9 Lagu ini bisa buat kamu jago Bahasa Inggris dalam waktu singkat

Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Musik adalah salah satu cara paling efektif untuk melepas stress atau membuat kamu lebih bersemangat dalam berkegiatan sehari-hari. Namun bagi kamu yang senang dengan lagu-lagu barat, ada banyak lirik yang bisa bikin kamu makin jago bahasa Inggris lho.

Selain mempelajari sejumlah kata baru, lagu-lagu barat juga bisa ngebantu kamu dalam memahami lebih baik mengenai pengucapan hingga tata bahasa yang baik. Tentunya ini akan jauh lebih menyenangkan ketimbang membayar mahal untuk mengikuti les, yang belum tentu bikin English-mu makin oke.

Berikut NgeHits rangkum sembilan lagu yang bisa buat kemampuan bahasa Inggris-mu makin jago dalam waktu singkat:

1. Paramore – The Only Exception

Hayley Williams via YouTube
Hayley Williams via YouTube

Lagu yang menonjolkan karakter suara khas Hayley Williams ini bisa mengajarkan kamu pentingnya penggunaan beberapa penyebutan subjek yang berbeda, seperti ‘I’ dan ‘You’. Selain itu, kamu juga bisa membedakan kapan harus menggunakan partikel tambahan seperti ‘is’, ‘am’, dan, ‘are’.

2. Diamond – Rihanna

Rihanna via iTunes
Rihanna via iTunes

Bahasa Inggris mengenal konsep past tense, di mana kegiatan yang dilakukan di masa lalu akan disebut dengan menggunakan jenis kata dan tatanan kalimat yang berbeda. Hal ini seringkali menyulitkan mereka yang belum terbiasa. Namun tak perlu khawatir, jika sering mendengarkan ‘Diamond’, niscaya kamu bakal lebih tahu kapan dan bagaimana cara yang pas untuk menggunakan past tense.

3. My Love – Westlife

Westlife via Wanyaland
Westlife via Wanyaland

Jika sebelumnya Rihanna sudah mengajarkan kamu mengenai Past Tense, maka kini kita bisa beralih ke boyband yang pernah ngetop di era 90an, Westlife, untuk memperdalam kemampuan menggunakan present tense – alias kalimat untuk menjelaskan kondisi masa kini. Dikutip dari lagu ‘My Love’ kamu bisa mencermati kapan tak perlu menggunakan imbuhan ‘am’, seperti dalam lirik ‘So i say a little prayer’ dan ‘I hope my dreams will take me there’.

4. Hello – Adele

Adele via YouTube
Adele via YouTube

Adele sukses mengguncang jagat musik dunia di akhir tahun 2015 dengan single terbarunya yang bernuansa galau, ‘Hello’. Lagu yang lagi-lagi menonjolkan kekuatan vokal penyanyi asal Inggris ini tak hanya membius lewat alunan melodinya, namun juga liriknya yang punya makna dalam. Tak sampai di situ, kamu juga bisa mempelajari berbagai macam kalimat tanya dengan kata-kata yang sopan di lagu ini.

5. Love Story – Taylor Swift

Taylor Swift via YouTube
Taylor Swift via YouTube

Imbuhan seperti ‘have been’ terdengar sederhana dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, namun seringkali masih ada banyak orang yang salah menggunakannya. Namun dengan mencermati lagu ‘Love Story’ dari Taylor Swift, kamu harusnya lebih jago lagi. Simak saja lirik ‘I have been feeling’ yang menunjukkan bahwa untuk setiap kata kerja yang mengikuti ‘have been’ harus mendapatkan tambahan ‘-ing’. Simple bukan?

6. Every Breath You Take – The Police

Sting via YouTube
Sting via YouTube

Lagu legendaris karangan grup band Inggris, The Police, ini seringkali disalahartikan sebagai lagu cinta. Padahal aslinya mengisahkan seorang stalker yang begitu obsesif dengan orang yang ia sukai. Namun terlepas dari hal tersebut, lagu menggunakan banyak kata ‘every’ yang bagus untuk memberikan contoh padamu, bahwa ‘every’ hanya digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang bersifat tunggal alih-alih jamak.

7. Viva La Vida – Coldplay

Coldplay via VeeHD
Coldplay via VeeHD

Coldplay sempat disangka lebih religius ketika mengeluarkan single Viva La Vida. Tapi buat kamu yang gak terlalu ambil pusing mengenai makna lagu ini, kamu bisa mencermati penggunakan kata ‘used to’ dalam bagian ‘I used to rule the world’. Dari sini kita bisa tahu bahwa ‘used to’ digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang terjadi di masa lalu dan harus diikuti dengan kata kerja bentuk satu.

8. Sorry – Justin Bieber

Justin Bieber via YouTube
Justin Bieber via YouTube

Buat kamu yang sering bingung pas pengen nanya dalam bahasa Inggris, ‘Sorry’ milik Justin Bieber bisa jadi referensi yang bagus. Perhatikan lirik ‘Is it too late now to say sorry?’. Dari sini, kamu bisa ingat-ingat bahwa kalimat tanya dalam bahasa Inggris selalu disusun dengan menggunakan to be plus subjek.

9. Love Yourself – Justin Bieber

Justin Bieber via YouTube
Justin Bieber via YouTube

Lagi-lagi lagu Justin Bieber bisa buat kita tahu lebih banyak tentang bahasa Inggris. Buat kamu yang pengen ngasih nasihat sama temenmu dari Amerika Serikat atau Inggris, penggunaan kata ‘Should’ bakal membuat saranmu terdengar lebih halus dan jauh dari kesan memaksa. Nah, hal ini bisa kamu pelajari dengan mendengarkan lirik seperti ‘You should go and love yourself’. Jika kamu perhatikan, kata ‘Should’ selalu digunakan setelah subjek.