Berkat ilmu pengetahuan, terungkap alasan perempuan lebih dingin

Banyak banget mitos-mitos kesehatan yang selama ini kita dengar tanpa tahu asal atau bukti yang sebenarnya. Kalau kamu sering bingung dengan kebenaran dari mitos-mitos tersebut. Contohnya saja kenapa kaki dan tangan perempuan lebih dingin dibandingkan laki-laki. Bukan karena perempuan hatinya lebih dingin, tapi memang syaraf mereka lebih sensitif terhadap perubahan suhu.

Nah ada lagi mistos lain yang sudah terpecahkan. NgeHits bakal kasih tahu kamu 12 misteri kesehatan yang berhasil dipecahkan secara klinis sehingga sudah terbukti kebenarannya.

1. Tangan dan kaki perempuan lebih dingin

Hal ini dikarenakan oleh syaraf yang mengatur peredaran darah perempuan yang lebih sensitif. Sehingga saat udara dingin, syaraf perempuan akan lebih mudah terserang dan merendahkan temperatur darah sehingga menyebabkan kaki dan tangan perempuan terasa lebih dingin daripada laki-laki.

2. Fungsi kotoran telinga

Kotoran telinga via livestrongcdn

Ternyata keberadaan kotoran telinga itu penting untuk menangkal benda-benda asing masuk ke dalam saluran telinga dalam, misalnya debu, pasir, atau serangga. Sebenarnya kurang tepat kalau kamu sering membersihkan telinga dengan cottonbud, lebih baik bersihkan bagian luar telinga saja dan jangan memasukkan cotton bud terlalu dalam.

3. Bulu kuduk yang berdiri

Bulu berdiri via kidsdiscover

Bulu kuduk akan berdiri kalau kamu merasa kedinginan . Hal ini disebabkan karena saat merasakan dingin, otot diantara rambut akan berkontraksi, menyebabkan rambut berdiri dan mendorong terbentuknya lapisan insulasi pada kulit. Jadi buang jauh-jauh pikiran kalau bulu kuduk berdiri karena dilewati makhluk halus.

4. Remaja tidur lebih larut

Tidur malam via cathe

Kamu yang memasuki usia remaja atau dewasa awal cenderung akan tidur lebih malam daripada saat anak-anak. Ternyata hal ini tidak sesederhana yang selama ini dipikirkan, karena pola tidur ini disebabkan oleh hormon melatonin yang mengatur siklus tidur pada manusia. Dibandingkan dengan anak-anak, hormon ini akan keluar lebih malam saat remaja, karena itulah kamu tidur lebih malam saat menginjak usia belasan.

5. Ukuran bibir orang tua lebih tipis

Bibir tipis via webmd

Ukuran bibir manusia akan semakin tipis semakin usia bertambah. Hal ini dikarenakan oleh produksi kolagen, dimana semakin tua maka semakin sedikit kolagen yang dihasilkan oleh tubuh. Kolagen adalah protein yang membentuk ukuran bibir. Salah satu cara untuk menjaga bentuk bibir adalah menghindarkan dari sinar UV dengan mengenakan pelembab bibir.

6. Apa itu otak beku

Otak beku via personal

Mungkin keadaan otak beku atau brain freeze bukan hal yang asing lagi untuk orang-orang yang sering diserang migraine atau sakit kepala. Rasa sakit itu sebenarnya terstimulasi karena makanan atau minuman dingin seperti es batu yang menempel ke langit-langit mulut. Pusat syaraf dari langit-langit mulut berada di otak, karena itulah kamu akan mengalami otak beku kalau makan yang terlalu dingin.

7. Menguap itu menular

Menguap via kikn

Penelitian menyebutkan bahwa respon menguap yang diberikan saat melihat, mendengar, membaca atau bahkan hanya membayangkan tentang menguap merupakan respon empati. Respon itu sama seperti layaknya respon tertawa yang kita tunjukkan saat berkomunikasi dengan orang lain.

8. Penyebab cegukan

Cegukan via popsugar

Ada beberapa hal yang menyebabkan bisa cegukan, antara lain alcohol, makan yang berlebihan, dan stress. Beberapa sebab tersebut dapat membuat overstimulasi pada syaraf phrenic yang tugasnya mengontrol diafragma. Saat cegukan, diafragma bekerja secara tidak terkontrol.

9. Warna gigi

Gigi putih via nydailynews

Beberapa orang memang gigi yang lebih putih dari orang lain, dan sayangnya keadaan ini tidak bias berubah karena warna gigi itu sama dengan warna rambut dan iris mata yang sifatnya turunan. Namun, disamping hal itu ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan gigi menjadi lebih hitam, jadi penting untuk memilih makanan untuk menjaga warna gigi.