Produk-produk made in Indonesia yang mendunia

Tidak selamanya negara ini bergantung pada produk-produk impor yang masuk ke pasar Indonesia, karena ternyata cukup banyak juga produk made in Indonesia yang sudah menembus bisnis dunia. Berikut beberapa produk tersebut, NgeHits sudah buat daftarnya hanya untuk kamu.

1. Polytron

Produk Polytron via arjunaelektronik

Perusahaan elektronik satu ini pabriknya berada di Kudus dan Semarang, Jawa Tengah. Merek ini tidak asing lagi di telinga kita karena sudah mulai beroperasi sejak 1970an sampai sekarang. Produk televisinya ternyata tidak hanya ada di rumah-rumah kita, tapi menembus pasar luar negeri.

2. Byon

Laptop Byon via siradel

Jangan heran kalau laptop yang satu ini harganya murah, karena memang Byon adalah produk made in Indonesia yang pantas kita banggakan. Tentu saja kualitasnya sudah terjamin dan gak kalah dengan produk teknologi canggih lain.

3. J.Co

large
Donat J.Co via weheartit

Salah besar kalau kamu pikir merek makanan yang satu ini asli Amerika atau Eropa, karena J.Co memang asli Indonesia. Kantornya ada di Jakarta, dan sekarang tokonya sudah bisa ditemukan tidak hanya di dalam negeri, namun juga beberapa negara lain.

4. Indomie

Indomie via indofood

Mie instan yang bisa ditemukan di penjuru Indonesia ini ternyata juga memanjakan lidah pecinta mie di beberapa negara lain. Jangan salah, bahkan makanan ini sudah sampai di dapur orang Afrika, lo!

5. Essenza

Ubin Essenza via kembiri

Produk ubin dengan desain menarik ini ternyata bukan buatan Eropa, tapi diproduksi di Tangerang. Faktanya, bahkan Essenza yang dikirim ke Italia sebagai produk ekspor karena sudah memenuhi kualitas internasional.

6. Extra Joss

Extra Joss via ebay

Minuman berenergi yang diproduksi oleh PT. Bintang Toedjoeh ini ternyata sudah diekspor ke berbagai negara. Antara lain Malaysia, Filipina dan Vietnam. Extra Joss bahkan menguasai 80 persen pasar minuman energi di Filipina.

7. Terry Palmer

Handuk Terry Palmer via swakoo

Banyak yang mengira kebutuhan rumah tangga ini produksi luar negeri, padahal pabriknya berada di Tangerang. Merupakan produk PT.Indah Jaya yang telah menembus pasar Jepang, Amerika, dan negara-negara di Eropa.

8. Paseo

Tisu Paseo via oppastan

Produk tisu yang diproduksi oleh PT. Pindo Deli sejak tahun 1998 ini ternyata tidak hanya tersedia di Indonesia. Paseo kini telah diekspor ke beberapa negara termasuk Singapura, Filipina, Australia, dan Belgia.

9. Polygon

Sepeda Polygon via pinterest

Salah besar kalau kamu kira sepeda yang kamu naiki itu produk luar, karena ternyata perusahaan Polygon berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Pilihan dan kualitas produk yang memuaskan menjadikannya pantas untuk dijadikan komoditi ekspor.

10. Le Monde

Produk Le Monde via asiadigitalprinting

Merupakan produk kebutuhan anak dan bayi, Le Monde mulai dibuat pada tahun 1982. Empat tahun sejak berdirinya, Le Monde sudah berhasil mengekspor ke Bahrain, Kuwait, Australia, dan Jerman. Bahkan Le Monde pernah menyabet penghargaan Best Asean Infant Wear 2005.

11. Kapal Api

Kopi Kapal Api via seroyamart

Pecinta kopi pasti tidak asing lagi dengan merek Kapal Api yang memang sudah menguasai pasar Indonesia sejak tahun 1920an. Kenikmatan Kopi Kapal Api juga dapat dinikmati di Malaysia, Myanmar, juga di China.

12. Hoka Hoka Bento

Hoka Hoka Bento via selerakita

Makanan yang disajikan memang kualitasnya setara dengan restoran Jepang asli, makanya Hoka Hoka Bento sering dikira milik perusahaan asing. Restoran yang dinaungi oleh PT. Eka Bogainti ini pertama kali membuka outletnya di Kebun Kacang, Jakarta.

13. Buccheri

Buccheri via probisnis

Produk kulit ini ternyata diproduksi mulai tahun 1980 melalui PT. Vigano Cipta Perdana. Jangan salah lagi dengan mengira sepatu dan tas cantik itu buatan orang Italia ya. Nyatanya malah orang luar negeri yang memakai produk dalam negeri ini.

14. Kedawung Group

Produk Kedaung Group via campurandom

Saat ini Kedawung menjadi salah satu pabrik pecah belah terbesar di dunia, dengan 150 negara tujuan ekspor. Setengah dari total produksi diekspor ke Negara Asia, Timur Tengah, Afrika dan Australia.