mempersiapkan aplikasi smartphone smart airport mobile application yang mempermudah penumpang menggunakan fasilitas-fasilitas di seluruh bandara yang dikelola perusahaan.

Pengelola bandara menargetkan Bandara Internasional Soetta dapat meraih rating Bintang 5 versi Skytrax dari dua tambahan fasilitas di atas. Saat ini Bandara Internasional Soetta masih mendapat rating bintang 3.

Layanan akses wi-fi berkoneksi tinggi ini dapat digunakan gratis selama 15 menit dengan memasukkan nomor hp. Sedangkan bagi yang memerlukan koneksi lebih lama bisa memilih paket Rp5.000 untuk 1 jam, Rp20.000 untuk 6 jam, dan Rp50.000 untuk 24 jam.