Benar teh hijau efektif untuk diet? Baca dulu ini!

Kebutuhan akan menurunkan berat badan itu semata bukan karena penampilan ya, tapi yang paling penting adalah kesehatan. Kalau berat badan sudah berlebihan, ada baiknya kamu memulai diet untuk menyeimbangkan lagi massa tubuh biar badan kamu tetap fit. Dan pasti kamu udah gak asing lagi sama yang namanya teh hijau yang katanya bagus untuk diet alami. Tapi apa kamu udah benar-benar paham kandungan apa yang menjadikan teh hijau sebagai resep diet yang mujarab?

Temukan jawabannya cuma di NgeHits.

Kombinasi sempurna kafein dan catechins

Kafein dan catechin pada teh hijau via lakesidenaturalmedicine

Sebab pertama teh hijau cocok sebagai bahan penurun berat badan adalah karena kombinasi kandungan kafein dan catechin yang sempurna. Teh hijau mengandung 24-40 mg kafein per cangkir, yang dapat membakar lemak dan meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh yang bisa dibakar. Sedangkan catechin juga merupakan elemen penting yang bersifat antioksidan dan bekerja meningkatkan hormon norepinephrine. Peningkatan hormon tersebut membantu peluruhan lemak, dan bekerja sangat baik dengan kafein.

Teh Hijau dan Berat Badan

Teh hjiau untuk diet via happygreen

Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan dan mendukung pendapat bahwa teh hijau memang bisa menurunkan berat badan. Dijamin dengan penjelasan ini kamu gak bakal ragu-ragu lagi deh!

  • Pada sebuah penelitian selama 8 minggu terhadap orang-orang yang minum teh hijau, terbukti bahwa mereka berhasil membakar lebih banyak kalori 17% saat berolahraga dibandingkan yang tidak minum teh hijau.
  • Sebuah penelitian pada kelompok kecil yang terdiri dari partisipan laki-laki, konsumsi teh hijau membantu mereka menurunkan lemak baik saat beraktivitas maupun saat beristirahat .
  • Tinjauan penelitian terhadap ekstrak teh hijau menunjukkan bahwa tumbuhan ini mampu meningkatkan jumlah kalori yang terbakar sebesar 3% sampai 8%.
  • Pada sebuah penelitian terhadap 60 pasien obesitas, ditemukan bahwa penggunaan ekstrak daun teh dapat mendorong penurunan berat badan 33 kg setelah 3 bulan. Wow!
  • Penelitian juga menunjukkan bahwa yang menjadi target dari teh hijau adalah lemak visceral yang juga bisa mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung.
  • Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat menurunkan nafsu makan, sehingga mudah untuk mengendalikan pola makan tanpa harus kelaparan.
Gimana? Masih kurang yakin dengan khasiat teh hijau untuk program dietmu?

Tips Diet dengan Teh Hijau

Minum teh via wikihow

Nah, kalau sudah tahu pasti kandungan dan fungsi teh hijau, sekarang waktunya kamu ketahui tips-tips untuk diet dengan teh hijau, agar kamu bisa dapatkan berat badan yang ideal.

Pertama, kamu harus tahu kalau diet dengan teh hijau tidak berarti bahwa hanya dengan mengkonsumsinya kamu bisa langsung menurunkan berat badan dengan instan ya. Tapi fungsi teh hijau ini adalah untuk menggantikan makanan dan minuman kurang sehat dan berkalori yang selama ini kamu konsumsi. Jadi kamu harus tetap mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat dan olahraga.

Jadikan teh sebagai pengganti sajian kopi rutin di pagi hari, dan carilah cara untuk membiasakan kegiatan ‘minum teh’ sebagai salah satu rutinitasmu. Disamping meminumnya dalam keadaan panas, kamu juga bisa menjadikan teh hijau minuman dingin yang segar di hari yang panas tanpa harus takut kehilangan khasiatnya.

Dan kamu bisa minum 2-3 cangkir teh hijau per hari untuk hasil yang maksimal. Pastikan kamu tidak menambahkan gula atau krim, karena bisa-bisa proses dietmu sia-sia dengan menimbun kalori lagi. Tapi kamu bisa memilih produk teh hijau yang telah diberi perasa, namun bacalah kandungan atau komposisinya dengan teliti, jangan sampai ada kandungan gula atau krim.