Awas, 7 makanan dan obat berikut ini tak boleh dicampur

Obat merupakan salah satu cara tepat untuk menangani penyakit. Dengan meminum obat, tubuh diharapkan bisa memberikan reaksi penyembuhan, sesuai dengan zat kimia yang terkandung di dalamnya. Namun tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan tertentu bisa membuat reaksi obat menjadi tidak terlalu signifikan?

Contohnya saja, mereka yang memiliki penyakit asma sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kafein, zat yang membuat seseorang menjadi hiperaktif dan pada gilirannya nanti bisa membuat seseorang kesulitan bernafas.

Lantas, apa saja makanan yang dilarang dikonsumsi oleh mereka yang sedang meminum obat untuk penyakit tertentu? Berikut NgeHits sudah rangkum tujuh di antaranya untuk kamu:

1. Pisang dan Obat Tekanan Darah

Pisang via Healthy Food Style
Pisang via Healthy Food Style

Jika kamu sedang menjalani perawatan untuk mengatasi tekanan darah, amat dianjurkan untuk tidak memakan makanan yang mengandung banyak potasium. Pisang adalah makanan yang banyak mengandung potasium dan ketika dikonsumsi berlebihan, bisa membuat jantung berdetak lebih cepat dari ritme normal.

2. Alkohol dan penahan rasa sakit.

Alkohol via Icytales
Alkohol via Icytales

Jika kamu tengah mengonsumsi obat penahan rasa sakit, terutama bagi yang sedang mengalami diabetes atau penyakit lainnya, lebih baik tidak mengonsumsi alkohol. Begitu alkohol masuk ke dalam tubuh, bersama dengan obat, liver akan bekerja lebih keras untuk mengurai alkohol. Hal ini bisa membuat organ kita rusak lebih cepat.

3. Sayuran dan antikoagulan

Sayuran via Just Juice
Sayuran via Just Juice

Jika kamu sedang mengonsumsi obat pengencer darah, maka akan lebih baik jika tidak banyak memakan sayuran-sayuran hijau. Bayam dan brokoli adalah makanan yang banyak mengandung vitamin K, salah satu zat yang bisa mengobati pembekuan darah. Oleh karena itu, mengonsumsi antikoagulan dan sayur bersamaan amat tidak direkomendasikan.

4. Akar manis dan obat jantung

Licorice via NBC Washington
Licorice via NBC Washington

Bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan untuk penyakit jantung, sebaiknya tidak mengonsumsi Liquorice atau akar manis. Makanan ini akan menurunkan kadar potasium di dalam tubuh dan ketika ini terjadi, pasien akan merasa lebih lemah, dan juga punya detak jantung tak beraturan.

5. Anggur dan obat penurun kolesterol

Jeruk via Healthi Nation
Jeruk via Healthi Nation

Anggur mengandung zat kimia yang mencegah tubuh untuk mengurai kolesterol. Sementar obat penurun kolesterol membantu menurunkan tekanan darah. Jadi akan amat bagus bagi kamu untuk menghindari makanan yang satu ini.

6. Susu dan Antibiotik

Susu via ABC
Susu via ABC

Obat seprti ciprofloxacin dan tetracycine seharusnya dikonsumsi satu jam sebelum makan atau dua jam sesudah makan, dan obat ini harus diminum dengan air, bukan susu. Jika yang terjadi malah sebaliknya, obat tersebut akan lebih tidak efektif dalam membunuh virus yang ada di dalam tubuh.

7. Lemon dan obat batuk

Lemon via Sobeys
Lemon via Sobeys

Jika kamu mengonsumsi obat batuk yang mengandung dextromethorphan, maka amat penting untuk tidak mengonsumsi lemon atau buah jeruk. Asam yang berasal dari buah tersebut dan kombinasi dengan dextromethorpan akan membuat tubuh terasa lebih lemas, serta berpotensi memicu terjadinya halusinasi.