Inilah 3 jawaban misteri rambut di pantat manusia

Seperti yang kamu ketahui, di dunia masih ada banyak misteri yang tidak terjawab hingga saat ini. Apakah manusia adalah satu-satunya makhluk cerdas di galaksi ini? Bisakah kita menjelajah waktu? Dan juga, mengapa terdapat rambut di pantat manusia?

Ya, kalimat terakhir memang terdengar sepele, bahkan mungkin ada kamu yang merasa jijik ketika mendengarnya. Namun nyatanya, ada cukup banyak orang di dunia maya yang penasaran dengan fakta tersebut. Bahkan tak sedikit yang mencoba mencari jawaban lewat berbagai forum, mesin pencari Google, dan juga YouTube.

Hasilnya, hingga kini masih belum ditemukan jawaban yang pasti. Namun berikut ini, NgeHits rangkum tiga teori terbaik yang bisa menjelaskan mengapa sampai ada rambut yang ‘nyasar’ di pantat manusia.

1. Evolusi

Usus Buntu via Living Traditionally
Usus Buntu via Living Traditionally

Proses evolusi memungkinkan banyak bagian tubuh manusia mengalami perkembangan signifikan, seperti otak yang lebih besar dan juga tulang belakang yang lebih tegak. Namun demikian, tidak semua bagian tubuh kita mengalami proses evolusi. Contohnya saja, usus buntu atau tulang ekor.

Nah, para ilmuwan kemudian menggunakan hal tersebut sebagai dasar untuk menjelaskan mengapa pantat manusia berambut. Ya, hal, tersebut terjadi karena rambut di bagian pantat tidak ikut mengalami evolusi. Ilmuwan yakin ini mungkin terjadi karena manusia tetap bisa mencari pasangan dan berketurunan, meski mereka memiliki pantat berambut. Cukup masuk akal bukan?

2. Bau tubuh

Manusia Pra Sejarah via Sputnik News
Manusia Pra Sejarah via Sputnik News

Bau tubuh menjadi masalah tersendiri bagi semua orang. Sebisa mungkin bau ini diminalisir atau jika mungkin, dihilangkan, dengan menggunakan berbagai macam deodoran atau pewangi tertentu. Namun tahukah kamu bahwa bau badan khas justru menjadi sesuatu yang penting bagi manusia pra-sejarah?

Bagi mereka, bau badan akan menjadi aspek penting untuk menandai wilayah mereka dan juga menarik perhatian lawan jenis. Nah, rambut yang ada di pantat akan memungkinkan keringat dan sisa-sia kotoran hasil metabolisme tubuh menempel. Hal inilah yang kemudian membuat manusia zaman dahulu bisa memiliki bau yang khas. Menjijikkan? Bisa jadi. Namun kamu harus ingat bahwa ini adalah bagian penting dalam perkembangan kehidupan manusia zaman dahulu.

3. Pelindung

Kulit Iritasi via Wareable
Kulit Iritasi via Wareable

Meski sepele, rambut di bagian pantat bisa mencegah terjadinya lecet atau bahkan infeksi yang berbahaya. Pantat adalah bagian tubuh yang memungkinkan terjadinya gesekan kulit lumayan sering, contohnya ketika kita sedang berlari atau berjalan, dan kehadiran rambut di bagian ini akan melindungi kita dari dampak-dampak tak diinginkan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sebagai tambahan, rambut pantat juga punya fungsi melindungi anus, sama halnya seperti bagian tubuh manusia lain yang berlubang – selalu dilindungi oleh rambut tertentu. Hal ini diyakini terjadi karena bagian-bagian tersebut amat sensitif, sehingga membutuhkan perlindungan ekstra dari kondisi yang ada di luar tubuh.