5 mitos tentang berat badan yang salah

Bisa dibilang berat badan itu salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia ya, karena bisa menjadi keterangan kondisi kesehatan. Dan disamping itu, mungkin kamu juga termasuk orang yang sensitif kalau ngomongin berat badan, bisa jadi karena overweight atau underweight.

Tapi mungkin kamu belum tahu kalau ternyata banyak mitos-mitos tentang berat badan yang selama ini dipercaya banyak orang ternyata salah besar lo. Jadi kamu jangan terlalu sensitif dengan berat badan kamu ya, pentingkan kesehatan di atas penampilan!

1. Orang yang kurus punya metabolisme lebih tinggi

Banyak makan via brokenandchic

Biasanya ada satu temen dekat kamu yang makannya segunung tapi badannya tetap kurus, dan kamu iri setengah mati sama mereka. Kalau kamu berpikir bahwa mereka punya metabolisme yang lebih tinggi, ternyata hal itu salah. Orang-orang yang kurus itu sebenarnya memiliki metabolisme yang lebih lambat saat beristirahat. Jadi sebenarnya orang yang bertubuh besar memiliki metabolisme yang lebih besar daripada yang kurus. Tapi jangan senang dulu ya, karena otot juga mempengaruhi kemampuan metabolisme. Orang-orang yang memiliki massa otot lebih besar akan memiliki metabolisme yang lebih cepat.

2. Tidak makan bisa memperlambat metabolisme

Tidak mau makan via moneycrashers

Ada anggapan lama yang mengatakan bahwa melewatkan makan bisa memperlambat metabolisme. Ternyata ini tidak sepenuhnya benar, karena tidak ada hubungannya berapa kali kamu makan dengan performa metabolisme tubuh. Jadi, kalau kamu tergolong orang yang kurus, sebenarnya mau makan berapa kali dalam sehari pun tidak akan merubah sistem metabolisme tubuhmu menjadi lebih rendah. Sedangkan hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah kualitas dan kuantitasnya, misalnya kandungan kalori yang ada pada makanan. Hitunglah kalori untuk setiap sajian makananmu dengan bijak daripada menghitung berapa kali kamu harus makan dalam sehari.

3. Cemilan malam pasti jadi lemak

Makan malam-malam via dingo

Kamu mungkin adalah salah satu orang yang percaya dengan nasihat ‘jangan makan apapun saat malam hari’, karena takut menumpuk lemak. Memang tidak salah juga bahwa sistem metabolisme tubuh menurun pada malam hari, namun sebenarnya ada hal yang lebih penting untuk kamu perhatikan untuk memutuskan makan malam atau tidak. Jumlah makanan dan kandungan yang ada pada makanan tersebut penting untuk kamu perhatikan. Kalau kamu mengkonsumsi menu sehat pada malam hari, pengaruhnya tidak akan berbeda dengan makanan sehat yang dimakan saat siang hari, alias tidak terbentuk lemak. Makan buah sebagai camilan malam hari terbukti merupakan hal yang sehat lo, jadi jangaan takut makan malam-malam ya.

4. Metabolisme semata tentang membakar kalori

Membakar kalori dan membentuk energy via dycchc

Eits, kamu salah besar kalau mengira bahwa metabolisme itu melulu tentang pembakaran kalori dan menjadi hal satu-satunya penentu jumlah berat badan. Ternyata metabolisme itu terdiri dari dua proses, yakni catabolisme dan anabolisme. Catabolisme itulah yang berhubungan dengan proses peleburan kalori menjadi energi, dan yang gak kalah pentingnya adalah anabolisme yakni proses penyimpanan kalori untuk kebutuhan yang lain, misalnya penyimpanan karbohidrat dan lemak. Jadi jangan heran kalau ada teman kamu yang kurus tapi kuat beraktivitas, itu karena kedua proses pada sistem metabolisme-nya yang baik.

5. Kamu tidak bisa mengendalikan metabolisme

Mengendalikan metabolisme via overthemoonmag

Siapa bilang kamu hanya bisa pasrah dengan proses metabolisme tubuhmu? Ada beberapa cara mudah kok untuk mengendalikan proses yang penting ini. Yang pertama dengan tidur lebih lama, karena menurut penelitian, orang-orang yang tidurnya sebentar memiliki kemampuan mengolah gula dalam darah yang lebih rendah. Sehingga, tidur yang lebih lama bisa memperbaiki metabolisme tubuhmu.

Kedua, minum banyak air putih. Daripada minum minuman bersoda yang menyegarkan tapi mengandung banyak gula, lebih baik perbanyak minum air putih demi kesehatan pencernaan. Dan kamu para pecinta kopi bisa berbesar hati, karena ternyata orang-orang yang mengkonsumsi kafein secara rutin mampu membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang tidak suka minum kopi.

Yang terakhir adalah diet protein, karena dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak protein, maka kamu akan punya simpanan energi yang lebih banyak untuk menjalani aktivitas. Selamat mencoba!