Cegah kerusakan otak dengan lima makanan berkhasiat ini

Otak adalah salah satu organ terpenting yang mengatur cara kerja organ lain di dalam tubuh. Jika otak tidak berfungsi dengan baik, organ lain juga akan terganggu. Oleh karena itu, kamu wajib memakan makanan yang bisa membantu otak bekerja dengan maksimal setiap hari.

Memakan jenis makanan tertentu yang bagus untuk otak juga akan menghindarkan kita dari penyakit berbahaya, seperti parkinson, dementia, dan alzheimer. Selain itu, kita juga harus sadar bahwa mood dan tingkat konsentrasi juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang masuk dalam tubuh.

Berikut NgeHits sudah rangkum lima jenis makanan super, yang memiliki manfaat positif untuk otak dan juga tubuh.

1. Teh Hijau

Teh Hijau via Beware of Drugs
Teh Hijau via Beware of Drugs

Anti-Oksidan yang ada di dalam teh hijau akan membantu menghilangkan radikal bebas. Polifenol yang ada di dalamnya juga membantu menghindari penumpukan protein di dalam otak dan mengurangi terjadinya resiko dementia. Polifenol juga bagus untuk menambah daya ingat dan meningkatkan kinerja otak.

2. Bayam

Bayam via Wolves Fitness
Bayam via Wolves Fitness

Bayam adalah makanan yang kaya akan potasium, sehingga dianggap sebagai salah satu sayuran terbaik untuk otak. Potasium akan membantu otak bekerja dengan baik. Mengonsumsi bayam akan mencegah sel tak kita mengalami kerusakan dan meminimalisir terjadinya dementia.

3. Apel

Apel via Food and Meal
Apel via Food and Meal

Apel mengandung zat khusus bernama quercetin, yang bekerja sebagai anti-oksidan yang amat ampuh. Hal tersebut melindungi otak dari penyakit degenerasi seperti Parkinson dan Alzheimer. Apel juga melindungi sel-sel syaraf dari kerusakan dan mengurangi resiko terkena kanker paru-paru serta prostat.

4. Alpukat

Alpukat via Healthination
Alpukat via Healthination

Mineral yang terkandung di dalam alpukat bisa memperbarui oksigen yang mengalir di dalam darah. Di sisi lain, anti-oksidan yang terdapat di dalam alpukat juga bisa mencegah terjadinya stress dan inflamasi sel-sel, yang terjadi akibat paparan radikal bebas.

5. Kunyit

Kunyit via 3BP
Kunyit via 3BP

Kunyit mengandung banyak kurkumin, yakni anti-oksidan alami dan memiliki kandungan anti-inflamasi, yang bagus bagi mereka yang tengah mengalami gangguan otak.

Itu tadi adalah lima makanan yang bisa mencegah otakmu mengalami kerusakan. Jangan lupa makan makanan ini secara teratur, untuk menjaga agar kondisi tubuhmu tetap fit setiap hari.