Aneh! 4 Kuburan ini bikin kamu lupa rasa takut

Kalau kamu mendengar kata kuburan, apa yang ada di benak kamu? Merinding dan makhluk-makhluk halus menyeramkan kan? Kuburan memang merupakan tempat yang nggak pengen kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu atau berwisata. Ya gila aja, siapa juga yang mau rekreasi ke kuburan? Yang ada malah stress gara-gara ketakutan.

Sebenarnya ada sisi lain dari kuburan yang bisa kamu lihat. Tempat tersebut tenang dan bikin kamu merenung, bahwa kamu nggak selamanya hidup di dunia ini. Suatu saat kamu juga bakalan beristirahat di tempat itu. Kalau menurut kamu nggak seperti itu, seenggaknya para taphopile atau orang-orang yang tertarik pada tempat peristirahatan terakhir itu beranggapan demikian. Mereka lebih suka menghabiskan waktu di kuburan. Apalagi kalau kuburannya seperti 4 kuburan ini.

1. Beechwood Cemetery, Ottawa

Diresmikan pada tahun 1873 Beechwood Cemetery merupakan kuburan paling indah dan bersejarah di Kanada. Dibangun sebagai situs sejarah nasional, dengan luas sekitar 65 hektar, kuburan ini memiliki taman yang indah, pohon-pohon tua, kolam, air mancur yang mempesona, dan lebih dari 35.000 bunga tulip.

Beechwood Cemetery. Ottawa via mnn
Beechwood Cemetery. Ottawa via mnn

Kamu bisa menikmati keindahan alam dan melihat beragam burung dan kupu-kupu. Di kuburan ini sudah bersemayam sekitar 75.000 rakyat Kanada, termasuk para tentara, veteran, pejuang perang, perdana menteri, dan banyak orang-orang pemerintahan Kanada lainnya. Beechwood Cemetery melayani pemakaman semua kalangan dari beragam ras dan kepercayaan, termasuk muslim.

2. Bonaventure Cemetery, Georgia

Kuburan ini dibuka untuk umum pertama kali pada tahun 1907. Sebelum menjadi pemakaman umum, di tahun 1846 tempat ini merupakan sebuah perkebunan. Kuburan ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting film garapan Clint Eastwood pada yahun 1997 yang berjudul ‘Midnight in the Garden of Good and Evil’. Sebuah film adaptasi novel kriminal dari penulis terkenal John Berendt.

Bonaventure Cemetery, Georgia
Bonaventure Cemetery, Georgia via mnn

Seorang naturalis bernama John Muir sangat tergila-gila akan keindahan Bonaventure Cemetery ini, sampai-sampai dia pernah berkemah di tempat ini! Keindahan Bonaventure Cemetery ini juga ia tulis di bukunya yang berjudul ‘A Thousand-Mile Walk to the Gulf’. Di bukunya tersebut dia mengatakan, ‘Bonaventure adalah sebuah pemakaman, kota orang mati, tapi beberapa makam tampak sangat tenggelam dalam kedalaman hidup. Suara beriak air, kicauan burung, keindahan bunga yang memanjakan mata, ketenangan, dan kemegahan pohon oaknya yang tak tersaingi membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang sangat istimewa bagi Tuhan untuk peristirahatan kehidupan dan cahaya.’

3. Green-Wood Cemetery, Brooklyn

Green-Wood Cemetery, Brooklyn
Green-Wood Cemetery, Brooklyn via mnn

Sejak tahun 1838 kuburan ini menjadi taman nasional sekaligus pemakaman di Amerika. Di awal tahun 1860 menjadi tempat wisata paling banyak nomor 2 setelah Air Terjun Niagara dengan pengunjung sebanyak 500.000 orang. Di tempat ini kamu bisa melakukan piknik bersama keluarga, naik andong, dan melihat-lihat pahatan yang indah. Dengan luas 193 hektar, Green-Wood Cemetery ini terdiri dari lembah, perbukitan, kolam, jalan setapak, dan koleksi patung abad 19 dan 20. Perang Long Island juga terjadi di lahan Green-Wood Cemetery pada tahun 1776. Sayangnya saat ini beberapa pahatan dan patung mulai mengalami kerusakan karena usia dan faktor cuaca.

4. Hollywood Forever Cemetery, Los Angeles

Seperti namanya, Hollywood Forever Cemetery merupakan tempat beristirahatnya banyak bintang Hollywood. Gitaris grup band Ramones, Johnny Ramone, salah satynya. Diresmikan pada tahun 1899, Hollywood Forever Cemetery merupakan bagian dari salah satu studio film Hollywood yaitu Paramount Studio.

Hollywood Forever Cemetery, Los Angeles via mnn
Hollywood Forever Cemetery, Los Angeles via mnn

Selain musikus, kuburan ini juga menjadi pilihan tempat beristirahat terakhir penulis, sutradara, dan artis. Sehingga kuburan ini dinobatkan sebagai salah satu tempat bersejarah. Orang-orang datang ke sini untuk mengenang Cecil B. DeMille (Sutradara film ‘Samson and Delilah’), Jayne Mansfield (model majalah Playboy) , Rudolph Valentino (aktor film bisu dari Italia), Douglas Fairbanks (aktor film ‘Robin Hood’), dan banyak orang terkenal lainnya.

Tuh kan bener, nggak selamanya kuburan itu nyeremin. Tuh buktinya adanya kuburan yang malah jadi tempat wisata. Nggak merinding lagi deh.